Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid

Tuesday, April 11th 2017. | INFO GTK/PTK

forumguruindonesia.com – Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid. Saah satu sebab tunjangan profesi tidak cair adalah masih adanya ketidaksesuian data atau kesalahan data pada info GTK. Beberapa contoh kesalahan data info GTK adalah sebagai berikut. Mohon disimak dan dibaca dengan bijak.

Pada contoh yang pertama saya berikan ini adalah contoh milik salah satu ibu guru di SMP N 1 Pringapus, Kabupaten Semarang. Yaitu dia mengajar di 2 sekolah berbeda. Dan permasalahan serta solusinya adalah di bawah ini.

Untuk sekolah yang pertama sudah benar dan menunggu sinkron terkahir juga. Untuk sekolah yang kedua, ternyata terjadi kekeliruan dalam sekolah induk.

Oleh operator di sekolah kedua tersebut ternyata cek list sekolah induk juga dicentang. Sehingga terjadi permasalahan data di info GTK dengan terbaca sekolah induk menjadi 2 sekolah.

Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid

Seharusnya operator di sekolah yang kedua tidak mencentang sekolah induk, harusnya yang benar adalah centang “tidak”. Seperti nampak contoh gambar di atas. Nomor 1 diisi oleh sekolah induk, dan nomor 2 diisi oleh sekolah kedua.

Memang sepertinya itu sepele bapak ibu, akan tetapi juga dapat mempengaruhi cair tidaknya tunjangan profesi guru. Untuk itu agar diperhatikan oleh bapak ibu guru penerima TPG dan operator sekolah.

Juga untuk Data NIK dan NIP yang tidak sama dengan NIK dan NIP pada BKN. Panduan cek NIP di BKN silahkan baca pada artikel informasi di KENE.

Karena, jika kelengkapan data bapak ibu tidak lengkap. Misalkan saja pada masalah sekolah induk dan ketidaksesuaian NIK dengan data di BKN. Maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini.

Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid, JJM Linier, Edit Data GTK, Ubah Info GTK, Cek Info PTK, Info GTK Terbaru, TPG, Validasi Info GTK / PTK

Dan untuk mengatasi semua permasalahan atau Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid tersebut, harus koordinasi dengan opertaor sekolah dan kepala sekolah. Untuk ditindaklanjuti oleh operator dinas setempat.

Tentunya jika masih bisa dibetulkan melalui dapodik, silahkan bapak ibu revisi data info GTK melalui dapodik terlebih dahulu. Yaitu melalui operator sekolah masing-masing.

Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid

Apabila melalui aplikasi dapodik belum juga dapat di revisi data info GTK Anda. Silahkan mengajukan revisi tersebut ke operator dinas dengan bukti-bukti yang asli.

Jangan lupa untuk membaca berita menarik berikut ini mengenai cara verval data GTK Anda di KENE. Serta selalu cek info GTK Anda di KENE.

Jika bapak ibu juga terdapat permasalahan pada info GTK Anda, silahkan tanya jawab di grup ini atau melalui komentar di bawah artikel ini. Insyaallah akan admin bantu sebisanya dengan senang hati. Melaui chat pribadi juga tidak apa-apa. Admin akan senang mendapatkan teman dan masukan selalu.

Bapak ibu guru dan tendik yang baik, itulah sedikit informasi dari saya mengenai Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid untuk saat ini. Semoga pencaran TPG Anda lancar jaya. Salam sukses dunia pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , ,

25 responses to “Solusi Verifikasi Data Tunjangan Profesi Tidak Valid”

  1. M. DEDI SUPRIADI SUNARDI says:

    Assl..mohon bantuannya..
    Rincian masalah di info gtk:
    1. Jumlah jam linear = 0
    2. Kode bidang studi = –
    3. Kelulusan = belum lulus sertifikasi
    4. Kelulusan = kelulusan ada tapi NUPTK tidak valid

    • Nahrowi says:

      Waalaikum slam wr wb Pk Dedi.

      1. JJM linier = 0 ==> JJM Linier adalah jam mengajar yang dibatasi KTSP, yang dihitung sesuai dengan kode sertifikasi yang dimiliki ( contoh : Guru sertifikasi bidang studinya guru Penjas, tetapi mengajar Guru kelas, itu di P2TK Dikdas tidak dihitung jam mengajarnya atau 0).

      Contoh JJM belum sesuai guru SMP bidang studi IPS karena banyak mengajar mapel diluar bidang studi sertifikasinya IPS (kode 100)

      Untuk anda guru SD dan MI, alokasi waktu KTSP diatur dalam Permendiknas No.22 Thn 2006 sebagaimana berikut :
      Kelas 1= 26+4=30 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 2= 27+4=31 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 3= 28+4=32 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 456= 32+4=36 jangan lebih dari jumlah yg tercantum

      Contoh Kelas 1:
      Guru Kelas 24 Jam
      Agama 2 Jam
      Penjas 2 Jam
      Mulok 2 Jam
      Jumlah 30 Jam/Minggu

      2. Kode bidang studi Anda kemungkinan termasuk dalam konversi, hubungi pihak BKD dan dinas terkait.
      3. Kelulusan belum lulus sertifikasi ==> Pastikan untuk segera input data sertifikat pendidik pada aplikasi dapodik, dan segera sinkronkan. tggu bbrp hri untuk lihat hasil di cek info GTKnya.
      4. NUPTK tidak valid = Penyebab

      Nama pada database NUPTK berbeda dengan nama pada Dapodik
      NUPTK yang dientri pada dapodik milik orang lain

      Solusi

      a. Pastikan NUPTK adalah milik anda. Referensi NUPTK yang valid bisa didapatkan melalui Opr. NUPTK Dinas kab/Kota, opr. NUPTK LPMP atau operator NUPT pusat (Gedung D lantai 16)
      b. Jika kesalahan pada Database NUPTK, perbaiki nama anda melalui operator NUPTK.
      c. Minta Cetak Lembar NUPTK hasil Perbaikan menggunakan aplikasi Web Browser NUPTK
      d. Bawa Lembar NUPTK tersebut ke P2TK Dikdas agar dapat disesuaikan
      e. Jika kesalahan pada Dapodik perbaiki nama anda melalui operator Sekolah.
      f. Upload data dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari

  2. Thofik says:

    Keaktifan belum terverifikasi bkn gimana solusinya

    • Nahrowi says:

      langkah pertama adalah silahkan koordinasi dengan OP sekolah Anda, untuk selanjutnya berkoordinasi dengan OP di dinas setempat pk Thofik. terimakasih.

  3. Thofik says:

    Keaktifan belum terverifikasi bkn gmn solusinya mksh

    • Nahrowi says:

      langkah pertama adalah silahkan koordinasi dengan OP sekolah Anda, untuk selanjutnya berkoordinasi dengan OP di dinas setempat pk Thofik. terimakasih.

  4. BENZ says:

    GIMANA SOLUSI KEAKTIFAN BELUM TERVERIFIKASI OLEH BKN (DATA TIDAK COCOK) DI INFO PTK

    • Nahrowi says:

      langkah pertama adalah silahkan koordinasi dengan OP sekolah Anda, untuk selanjutnya berkoordinasi dengan OP di dinas setempat pk Beni. terimakasih.

  5. Ridwan says:

    solusi “Jabatan bukan guru pada data BKN”?

    • Nahrowi says:

      tentunya pertama silahkan cek dan edit jika memang ada kekeliruan di Dapodik, kalo di dapodik sudah valid benar, tapi masih salah juga.

      Harus koordinasi dengan OPS, Kepsek dan OP dinas.

      Sebagai contohnya di sekolah tempat saya bekerja, beberp bln kmrin juga ada yang mengalami data tidak valid dengan KTP dan di BKN, NIP tidak valid dengan di NIP di BKN, nama tidak valid, NIP atas nama orang lain, dll.

      Dan bapak ibu guru stlah berkoordinasi dngn OPS,Kepsek, dan OP dinas, dianjurkan utk melaporkannya secara mandiri ke BKD. untuk diteruskan ke BKN.

  6. muhlis says:

    mohon solusinya, jika saat dicek info gtk, yg muncul adalah:

    Error Data tunjangan profesi
    Maaf data verifikasi tunjangan profesi belum ditampilkan,..

  7. santoso says:

    permasalahan yang sama dan sampai saat ni masih belum terselsaikan. jadi mohon bantuan pak Nahrowi. data PTK saya bermasalah jabatan bukan guru, nip, dll. dan permasalahan tersebut sudah diajukan ke BKD tuk merubah data di BKN dan alhamdulillah berhasil. dan langkah akhir melakukan sinkron ulang pada dapodik akan tetapi 2 minggu kemudian pass di cek di simpkb dan info gtk masih tetap bermasalah dengan permasalahan yang sama. jadi saya harus gmn lagi pak ? terima kasih sebelum nya dan atas bantuan nya

    • Nahrowi says:

      Kasusnya persis sama yg saya alami pk Santoso, memang untuk edit data GTK/PTK menjadi kewenangan dari OP Dinas setempat (pelaporan dahulu ke BKN), Bbrpa bulan kemarin 3 GTK di sekolah kami juga ada kekeliruan data di dapodik dan sim pkb.

      Untuk itu ke-3 PTK tsb konsultasi ke BKD dan operator dinas dengan menyertakan data diri yg valid. Beberapa minggu kemudian dapodik di sinkronkan, alhamdulillah sdh berubah sesuai yg diinginkan (namun di info GTK belum berubah).

      Ternyata perubahan di INfo GTK diperlukan waktu yg agak lama, bbrpa buln kemudian di info GTK berubah sendiri sesuai di dapodik.

      Inilah hebatnya sistem komputerisasi di Indonesia.

      Sambil menunggu data bapak, coba untuk konsultasi dan ttp kontak operator dinas setempat, Terimakasih.

  8. Saiful Bahri says:

    mohon solusinya, jika saat dicek info gtk, yg muncul adalah:

    Error Data tunjangan profesi
    Maaf data verifikasi tunjangan profesi belum ditampilkan,..

    Pada hal saya sudah melapor ke dinas dan ke Jakarta, namun sampai saat ini masih tertulis error. dan saya disuruh menunggu.

    • Nahrowi says:

      Kalau sudh verval sampai ke dinas setempat dan BKN pusat, inshaalloh data akan berubah pk, cman dalam perubahan tersebut biasanya membutuhkan waktu. Inilah hebatnya birokrasi di Indonesia. Terlebih sistem informasinya (komputerisasi) yang nomor 1 di dunia….hehehehe…

  9. Yuyun says:

    Saya pindahan dari provinsi jawa barat ke jawa tengah..
    Info gtk udah centang hijau semua tapi di aitu data tunjangan profesi belum valid .. Kenapa ya?
    Trus kalo mutasi tunjangan profesi yg benar bagai mana?
    Kaya dapodik ga ya ?
    Soalny punya saya dari sana udah di keluarkan tapi ketika lapor di kab sini minta di tarik tp katanya ga perlu di tarik ketika di sini di update nanti masuk sendiri . Betulkah itu??

  10. Rofiqut Thoriq says:

    assalamualaikum
    di info gtk dikolom status data kelulusan sertifikasi kok tiba-tiba hilang kenapa?

    • Nahrowi says:

      kemungkinan server lagi maintenance pk, dicoba refresh browser ato tekan F5, kalo msih blm bsa, coba buka di perangkat lainnya. Terimakasih.

  11. Rahma says:

    Kalau status data belum lolos verifikasi dan validasi perlu perbaikan data

  12. Arifin says:

    Kalau Jam mengajar dalam verifikasi ulang itu apa ya maksudnya ?

  13. Arifin says:

    Kalau saya yang invalid Jam mengajar dalam verifikasi ulang itu apa ya maksudnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*