Prefill Nilai Rapor Pada Aplikasi Dapodik Telah Tersedia

Thursday, April 20th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Prefill Nilai Rapor Pada Aplikasi Dapodik Telah Tersedia. Dalam aplikasi dapodik memang telah beredar informasi bahwa akan adanya menu dan fitur terbaru yaitu input nilai rapor peserta didik. Karena berita tersebut memang sudah menyebar di berbagai forum.

Dan beberapa saat lalu telah rilis prefill nilai rapor yang dapat kita unduh di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan pada menu “DATA PREFILL“. Silahkan dicek untuk kebenarannya.

Prefill Nilai Rapor Pada Aplikasi Dapodik Telah Tersedia, Prefill Nilai Rapor, Input Nilai Rapor Dapodik, Nilai Rapor Di Dapodik, Isi Nilai Rapor Dapodik

Kalau dikomputer saya dan rekan-rekan operator dapodik lainnya memang sudah ada. Coba dulu bapak ibu cek. Mungkin juga sudah ada, karena sudah online secara nasional.

Akan tetapi dengan munculnya prefill nilai rapor tersebut ternyata banyak juga muncul pro dan kontra. Ada yang senangdan ada yang biasa saja dengan fitur baru aplikasi dapodik tersebut.

Bagi yang sudah pernah mengerjakan input nilai rapor, ternyata lebih memilih untuk diam diri dulu tanpa mengunduhnya. Karena ternyata meihat pengalaman rekan-rekan operator yang lalu, masih terjadi banyak kekurangan.

Salah satu sebab kenapa rekan-rekan operator belum mau mengunduh dan meng-instal-nya adalah belum dirilisnya pengumuman resmi dari dinas pendidikan pusat dan dinas pendidikan daerah.

Walaupun memang kenyataannya prefill nilai rapor pada aplikasi dapodik telah tersedia di download secara langsung pada alamat di atas. Kita tunda dulu, dan kita ikuti saja informasi resmi selanjutnya dari pusat atau dinas.

Juga karena pengalaman yang lalu ketika menggunakan aplikasi dapodik untuk input nilai rapor ternyata dapat menyebabkan rusaknya data pada dapodik. Dan tentunya operator dapodik harus kembali dua kali kerja untuk input data sekolah dan peserta didiknya.

Pastinya kita tidak mau data inti dapodik kita rusak, apalagi terhapus. Pasti akan membuat operator semakin pusing dengan pekerjaannya saja. Karena semakin hari, pekerjaan operator dapodik semakin bertambah.

Oleh karena itulah untuk sementara ini dihimbau kepada rekan-rekan operator dapodik Indonesia untuk tidak mengunduhnya terlebih dahulu. Kita tunggu instruksi resminya saja dari pemerintah pusat melalui dinas pendidikan masing-masing.

Bagi rekan operator dapodik yang sudah terlanjur mengunduhnya, silahkan disimpan terlebih dahulu. Jangan diinstall dulu, untuk berjaga-jaga dari sesuatu hal yang dapat menyulitkan kita nantinya.

Untuk informasi atau artikel tentang cara mudah edit data GTK tanpa melalui verval GTK pada cek info GTK terbaru silahkan bapak ibu baca di SINI.

Intinya bapak ibu dan rekan operator dapodik semua, sebelum ada instruksi resmi dari pemerintah pusat atau dinas pendidikan masing-masing, dianjurkan untuk tidak install terlebih dahulu. Dikhawatirkan jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terhadap data utama dapodik kita.

Inilah sepintas informasi tentang prefill nilai rapor pada aplikasi dapodik telah tersedia untuk saat ini. Dan informasi kelanjutannya insaallah akan saya update jika sempat. Terimakasih dan salam sukses dunia pendidikan Indonesia.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*