Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya

Friday, December 8th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya. Ini merupakan sebuah aplikasi raport yang menyatu dengan aplikasi dapodik. Tentunya ini juga akan menjadi tugas dari seorang Operator Sekolah.

Anda dapat segera mempelajarinya juga menggunakannya dengan segera. Untuk itu saya akan mencoba untuk membagikan panduan cara menggunakan aplikasi e-raport SMP kurikulum 2013 ini.

Seperti kita ketahui bahwa kurikulum 2013 atau K13 sudah  diimplementasikan secara bertahap sejak tahun pelajaran 2013/2014. Dan hingga saat ini K13 telah terus mengalami perkembangan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Beberapa bagian yang pokok dari penerapan K13 yaitu dilaksanakannya pembelajaran berorientasi proses juga penilaian yang pasti.

Tidak lain daripada diterapkkannya K13 di SMP yaitu supaya anak didik mempunyai daya saing meliputi sikap atau karakter, pengetahuan, dan keahlian atau keterampilan yang cukup.

Meskipun sudah berjalan beberapa tahun K13 ini, terdapat beberapa perubahan cara penilaian dan proses. Lebih jelasnya, silahkan baca dan simak 2 poin di bawah ini.

Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya

Sedikit perbedaan pelaksanaan penilaian Kurikulum 2013 (K13) dengan kurikulum 2006 :

  1. Kurikulum 2006 mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning).
  2. Sedangkan Kurikulum 2013 (K13) penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).

Oleh sebab itu untuk menindaklanjuti serta memanfaatkan proses dan hasil penilaian, dibutuhkan sarana prasarana yang cukup dan efektif.

Dan hingga saat ini Ditjendikdasmen telah membangun sebuah aplikasi Rapor Elektronik atau e-Rapor untuk Kurikulum 2013 (K13). Tujuannya tentunya guna meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama.

Sedikit sudah dijelaskan di atas bahwa Aplikasi Rapor Elektronik atau e-Rapor untuk K13 ini akan menyatu dengan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Tentunya ini juga sudah mengacu pada sebuah proses penilaian.

Dasar Hukum Dikembangkannya Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya adalah sebagai berikut :

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
  2. PerMen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
  3. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan oleh Satuan Pendidikan.
  4. Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama SMP tahun 2017.

Tujuan dibangun e-rapor K13 yaitu :

  1. Agar admin sekolah memahami karakteristik Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  2. Memandu admin sekolah terhadap langkah-langkah instalasi  Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  3. Agar admin sekolah memiliki pemahaman terhadap mekanisme Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  4. Memberikan pemahaman kepada guru mata pelajaran terkait mekanisme penggunaan Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  5. Memberi pemahaman kepada para wali kelas terkait mekanisme penggunaan Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  6. Menyediakan pemahaman kepada guru BK terkait mekanisme penggunaan Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.
  7. Sebagai panduan bagi peserta didik terkait mekanisme penggunaan Aplikasi Rapor Elektronik e-Rapor SMP untuk K13.

Ruang Lingkup Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya

Panduan Rapor Elektronik e-Rapor SMP mencakup aplikasi e-rapor SMP, alur data, dan level kewenangan pengguna.

Kewenangan pengguna e-Rapor SMP terdiri atas admin sekolah, guru mata pelajaran, guru BK, wali kelas dan siswa.

Admin adalah pegawai yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah untuk mengelola data pada pada e-Rapor SMP. Admin bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

Guru Mata Pelajaran adalah tenaga pendidik yang terdaftar dalam data Pokok Pendidikan Dapodik.

Mempunyai kewenangan memberikan penilaian kompetensi siswa sesuai mata pelajarannya, meliputi komepetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Guru Bimbingan dan Konseling BK, adalah tenaga pendidik yang terdaftar dalam data Pokok Pendidikan Dapodik.

Berwenang memberikan penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Wali Kelas adalah pendidik yang enaga pendidik yang terdaftar dalam data Pokok Pendidikan Dapodik dan berwenang melengkapi dan mencetak rapor.

Siswa adalah peserta didik yang teraftar di dalam Dapodik dan berhak mengakses data pribadi dan nilai rapornya.

Sebagai penanggung jawab e-Rapor adalah Kepala Sekolah.

Sedangkan orang tua / wali siswa berhak memantau nilai yang diperoleh anaknya melalui hak akses siswa.

Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya serta silahkan

Berikut ini admin kutipkan tanya jawab terkait e-Rapor yang mungkin Anda alami juga dalam pengisian Laporan.

Bagaimana cara setting cetak e-Rapor ?

Default cetak e-Rapor adalah A4.
Masih dimungkinkan untuk disetting dengan ukuran letter, pada setting printernya.

Cara menambah kan logo sekolah atau kabupaten ?

e-Rapor tidak menyediakan fasilitas untuk memberi watermark misal logo sekolah dsb.

Hal ini dapat disiasati dengan menggunakan kertas khusus yang telah tercetak watermark sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Apakah dapat menambahkan data guru pada e-Rapor ?

Tidak bisa,
Semua data referensi pokok harus mengacu pada Dapodik, jika terjadi perubahan data misal guru, siswa, pembelajaran dsb.

Maka perubahan harus dilakukan pada Dapodik, kemudian e-Rapor mengambil data tersebut melalui menu “Ambil Data Dapodik”

Bagaimana dengan nilai siswa mutasi pada pergantian semester ?

Untuk nilai semester berjalan dapat dilakukan sebagaimana prosedur penilaian, sepanjang data siswa telah masuk Dapodik dan diambil oleh oleh e-Rapor.

Untuk semester sebelumnya, nilai siswa otomatis tidak dapat masuk e-Rapor. Sehingga untuk analisis kenaikan kelas dilakukan secara manual. (ini adalah pengecualian)

Bagaimana solusi penugasan guru yang belum terdaftar pada dapodik agar dapat menginput nilai ?

Belum ada solusi pasti, logikanya nilai tersebut menjadi tanggung jawab sekolah sebelumnya.

Masalahnya Dapodik juga belum mengakomodir konversi nilai tersebut ke database siswa.

Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya segera untuk Anda pelajari sistem kerjanya.

Dapatkah import nilai PH, PTS, PAS dengan format nilai yang dibuat oleh sekolah ?

Tidak dapat,
Format impor nilai hanya bisa dilakukan melalui format yang telah disediakan oleh e-Rapor.

Ini dapat digunakan setelah guru melakukan rencana penilaian (UH,PTS dan PAS) lengkap dengan pembobotannya.

Karena setiap perencenaan dan teknik penilaian akan memiliki id unik yang berbeda untuk setiap perencenaan dan mata pelajaran.

Solusinya adalah lengkapi perencanaan penilaian, kemudian download form import penilaian tersebut. Form ini dapat sekaligus menjadi buku nilai bagi guru yang bersngkutan.

Tetapi perlu diperhatikan, guru hanya boleh mengisi pada kolom nilai, tanpa mengubah id yang secara otomatis disediakan oleh e-Rapor

Bagaimana solusi penugasan guru yang belum terdaftar pada Dapodik agar dapat menginput nilai ke aplikasi e-Rapor ?

Pada Dapodik, titipkan tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol) agar tidak mempengaruhi JJM guru ybs.

e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik. Tambahkan user dengan username baru pada guru yang diditipi penugasannya untuk memberi akses guru yang bersangkutan.

Bagaimana cara menambahkan guru agama minor di mana sekolah tidak memiliki guru agama tersebut ?

Pada Dapodik, titipkan tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol) agar tidak mempengaruhi JJM guru ybs.

e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik.

Tambahkan user dengan username baru pada guru yang dititipi penugasannya untuk memberi akses guru yang bersangkutan.

Untuk e-Rapor siswa secara otomatis akan terpetakan untuk mapel agama sesuai dengan agama yang dianutnya.

Bagaimana jika pada e-Rapor data siswa dan guru pembina ekstra kurikuler kosong ?

Pada Dapodik,lengkapi data ekskul meliputi nama rombel ekskul, pembina, anggota rombel.

Lengkapi pula data data jenis ekskul, surat tugas, jjm ekskul pada tab Sekolah pada Dapodik.

Lakukan ulang sinkron e-Rapor ke Dapodik.

Bagaimana jika pada format impor nilai data siswa dan Kompetensi Dasar kosong ?

Pastikan pemetaan mapel dan KKM mapel telah lengkap (pada Admin).

Pastikan guru mapel telah melakukan perencanaan penilaian sebelum input nilai.

Bagaimana jika pada format impor nilai UTS dan PAS data siswa kosong ?

Pastikan guru mapel talah melakukan perencanaan dan pembobotan pada UTS dan PAS.

Bagaimana jika tidak semua nilai siswa terkirim ke wali kelas ?

Pastikan pada deskripsi kompetensi tidak ada teks yang berwarna merah.

Jika ada lakukan editing dengan memperhitungkan maksimal 200 karakter.

Lakukan pengiriman ulang nilai akhir oleh guru mapel yang bersangkutan.

Bagaimana jika nama mata pelajaran pada leger kosong ?

Pastikan admin telah melakukan penyingkatan nama mapel pada bagian admin>>Data Referensi Dapodik>>Data Mapel.

Bagaimana jika diskripsi sikap pada cetak rapor kosong ?

Pastikan wali kelas telah melakukan proses deskripsi dengan menyimpannya.

Demikianlah informasi terkait Download Panduan Aplikasi Rapor Elektronik Sekolah Menengah Pertama SMP K13, semoga bermanfaat.

Download e-raport SMP K13 Juga Panduannya dengan mudah melalui tautan di bawah.

Panduan Aplikasi Rapor Elektronik Sekolah Menengah Pertama SMP K13 selengkapnya dapat anda download di SINI. Apabila masih gangguan dan tidak bisa, mohon bersabar dan bisa untuk mencoba melalui tautan lainnya.

Baca juga info TOP lainnya terkait dengan artikel ini antara lain :

  1. Cara Mudah Daftar PPG Program Profesi Guru Pada Aplikasi SIMPKB
  2. Pintar Download Latihan Soal Try Out UN SD
tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*