Sistem Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Sistem Online

Friday, January 13th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Sistem Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Sistem Online. Dengan sistem pembayaran TPG dengan sistem baru, yaitu secara online, diharapakan tidak akan terjadi lagi keterlambatan pembayaran yang disalurkan. Meskipun itu untuk bapak ibu guru yang berada di daerah dan pelosok. Tentunya ini juga akan dikaji terlebih dahulu sebelum sistem pembayaran tunjangan profesi guru sistem online ini betul-betul dijalankan.

Sistem Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Sistem Online, Penyaluran Tunjangan Profesi Guru, TPG 2017, Tunjangan Profesi Guru, Pembayaran TPG Tri Wulan

Pihak (Kemendikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah berjuang selalu untuk dapat melakukan perubahan cara pembayaran (TPG) tunjangan profesi guru. Perubahan ini dilakukan oleh Kemendikbud karena bertujuan untuk mempercepat penyaluran pembayaran TPG, yang menurut rencana akan segera di mulai tahun 2017 ini. Dengan sistem baru dalam pembayaran TPG secara online, dapat mempercepat penyaluran dan memperkecil resiko keterlambatan dana TPG yang diterima bapak ibu guru di seluruh daerah Indonesia.

Laporan keuangan harus online (daring), sedang dirancang dan didiskusikan dengan BPKP,” ungkap DirJend (GTK) Guru dan Tenaga Kependidikan, Bapak Sumarna Surapranata, saat Rakornas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Solo, hari Jumat (16/12/16).

Beberapa sebab dirubahnya sistem pembayaran tunjangan profesi guru menjadi sistem pembayaran tunjangan profesi guru sistem online yaitu di karenakan ditemukan sedikitnya ada 5 masalah yang terjadi saat penyaluran pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) tiap tahunnya. Salah satunya adalah ditemukannya data yang tidak sesuai.

Sumarna Pranata juga mengatakan bahwa perbaikan utama data pokok pendidikan (sistem dapodik) tetap akan terus dikerjakan sebagai salah satu bentuk upaya guna mendapatkan data guru penerima TPG yang akurat. Dan akan digunakan sebagai data pokok pendidikan tunggal.

Silahkan bapak ibu juga membaca artikel tentang aplikasi jadwal pelajaran anti bentrok dalam bentuk excel beikut ini, baca, like, share, dan unduh di SINI.

Salah satu akibat dengan adanya data yang tidak sesuai dapat berakibat pada jumlah dana tunjangan yang akan dibayarkan. Jika terjadi kekurangan data atau data yang tidak valid, akan dapat menyebabkan terlambatnya penyaluran dana tunjangan, dan apabila data yang ada melebihi kondisi faktanya dapat menyebabkan (silpa) sisa lebih penggunaan anggaran.

Sudah kita ketahui bahwa batas akhir penyaluran pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) adalah setiap triwulan tanggal 9 pada bulan ketiga, tetapi fakta di lapangan sering terjadi penyaluran pembayaran TPG mengalami keterlambatan. Dan itulah sebabnya Kemendikbud melakukan persiapan dan saat ini sudah membangun sistem pembayaran tunjangan profesi guru sistem online dan dapat melakukan pelaporan secara online juga. Sehingga akan mengurangi keterlambatan penyaluran dana tunjangan profesi guru (TPG).

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*