RESMI ! Pemutakhiran Data Dapodik Semester 2 Tahun 2017 Diundur

Wednesday, March 1st 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – RESMI ! Pemutakhiran Data Dapodik Semester 2 Tahun 2017 Diundur. Beberapa saat lalu telah resmi rilis berita tentang pemutakhiran data dapodik untuk smester 2 tahun 2017 ini yang paling lambat adalah tanggal 10 maret 2017. Dengan saan sebetulnya agar disinkronkan data dapodik sebelum tanggal 1 maret 2017. Dengan tujuan bahwa data yang telah valid dan mutakhir tersebut nantinya dapat dicek secara individu oleh GTK pada laman resmi info GTK. Sayapun dengan bergegas dan lembur beberapa hari sampai pagi pulang pagi juga mengerjakan tugas sebagai operator sekolah di SMP N 1 Pringapus Kabupaten Semarang ini. Akhirnya Dapat selesai sebelum 1 maret 2017, dan langsung saya sinkron ke dapodik server pusat langsung sukses. Karena saya sinkron ketika jam menunjukkan pukul 03.06 wib pagi hari.

RESMI ! Pemutakhiran Data Dapodik Semester 2 Tahun 2017, Dapodik Verrsi 2017 a, Dapodik 2017, Cara Sinkron Dapodik, Sinkronisasi Dapodik, Seputar Dapodik

Dan sepertinya sudah seperti hukum alam ata hukum adat bahwa ternyata masih banyak sekali rekan-rekan di luar sana yang belum selesai dengan tugasnya sebagai operator sekolah tersebut. Ada yang komputernya rusak, ada yang install ulang windows-nya, ada yang error ketika sinkron, beberapa menu tidak muncul pada dashboard dapodiknya, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi permasalahan yang masih ditemui oleh rekan-rekan operator dapodik di tanah air ini.

Berita yang sedikit membuat lega bagi rekan-rekan operator sekolah yang belum sempat sinkron sebelum 28 maret 2017 dan belum selesai mengerjakan pemutakhiran datanya, akhirnya telah resmi ! pemutakhiran data dapodik smester 2 tahun 2017 diundur hingga tanggal 15 maret 2017. Ini merupakan buntut dari masih banyaknya ditemukan beberapa permasalahan bagi rekan-rekan operator dapodik di sana. Dan admin website informasi dunia pendidikan Indonesia saka guru ini juga sudah melampirkan beberapa poin penting mengenai informasi diundurnya pemutakhiran data dapodik smester 2 tahun ajaran 2016/2017 ini di bawah, silahkan disimak dengan bijaksana.

Inilah isi informasi resmi ! pemutakhiran data dapodik semester 2 tahun 2017 diundur dari laman resmi website dapodik pusat sebagai sumbernya.

Yang terhormat,

1.    Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2.    Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
3.    Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK
4.    Operator Dapodik

Di Seluruh Indonesia
 
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada tanggal 27 Februari 2017, kami telah mempublikasi Surat Edaran dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah No. 01/D/SE/IT/2017 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Dimana isi surat edaran adalah sebagai berikut:

1. Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan sekolah dengan menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2017 serta penandatanganan pakta integritas oleh kepala sekolah di dalam sistem dapodik sebagai bukti keabsahan data.

2. Prosedur dan mekanisme pemutakhiran data DAPODIK sama seperti tahun sebelumnya dengan penjelasan singkat perubahan versi terlampir.

3. File aplikasi, formulir, panduan dan perangkat pendataan lainnya dapat diunduh di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

4. Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota segera menyosialisasikan sistem pendataan DAPODIK versi 2017 ke seluruh sekolah di wilayahnya masing-masing.

5. LPMP melakukan validasi data dengan menggunakan sistem yang sedang dibangun di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

    Pemutakhiran data dari setiap sekolah paling lambat tanggal 1 Maret 2017.

Dengan mempertimbangkan masukan dari beberpa pihak dan untuk memberikan kesempatan untuk sekolah yang belum melakukan/menyelesaikan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017, maka batas akhir pemutakhiran data DIPERPANJANG sampai dengan Tanggal 15 Maret 2017.

Demikian informasi yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.
 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Salam Satu Data,

Admin Dapodikdasmen

Silahkan mampir juga dan baca artikel informasi menarik lainnya di KENE. Informasi mengenai cara membuat SIM baru untuk anak didik SMA/K. Dan informasi lengkap tentang pemutakhiran data dapodik semester 2 tahun ajaran 2016/2017 tersebut dapat juga di baca di KENE sebagai sumber dari artikel ini.

Tersebutlah berita utama pagi ini mengenai resmi ! pemutakhiran data dapodik semester 2 tahun 2017 diundur hingga 15 maret 2017. Dan sudah menjadi adat admin dapodik pusat seperti ini karena selalu saja seperti ini ditemukannya banyak sekali permasalahan yang ada. Untuk itu sebagai operator sekolah kita wajib bekerja sama dan bertanggung jawab bersama demi tercapainya satu data nasional yang mutakhir dan valid. Sekian dulu informasi dari saya ini, semoga menjadikan kita lebih dapat bekerja keras lagi. Salam sukses pendidkan Indonesia yang berkarakter meghormati orang yang lebih tua dan guru. Silahkan artikel ini Anda share, like dan subscribe untuk berita menarik kemudian hari yang akan selalu saya update. Dan terimakasih lagi saya ucapkan.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*