PUNGUTAN DISEKOLAH DIIZINKAN OLEH MENDIKBUD ASALKAN BUKAN PUNGLI

Wednesday, January 11th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – PUNGUTAN DISEKOLAH DIIZINKAN OLEH MENDIKBUD ASALKAN BUKAN PUNGLI. Salam sukses untuk semua bapak dan ibu pembaca setia di website resmi informasi terkait pendidikan indonesia www.forumguruindonesia.com ini. Berikut ini akan saya berikan sedikit informasi dari Mendikbud yang sudah menerbitkan Permendikbud tentang pungutan di Sekolah yang diijinkan, tetapi pungutan yang diperbolehkan disekolah ersebut harus bukan termasuk kedalam Pungli.

PUNGUTAN DISEKOLAH DIIZINKAN OLEH MENDIKBUD ASALKAN BUKAN PUNGLI, Permendikbud Pungutan Sekolah, UU Tentang Pungutan Sekolah, Sumbangan Sekolah, USBN 2017

Untuk lebih jelas mengenai informasi tentang pungutan disekolah diizinkan oleh mendikbud asalkan bukan pungli ini, Anda semua dapat membaca dan menyimak informasi selengkapnya di bawah ini.

(Mendikbud) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memberikan sinyal atau angin segar bagi semua sekolah di Indonesia yaitu dengan diijinkannya sekolah untuk melakukan pungutan. Asalkan pungutan di sekolah tersebut dilaksanakan melalui cara-cara yang transparan, halal, jujur, sesuai aturan Permendikbud, dan benar-benar digunakan untuk pembangunan dan kemajuan setiap sekolah yang melakukan pungutan.

Terkait diperbolehkannya pungutan di sekolah tersebut, pihak kemendikbud beberapa saat kemarin telah menandatangani Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). Aturan atau Permendikbud tentang pungutan disekolah yang diizinkan oleh mendikbud asalkan bukan pungli tersebut menurut rencananya akan segera dilaksanakan pada ajaran baru nanti.

“Saya sudah konsultasi dengan Menko Polhukam, yang penting (pungutan) tidak boleh memaksa, dan diharapkan bukan dari orang tua siswa tapi dari luar terutama alumni,” tandasnya.

Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan tentang dibolehkannya kembali adanya pungutan di sekolah setelah berpidato dalam acara Sosialisasi Kebijakan Pendidikan bertajuk “Masalah dan Tantangan Pendidikan Ke Depan” di gedung Sekretariat DPD PDI Perjuangan, Bali, Kamis (29/12/2016).

Permen (Peraturan Menteri)-nya sudah saya tandatangani. Mestinya dengan sudah ditandangani, maka mulai tahun ajaran baru sudah bisa diberlakukan,” ucapnya.

Mendikbud Muhadjir menjamin bahwa dengan sudah ditandatanganinya peraturan menteri tentang pungutan di sekolah, untuk itu pungutan di sekolah yang bersifat resmi tidak dilarang, selama sesuai dengan peraturan menteri yang sudah disahkan tersebut.

Yang tidak dibolehkan itu kalau pungutan liar. Sedangkan kalau resmi dan diatur dalam peraturan kan tidak masalah ?” katanya.

Bahkan sebelum menandatangani Permendikbud tersebut, pihak Kemendikbud sudah berkonsultasi dengan pihak Menkopolhukam Wiranto.

“Pada prinsipnya beliau Pak Wiranto (Mengkopolhukam) tidak ada masalah, karena yang diatur bukan pungutan liar. Yang ingin kami tekankan, pungutan itu yakni berupa iuran ataupun sumbangan sukarela terutama dari alumni sekolah, nggak masalah,” ucapnya.

Termasuk di dalamnya adalah pungutan dari anak didik oleh sekolah masing-masing. Yang penting setiap kali mengadakan pungutan siswa harus mendapatkan persetujuan bersama orang tua atau wali murid dan komite sekolah, maka sekolah dibolehkan untuk melakukan pungutan yang sifatnya tidak memaksa.

Tidak ada masalah jika memang sudah ada kesepakatan antara Komite Sekolah. Kalau besarannya, sangat tergantung pada kesepakatan masing-masing sekolah. Nanti dengan adanya kebijakan mengenai pungutan ini tanggung jawab pengelolaan bukan lagi pada sekolah. Melainkan pada pihak Komite Sekolah selaku pengelola. Jadi, kewenangan penggunaan ada pada Kepala Sekolah dengan pengawasan Komite Gotong Royong Sekolah,” ucapnya.

Tidak ada batasan, itu terserah masing-masing sekolah, kita bebaskan. Yang penting, tidak boleh membuat orang tua keberatan dan memberatkan siswa,” tandasnya.

Baca juga informasi tentang edaran resmi Ujian Nasional 2017 atau Ujian Sekolah Berbasis Sekolah 2017 dan Jadwal Lengkap Ujian Nasional 2017 di sini, dapat juga Anda unduh jadwal resmi ujian nasional 2017 di sini.

Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengharapkan agar seluruh lulusan dari setiap sekolah dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi ataupun memberikan sumbangsih kepada sekolah. Karena setiap siswa yang sudah lulus biasanya sudah membentuk organisasi dan sering berkumpul, baik di sekolah ataupun di tempat lain. Terutama alumni dari setiap sekolah. Karena sudah umum bahwa tidak ada kepala daerah atau bupati dan lainnya yang tidak pernah merasakan pendidikan di SD, SMP, dan SMA/K.

Ya mereka harus nyumbang dong sekarang, lha wong sudah pernah dibesarkan oleh sekolahnya. Darma baktinya misalkan dengan nyumbang itu agar bisa dinikmati para siswa adik kelasnya. Jadi alumni yang kita dorong,” pungkasnya.

Sampai di sini dulu informasi tentang pungutan disekolah diizinkan oleh mendikbud asalkan bukan pungli ini, jika nanti ada informasi selanjutnya tentang pungutan sekolah atau mungkin terjadi perubahan peraturan lagi, insyaalloh akan selalu kami update artikel pada website resmi informasi pendidikan indonesia www.forumguruindonesia.com ini. Untuk itu mari kita share dan like pada fanpages facebook yang telah saya sediakan tersebut untuk dapat selalu mengikuti update artikel informasi dunia pendidikan di web ini. Atau mungkin juga Anda dapat memasukkan email/gmail pada kolom subscribe yang sudah saya sediakan di bawah sendiri tersebut.

Terimakasih. Salam sukses pemerataan pendidikan Indonesia.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*