Seorang Pegawai Kejaksaan Menjadi Korban Penipuan Dengan Modus Calo PNS

Tuesday, January 17th 2017. | Pendidikan, PNS

forumguruindonesia.com – Seorang Pegawai Kejaksaan Menjadi Korban Penipuan Dengan Modus Calo PNS. Hati-hati penipuan calo untuk diangkat menjadi CPNS/PNS. Seperti yang dialami oleh seorang pegawai kejaksaan ini, ia menjadi korban penipuan dengan modus lama, yaitu dijanjikan akan dapat diangkat menjadi PNS dalam waktu cepat setelah setor beberapa puluh juta hingga ratusan juta. Mungkin masih terdapat korban lain selain pegawai kejaksaan ini.

SYARAT SELEKSI SERTIFIKASI GURU TAHUN 2017, Sertifikasi Guru Tahun 2017, TPG Guru 2017, Syarat Sertifikasi guru, Tunjangan Profesi Guru, Tunjangan PNS, ASN

Berikut adalah kisah selengkapnya…

Seorang (PNS) Pegawai Negeri Sipil yang bertugas sebagai pengawal tahanan di Kejaksaan ditengarai telah jadi korban penipuan dengan modus calo PNS/CPNS. Sebabnya korban tersebut termakan dengan iming-iming bahwa ke-2 anaknya dapat diangkat menjadi PNS atau pegawai bea cukai dan imigrasi setempat, dengan cara menyetor sejumlah uang.

Petugas pengawal Kejaksaan yang menjadi korban tersebut yaitu Bapak Hardi (58) dengan alamat Lebdosari, Kel. Kalibanteng Kulon, Kec. Semarang Barat, Jawa Tengah.

Karena sudah sadar bahwa dirinya menjadi korban penipuan oknum tersebut, secepatnya korban atau bapak Hardi bergegas melapor ke Polrestabes Semarang, Jln. Dr. Soetomo, pada hari Senin (16/1).

Selanjutnya pelaku yang dilaporkan oleh bapak Hardi adalah seorang wanita bernama Maria Endang, beralamat Jln. Fatmawati, ds. Sinar Waluyo, Kec. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Menurut keterangan korban, pelaporan ke polrestabes ini berhubungan dengan dugaan penipuan yang dialaminya dengan pelaku penipuan adalah seorang perempuan bernama Maria Endang, wanita asal Klaten. Dugaan penipuan calo PNS ini telah terjadi sekitar tanggal 29 Desember 2013 hingga 5 Mei 2014.

Awalnya terjadinya penipuan oleh pelaku ini bermula ketika Hardi bertemu dengan seseorang teman barunya yang mengaku bahwa dia adalah seorang anggota kepolisian dengan pangkat komisaris polisi.

Saat bertemu, keduanya hanya mengobrol seputar masalah pekerjaan saja. Hingga akhirnya korban dianjurkan untuk bertemu dengan seseorang yang bernama Endang yang katanya dapat memasukkan kedua anaknya segera menjadi PNS di lingkungan Kantor Bea Cukai dan Imigrasi setempat.

Saya dikenalkan sama Endang. Katanya bisa memasukkan dua anak saya menjadi pegawai Bea Cukai dan Imigrasi,” kata korban/Hardi setelah lapor tentang kasusnya di SPKT Polrestabes Semarang.

Setelahnya, korban bertemu dengan Maria Endang dan mengatakan keinginannya untuk bisa menitipkan kedua anaknya supaya dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Hingga akhirnya Hardi pun mengiyakan permintaan Endang dan menyetorkan rupiah hingga ratusan juta sebagai tanda jadinya atau dengan kata lain sebagai pelicin untuk dapat memasukkan anaknya agar dapat menjadi PNS di Bea Cukai.

“Saya dimintai menyerahkan uang Rp 400 juta. Sudah saya serahkan semua secara bertahap (diangsur), ketemunya di Perumahan Fatmawati,” ungkap Hardi.

Baca juga artikel tentang jadwal UKG tahun 2017 selengkapnya di SINI.

Akan tetapi setelah sekian tahun tidak juga ada kepastian dari Endang dan uang ratusan juta juga sudah disetorkan, maka Hardi berusaha untuk menemui dan mencari pelaku serta untuk menagih janji yang dulunya. Dan ternyata janji yang ditagih oleh korban tersebut sampai saat ini tak kunjung selesai.

“Sampai sekarang tidak ada kepastian darinya,” ungkapnya.

Sebelumnya Korban (Hardi) masih berusaha untuk memilih jalur penyelesaian persoalan itu secara damai dengan rasa kekeluargaan. Namun, dari pihak Endang sebagai pelaku tidak ada sedikitpun itikad baiknya. Hingga akhirnya Hardi sebagai korban lanjut memilih melaporkan dan mendatangi kepolisian kota untuk lapor dugaan penipuan yang dialaminya.

Hingga sekarang, kasus penipuan dengan kedok dapat menjadi PNS dengan menyetorkan uang hingga ratusan juta sebagai pelicin tersebut masih dalam proses penyidikan Satreskrim Polrestabes Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kiranya artikel dengan kisah nyata tentang Seorang Pegawai Kejaksaan menjadi korban penipuan dengan modus calo PNS atau CPNS ini menjadikan bapak ibu pengetahuan dan agar berhati-hati dengan segala bentuk calo PNS.

Terimaksih dan salam sukses penidikan Indonesia.

tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*