Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS

Friday, August 4th 2017. | PNS

Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS di website resmi sscn.bkn.go.id. Lowongan kerja untuk formasi CPNS memang sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Tapi admin juga akan membahas juga tentang seleksi CPNS nasional ini.

Dalam artikel kali aini admin akan mencoba memberikan panduan lengkap untuk mendaftar CPNS Kemenkumham dan Kemenkeu. Yang memang sudah membuka dan menerima pendaftaran seleksi untuk CPNS 2017 ini.

Pada kesempatan ini, admin akan berusaha membahas tentang seleksi pendaftaran CPNS untuk KEMENKUMHAM terlebih dahulu.

Pemerintah Indonesia beberapa hari lalu sudah resmi membuka pendaftaran CPNS. Seleksi pendaftaran CPNS sebanyak 19.210 calon pegawai negeri sipil di Mahkamah Agung dan Kemenkumham.

Seleksi pendaftaran CPNS 2017 sudah dimulai sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus 2017. Khusus untuk 26 Agustus 2017 merupakan akan dibuka untuk pelamar dari lulusan D3.

KemenPAN RB menghimbau kembali jika pendaftaran seleksi CPNS 2017 ini dilakukan melalui media online. Pendaftaran seleksi CPNS 2017 KEMENKUMHAM telah resmi dibuka di https://sscn.bkn.go.id.

Untuk itulah admin juga akan berusaha memberikan sebuah tutorial lengkap pendaftaran CPNS di website resmi sscn.bkn.go.id dengan mudah.

Sebelum lebih jauh untuk panduan lengkap pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham ini, persiapkan dahulou persyaratannya. Yang harus Anda persiapkan pertama adalah data dan kelengkapan diri tentang Anda harus lengkap dan asli.

Sekedar untuk kita ketahui bersama, bahwa untuk melakukan dan ikut seleksi pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM 2017 ini harus siap sedia data yang asli, copy legalisir dan lengkap.

Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS

Beberapa data pribadi dan keluarga juga harus asli dan lengkap. Harus ada ijasah dari SD-sekolah terakhir Anda. Persiapkan juga untuk KK, Akte, Pas photo, Riwayat pribadi dan pendidikan, data keluarga.

Selain itu juga ada beberapa persyaratan lainnya yang harus Anda siapkan. Misalkan saja catatan keterangan kelakuan baik dari Polres. Kartu Kuning dari dinas catatan sipil setempat, dan lainnya.

Berikut langkah demi langkah secara lengkap panduan pendaftaran  seleksi CPNS KEMENKUMHAM di website resmi BKN https://sscn.bkn.go.id.

Petunjuk lengkap seleksi pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM ini Admin kutip dari manual pendaftaran SCN BKN. Silahkan disimak dan dipelajari langkah-langkah mendaftar CPNS KEMENKUMHAM.

Jangan sampai lupa !! Beberapa dokumen yang wajib Anda persiapkan harus ada asli dan fotocopynya. Dokumen fotocopy juga harus Anda legalisir di pejabat yang berwenang.

Tentang panduan lengkap pendaftaran CPNS ini sudah admin kutip dari beberapa sumber, terutama dari laman resmi website SSCN di atas.

Dan beberapa dokumen syarat mengikuti seleksi CPNS KEMENKUMHAM adalah :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga
  3. Transkrip Nilai
  4. Ijazah
  5. Pas foto
  6. Dokumen pendukung sesuai yang diminta.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS KEMENKUMHAM 2017 ini, ada beberapa ketentuan yang harus Anda ingat dan catat. Dan ketentuan-ketentuan seleksi pendaftaran CPNS adalah :

  1. Silahkan Anda buka website resmi SSCN 2017 hanya di https://sscn.bkn.go.id.
  2. Klik menu “Pengumuman” untuk mendapatkan dan membaca informasi yang berhubungan dengan formasi instansi yang dibuka.
  3. Pilihlah instansi yang Anda pilih. Instansi terlampir merupakan instansi yang sudah atau segera dibuka pendaftaran seleksi CPNS nya.
  4. Anda hanya dapat mendaftar 1 jabatan saja untuk 1 formasi di satu instansi.
  5. Pelamar bisa melamar di instansi lainnya pada waktu yang berbeda.
  6. Klik menu “Jadwal dan Persyaratan” untuk melihat jadwal dan persyaratan.
  7. Klik menu “Helpdesk & Pengaduan” untuk bantuan dan pengaduan.
  8. Klik menu “FAQ” untuk mencari  tanya jawab dan permasalahan jika kesulitan.
  9. Klik menu “Call Center” untuk menghubungi customer service instansi terkait pendaftaran apabila Anda belum jelas juga.

A. Cara pendaftaran CPNS di website resmi SSCN BKN

Cara Pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM melalui website resmi KEMENKUMHAM di atas, silahkan dibuka pada halaman sebelah browser Anda ini.

Jika Anda atau siapapun yang ingin melamar sudah siap beserta persyaratannya guna mendaftar CPNS KEMENKUMHAM, langkah-langkahnya adalah sebgaai berikut :

  1. Masuk pada laman resmi pendaftaran CPNS SSCN BKN di sini.
  2. Klik menu “Pendaftaran” dan akan muncul halaman baru untuk pengisian NIK dan Nomor KK, tentunya Anda harus sudah menyediakannya di sebelah Anda.
  3. Selanjutnya adalah input NIK dan Nomor KK Anda dengan tepat.
  4. Jika masih ada masalah dengan NIK dan KK Anda untuk diinputkan, Anda sebagai pelamar dapat secepatnya menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah Anda.
  5. Sesuai dengan KK dan KTP dimana pelamar membuatnya. Bukan ke instansi yang akan dilamar atau Badan Kepegawaian Negara selaku Panselnas CPNS 2017 ini.
  6. Inputkan kode keamanan atau kode captcha yang terlihat. Kode keamanan tersebut tidak case sensitive.
  7. Setelah data-data KK dan NIK Anda inputkan, selanjutnya adalah klik tombol “Lanjutkan” untuk menuju ke proses berikutnya.

    Selama dalam proses ini, pelamar dapat mengecek kembali nomor NIK dan KK beserta ijasah yang dipakai untuk melamar CPNS.

    Nantinya dalam proses pemberkasan pelamar CPNS akan digunakan nama sesuai dalam ijasah yang dipakai, tanpa gelar.

    Untuk itu harap di pastikan untuk mengisi data-data tersebut dengan baik dan benar. Cek dan cek ulang adalah diharuskan agar nantinya data Anda benar-benar valid.

    Kolom lain yang perlu Anda isi adalah, selain yang di atas :

  • Email. Inputkan e-mail pelamar CPNS yang masih aktif dan valid.
  • Password. Buatlah password sederhana dan mudah diingat. Catat dan simpan dengan baik, jangan sampai lupa.
  • Pertanyaan Pengaman 1, pilihlah yang mudah saja.
  • Jawaban Pengaman 1, isi jawaban pertanyaan di atas, mudah diingat.
  • Pertanyaan Pengaman 2, pilihlah yang beda dari yang pertama.
  • Jawaban Pengaman 2, isikan jawaban kedua yang simple dan mudah diingat saja.
  • Captcha atau kode keamanan. Masukan kode keamanan atau captcha yang terlihat.
  1. Cek kembali apakah Anda sudah mengisi seluruh data dengan baik dan benar. Karena data yang sudah  Anda simpan tidak dapat diedit ulang.
  2. Langkah berikutnya yaitu silahkan klik tombol “Daftar“.
  3. Langkah selanjutnya adalah, Anda akan dibawa menuju ke halaman baru. Pada halaman baru tersebut akan ada informasi bahwa pendaftaran  CPNS Anda ke melalui SSCN 2017 sudah sukses.
  4. Lalu silahkan klik tombol “Cetak Informasi Pendaftaran” guna mencetak kartu bukti pendaftaran CPNS Anda. Simpan kartu tersebut dengan aman dan baik.
  5. Selanjutnya yaitu Anda Klik tombol “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk menuju ke halaman berikutnya.

B. Masuk atau login ke laman resmi SSCN BKN dan mengisi Biodata Anda

Lakukan hal ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM Anda tadi. Yaitu, silahkan Anda login ke website SSCN dan isikan biodata selengkap mungkin.

  1. Yaitu silahkan Anda login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol “Login” yang terdapat di sudut kanan atas website.
  2. Ketikkan NIK dan password yang sudah Anda buat dan daftarkan tadi, maka akan muncul halaman Formulir biodata peserta.
  3. Akan diteruskan ke formulir biodata Anda. Pada halaman ini akan terlihat data pribadi Anda. Selain itu juga terdapat alamat domisili, Tinggi Badan, Nomor Telepon, Kabupaten/Kota, Propinsi, Status Kawin atau tidak.
  4. Silahkan Anda Klik tombol “Simpan” jika data Anda sudah lengkap dan benar.
  5. Sesudah Anda input biodata dengan benar, silahkan klik tombol “Daftar” untuk menuju ke proses pendaftaran CPNS Kemenkumham tersebut.

C. Daftar Instansi (Kemenkumham)

  1. Langsung saja Anda login pada halaman pendaftaran website SSCN. Pilihlah jenis formasi yang sesuai dengan kriteria Anda dan memang dibuka oleh KEMENKUMHAM.

    Untuk pilihan formasi CPNS 2017 ini, pelamar dapat melihatnya di halaman depan website SSCN, silahkan klik menu formasi yang dibutuhkan.

  2. Pilihlah instansi kemenkumham yang Anda tuju.
  3. Silahkan Klik menu “Cek” maka akan muncul form pendaftaran juga.
  4. Jika Anda atau pelamar mau merubah jenis formasi atau instansi yang dituju, silahkan klik tombol “Daftar” maka akan dibawa kembali untuk reload halaman baru instansi SSCN.
  5. Dan instansi yang tidak memakai website SSCN untuk pendaftaran CPNS, cuma bisa satu kali klik tombol  “Cek“, maka data Anda sudah tersimpan di riwayat biodata Anda sebagai pendaftar CPNS kemenkumham dengan instansi Non SSCN.
  6. Dan yang penting untuk diketahui adalah bahwa pendaftar CPNS tidak dapat mengganti instansi tersebut.
  7. Karena instansi yang tampak merupakan instansi yang telah dibuka pendaftaran cpns nya sesuai pengumuman dari instansi terkait.
  8. Pastikan kembali dengan pilihan Anda, karena sesudah yakin memilih instansi tersebut, maka akan muncul notifikasi, klik OK untuk meneruskan.
  9. Masuk halaman pendaftaran CPNS.
  10. Pilihlah kolom pendidikan sesuai dengan ijazah Anda.
  11. Pilihlah posisi yang minati. Jabatan akan muncul menyesuaikan dengan pendidikan yang Anda pilih.
  12. Pilihlah lokasi kerja jika terdapat pilihan untuk memilih lokasi kerja.
  13. Pilihlah lokasi jika terdapat pilihan untuk memilih lokasi lokasi test.
  14. Ketikkkan nama perguruan tinggi atau Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah Anda.
  15. Isi tanggal ijazah dan tahun lulus yang tertera dalam Ijazah Anda.
  16. Pilihlah Akreditasi Perguruan Tinggi serta Akreditasi Program Studi bagi perguruan tinggi.
  17. Dan bagi pendaftar CPNS dengan ijasah SLTA dan sederajat, maka akreditasi dapat dipilih “Lainnya“.
  18. Isikan nilai IPK dengan tanda titik (.) serta dua digit belakang koma dan nilai ijazah bagi lulusan SMA dan sederajat.
  19. Isi Nomor Ijazah dengan benar. Ketikkan kode captcha sesuai gambar yang nampak.
  20. Pastikan dahulu bahwa Anda yakin sekali akan mendaftar CPNS di instansi pilihan Anda.
  21. Karena pendaftar cuma bisa mendaftar CPNS di satu posisi pada satu instansi dalam satu periode tertentu.
  22. Pendaftar CPNS bisa mendaftar CPNS pada instansi lain dengan waktu yang berbeda.
  23. Selanjutnya adalah klik tanda “Kotak” dan klik “Daftar“.
  24. Data pendaftar secara otomatis akan masuk ke dalam database SSCN 2017.
  25. Bagi pendaftar CPNS non SSCN 2017 (instansi tidak menggunakan SSCN 2017, punya website pendaftaran sendiri), sesudah memilih instansi non SSCN akan menuju ke website instansi masing-masing untuk menyelesaikan proses pendaftaran CPNS.
  26. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu.

D. Riwayat pribadi pendaftaran CPNS di laman website resmi SSCN

  1. Data atau dokumen pribadi setiap pendaftar yang sudah dikirim oleh pendaftar dapat dilihat dan dicek selalu statusnya di menu riwayat berdasarkan ini :

    a) Instansi : Instansi yang dilamar
    b) Jenis Formasi : Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih
    c) Tanggal Daftar : tanggal daftar ketika pelamar mendaftar
    d) Batch : periode yang dilamar
    e) SSCN : keterangan apakah instansi menggunakan SSCN atau Non SSCN
    f)  Status Administrasi : status proses administrasi pelamar
    g) Registrasi : tombol untuk cetak Kartu Registrasi
    h) Ujian : tombol untuk cetak Kartu Ujian apabila lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
    i) Dokumen : tombol untuk mengunggah (upload) dokumen sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman Instansi.

  2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik “Cetak” pada kolom Registrasi.
  3. Untuk melakukan upload dokumen, klik “Dokumen“, kemudian akan tampil Formulir untuk upload data atau dokumen Anda.

a) Jenis file akan muncul sesuai dengan kebutuhan instansi terkait.
b) Pilihlah dokumen yang akan di upload melalui komputer Anda klik “Choose File“.
c) Dokumen yang di-upload dalam bentuk image (.jpg/.jpeg.png) atau .pdf dengan maksimal ukurannya 200 kilobyte.
d) Nama dokumen akan tampil setelah Anda memilih.
e) Klik tombol “Upload” untuk menyimpan dan system server pusat akan mengecek dokumen tersebut.
f) Setelah berhasil verval dokumennya, maka akan tersimpan di sistem.
g) Untuk membatalkan, klik tombol “Kembali“.

E. Cetak Kartu Ujian

Untuk dapat mencetak kartu ujian seleksi CPNS, silahkan Anda pilih kolomnya dan klik tombol “Cetak” pada kolom ujian.

Kartu ujian seleksi CPNS 2017 ini dapat dicetak bagi pelamar yang sudah dinyatakan lulus verifikasi dan validasi data serta dokumen.

Kartu ujian CPNS 2017 ini sebagai bukti untuk dapat melanjutkan ke tahapan seleksi atau ujian CPNS berikutnya.

Demikianlah beberapa paragraf informasi dan berita tentang  panduan lengkap pendaftaran CPNS yang dapat admin bagikan pada sore hari ini.

Jangan lupa untuk mampirjuga dn membaca informasi tentang Pra-rilis Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran 2017/2018 Semester 1

Semoga informasi mengenai panduan lengkap pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM 2017 ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Atas kunjungannya Anda pada blog informasi keguruan ini, admin mengucapkan banyak terima kasih.

Dan mohon jangan lupa untuk selalu like, komen dan bagikan info ini kepada rekan-rekan lain yang membutuhkan. Terima kasih.

tags: , , ,

One response to “Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS”

  1. […] Untuk seluruh contoh dokumen persyaratan CPNS yang harus di-upload dapat dapat Anda baca di sini. Dan inilah panduan lengkap daftar CPNS 2018 2019. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*