Sukses Bekerja Dengan Dapodik 2017 Terbaru

Sunday, February 5th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Sukses Bekerja Dengan Dapodik 2017 Terbaru. Beberapa hari yang lalu atau tepatny aawal bulan februari 2017 ini telah resmi rilis aplikasi dapodik 2017 terbaru. Setelah resmi rilis aplikasi dapodik 2017 tersebut tentunya semua operator sekolah juga langsung akan melakukan update atau upgrade aplikasi dapodik 2016c atau versi dapodik sebelumnya ke versi dapodik 2017 yang terbaru. Tidak terkecuali dengan saya, saya juga tidak berselang lama langsung install versi dapodik 2017 yang terbaru tersebut. Begitu juga dengan teman-teman seluruh operator sekolah di tanah air Indonesia ini. Banyak sekali grup-grup seputar dapodik yang membahas tentang dapodik 2017 ini.

Sukses Bekerja Dengan Dapodik 2017 Terbaru, Download Dapodik 2017, Install Dapodik 2017 Terbaru, GTK Dapodik 2017, Dapodik 2017, Patch Dapodik 2017 Download

Dalam tulisan saya kali ini akan mencoba kembali berbagi pengalaman saya pribadi bagaimana kita akan bekerja dengan dapodik 2017 terbaru tersebut. Karena ternyata banyak juga rekan-rekan operator sekolah yang statusnya adalah sebagai operator baru. Mungkin operator yang lama pindah lokasi kerja, atau juga serah terima tugas oleh teman sekantor yang lain untuk memegang posisi lain. Mungkin juga terjadi rotasi posisi tugas kerja oleh beberapa teman-teman abdi negara ini.

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana bekerja dengan aplikasi dapodik 2017 terbaru ini, saya akan memberikan sedikit pengalaman juga tentang cara installasi aplikasi dapodik 2017 dengan mode online dan installasi dapodik dengan mode offline. Installasi dapodik dengan mode online tidak memerlukan data prefill dapodik kita sebelumnya, karena regristasi secara online dengan kode regristasi akan otomatis data dari server pusat dapodikdasmen. Kalau installasi dapodik dengan mode offline harus menggunakan data prefill dapodik kita sebelumnya. Berikut saya sertakan juga tutorial cara installasi dapodik lengkap dengan video, KENE. Lihat dan pelajari juga cara download data prefill dapodik kita, KENE.

Kembali kita ke pokok bahasan utama artikel ini mengenai sukses bekerja dengan dapodik 2017 terbaru dengan kondisi server dapodik yang baru juga. Pertama kali saya login dan menggunakan aplikasi dapodik 2017, memang saya lihat terdapat beberapa pembaruan dalam tampilan dashboard. Antara lain yang dulu PTK sekarang berubah menjadi GTK (Guru dan Administrasi) dibedakan. Juga beberapa tampilan menu lainnya.

Ini adalah adat dari server dapodik pusat, yaitu ketika kita sudah sukses install dapodik 2017 dan ingin mulai bekerja untuk pendataan peserta didik, sekolah, dan GTK yang baru, sudah pasti input data pada rombel akan hilang. Kita akan meng-input data rombel manual kembali. Data riwayat kepangkatan guru juga akan memerlukan pembenahan, data lengkap peserta didik juga memerlukan pembaruan karena banyak sekali data peserta didik yang terhapus. Diperlukan juga beberapa pembenahan pada riwayat guru lainnya. Dan saya selalu akan menggunakan menu validasi terlebih dahulu untuk melihat apa saja yang masih memerlukan kelengkapan data. Baru kalau validasi sudah OK, saya akan sinkronkan dengan server dapodik pusat.

Mungkin beberapa hal di atas tersebutlah yang untuk sementara ini dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi saya demi sukses bekerja dengan dapodik 2017 terbaru yang sukses juga untuk rekan-rekan operator dapodik di seluruh nusantara ini. Demi majunya pendidikan Indonesia menuju pendidikan yang berkarakteristik, tidak ada salahnya teman-teman pembaca setia website resmi informasi dunia pendidikan Indonesia www.forumguruindonesia.com untuk dapat membagikan informasi ini dengan cara share halaman atau share url kepada rekan dan teman di seluruh daerah Indonesia ini. Terimakasih dan salam sukses pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*