SYARAT DAN MEKANISME INPASSING PNS TERBARU MULAI BERLAKU

Friday, December 30th 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – SYARAT DAN MEKANISME INPASSING PNS TERBARU MULAI BERLAKU. KemenPAN-RB sudah resmi mengeluarkan aturan terbaru tentang syarat dan mekanisme inpassing PNS terbaru yang mulai berlaku. Ini merupakan kabar yang sangat penting mengenai aturan dan kebijakan terbaru KemenPAN-RB bagi semua Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Dan informasi lainnya tentang dunia pendidikan dan PNS di tanah air Indonesia juga akan kami berikan secara realtime khusus hanya kepada seluruh pengunjung dan pembaca yang setia kepada forumguruindonesia.com kapanpun dan dimanapun Anda berada.

SYARAT DAN MEKANISME INPASSING PNS TERBARU MULAI BERLAKU, Syarat Inpassing Guru 2017, Inpassing 2017, Inpassing Guru, Inpassign dan Sayaratnya, PNS, CPNS,

Silahkan disimak informasi terkait syarat dan mekanisme inpassing PNS terbaru mulai berlaku berikut ini. Harap baca baik-baik, dan silahkan bagikan kepada rekan serta saudara-saudara kita bapak ibu guru dan tenaga kependidikan di seluruh tanah air tercinta. Berikut ulasannya …

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) akhirnya resmi mengeluarkan Peraturan No. 26/2016 mengenai pengangkatan PNS dalam Inpassing atau jabatan fungsional melalui penyesuaian.

Dalam pelaksanaan aturan terbaru tersebut harus berdasarkan kepada kebutuhan jabatan fungsional yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan organisasi (instansi) dalam formasi tertentu.

Inpassing ini mulai berlaku saat tanggal ditetapkan yakni 7 Desember 2016. Ini dilaksanakan sampai dengan Desember 2018,” ucap Herman Suryatman saat berada di Jakarta, Kamis (29/12) juga sebagai Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB.

Beberapa syarat dan mekanisme inpassing PNS terbaru mulai berlaku yang dapat kita informasikan adalah sebagai berikut. Untuk PNS/ASN yang bertugas inpassing untuk kelompok jabatan fungsional keterampilan, minimal harus berijazah SLTA, pangkat terendah adalah sebagai pengatur muda golongan IIa, mempunyai etos kerja keras dan pengalaman untuk pelaksanaan tugas jabatan fungsional yang antinya akan diemban minimal dua tahun, harus mengikuti dan lulus uji kompetensi dan prestasi kerja dengan predikat baik dalam satu tahun terakhir, usia paling tinggi adalah tiga tahun sebelum (BUP) batas usia pensiun untuk jabatan pelaksana, serta dua tahun untuk pengawas dan administrator.

Dan beberapa syarat bagi jabatan fungsional keahlian adalah minimal ijazah yaitu S-1/D-IV dan harus dari universitas atau perguruan tinggi yang sudah terakreditasi sesuai persyaratan syarat pendidikan dari tugas yang akan dilaksanakan.

Dan pangkat yang dipersyaratkan yaitu paling rendah Penata muda, dengan golongan IIIa, mempunyai pengalaman paling sedikit dua tahun, harus lulus uji kompetensi, dan nilai prestasi kerja minimal harus baik dalam satu tahun terakhir.

Sedangkan inpassing pada kelompok jabatan fungsional keahlian usia BUP paling tinggi adalah tiga tahun dengan jabatan terakhir sebagai pejabat pelaksana, untuk administrator dan pengawas adalah dua tahun, serta satu tahun bagi administrator yang nantinya menduduki pejabat pimpinan tinggi dan jabatan fungsional ahli madya.

Seperti juga yang dikatakan oleh Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja, bahwa kebijakan Inpassing tidak dapat jauh dari (PP) Peraturan Pemerintah No. 18/2016 mengenai Organisasi Perangkat Daerah yang berakibat pada adanya pejabat tertentu yang dapat kehilangan jabatan struktural.

Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) tersebut, juga harus melakukan penataan struktur kelembagaan atau organisasi, Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja meminta semua instansi pemerintahan secepatnya untuk mendata SDM aparatur dengan mengutamakan kompetensi, kualifikasi, dan kinerja pegawai, seperti yang sudah diatur dalam UU No. 5/2014 tentang (ASN) Aparatur Sipil Negara.

“Penataan ini sangat relevan dengan kebijakan moratorium penerimaan pegawai tahun 2015 yang dilanjutkan tahun 2016 ini,” ucapnya.

Sedangkan menurut informasi yang beredar, bahwa UU No. 5 Tahun 2014 ini akan direvisi dalam sidang paripurna nanti sekitar pertengahan Januari 2017. Untuk itu mengenai informasi tentang syarat dan mekanisme inpassing PNS terbaru mulai berlaku ini juga akan kami update sesuai dengan hasil rapat paripurna DPR RI nanti. Jadi, silahkan join atau klik LIKE pada fanpages facebook untuk website forumguruindonesia.com ini agar dapat selalu mengikuti dan update informasi terbaru setiap harinya.

Terimakasih.

tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*