Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS

Tuesday, May 8th 2018. | Guru

forumguruindonesia.com – Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS. Dilema masa kini dunia pendidikan di Indonesia.

Ini jelas sekali imbas dari berbagai tunjangan yang diterima oleh bapak ibu guru itu sendiri. Tugas seorang guru saat ini tidak hanya mendidik dan mengajar, mereka harus mengerjakan dan ikut lagi berbagai program dari pemerintah.

Korbannya tentu sudah dapat kita tebak. Ya, menurut saya pribadi sistem pendidikan di Indonesia ini sudah tercampur dengan beberapa pihak untuk kepentingan pribadi. Misalnya parpol ataupun organisasi tertentu yang mengatasnamakan pendidikan karakter anak.

Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS

Sering bergantinya sistem pendidikan dan kurikulum yang tentunya adalah memiliki tujuan masing-masing. Apalagi sering terjadinya pergantian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini.

Intinya, guru tidak dapat fokus mendidik dan mengajar anak-anak lagi. Mereka juga sibuk dengan berbagai administrasi pribadi masing-masing.

Sebagai contoh adalah notulen berikut yang dikirimkan oleh teman dimedia sosial, terkait hasil rakor dan sosialisasi tunjangan profesi PNS dan Non Pns tahun 2018.

Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS. Yang poin pentingnya adalah sebagai berikut, baik yang sudah ikut pretest ataupun belum, silahkan dibaca :

  1. Untuk 2019 TPG tetap diberlakukan bagi semua guru dan kepala sekolah, serta pengawas sekolah. Guru harus memenuhi jjm minimal 24 jam, dan kepala sekolah sudah bisa langsung mendapatkan tunjangan profesinya, karena tugas kepala sekolah tidak lagi dibebani jam mengajar. Ini berdasarkan pada PP 19 tahun 2017. Dan untuk pengawas akan ada regulasi mengenai pembayaran tunjangan profesi pengawas yang dalam hal ini regulasinya sedang dalam proses. Semoga bisa segera keluar regulasi untuk pembayaran tunjangan profesi pengawas.
  2. Ada 5 jenis tunjangan yaitu TPG untuk PNS, TPG untuk non PNS, tunjangan khusus, tunjangan penghasilan (tamsil) dan insentif.
  3. Bagi guru yang pada tahun 2017 akhir mengikuti seleksi pretest PPG, dan dinyatakan lulus namun pada saat bersamaan guru yang lulus tersebut belum mempunyai NUPTK, maka berdasarkan peraturan Persesjen nomor 1 tahun 2018 bagi guru yang mengikuti program khusus kementerian bisa diterbitkan NUPTK nya.
  4. Bagi guru yang sudah mengikuti PPG dan lulus, maka ketika ada formasi diharapkan pemerintah daerah bisa memprioritaskan guru yang bersangkutan tersebut untuk diberikan kesempatan mengikuti seleksi menjadi ASN.
  5. Mulai ajaran baru sesuai dengan permendikbud no 10 tahun 2018. Akan diberlakukan untuk kehadiran guru secara online melalui aplikasi hadir.gtk.kemdikbud.go.id.
  6. Untuk pretest PPG diberikan kesempatan kepada seluruh guru yang sekarang ini sudah pernah mengikuti UKG dan terdaftar dalam sim PKB. Bagi guru yg belum terdaftar di SIM PKB kemungkinan akan ada informasi selanjutnya terkait bagaimana kedepannya untuk bisa mengikuti kesempatan mengikuti PPG.

Mampir juga bacaan menarik yang satu Panduan Install Aplikasi Faster PMP 2018 Versi Terbaru.

Itulah sedikit informasi dengan tema Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS. Mungkin ada yang mengalami dan tidak. Silahkan ditafsirkan sendiri-sendiri.

#Saveguru

#SavePendidikanIndonesia

#GakMauRibetJanganJadiGuru

Terimakasih.

tags: , , , ,

One response to “Ribetnya Jadi Seorang Guru Saat Ini, Baik PNS Maupun Non-PNS”

  1. laksamana says:

    Malam pak..
    seorang guru d3 mau transfer ke s1 jurusan yang sama…tapi tempat tranfer tersebut merupakan universitas swasta akriditasi masih c..
    apakah ngaruh…kedepannya..
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*