Perubahan Aturan Sertifikasi Guru Resmi Dari KeMendikbud

Wednesday, December 28th 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Perubahan Aturan Sertifikasi Guru Resmi Dari KeMendikbud. Menteri Pendidikan dan Budaya Muhadjir Effendy akan memberlakukan SK baru guna untuk membenahi sistem dan landasan dasar pendidikan di Indonesia. Salah satu isi inti yang tercakup dalam SK tersebut yaitu, bahwa bapak dan ibu guru yang sudah mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi, sedikitnya 8 jam dalam satu hari bapak ibu guru harus berada di sekolah. Jika kita lihat ini tentunya juga sama dengan jam kerja untuk sektor swasta dan lainnya.

Perubahan Aturan Sertifikasi Guru Resmi Dari KeMendikbud, Tunjangan Profesi Guru, TPG, Honorer akan diangkat menajdi PNS, Jadwal TPG TW, Sertifikasi Guru,

Menteri Pendidikan dan Budaya Muhadjir Effendy akan terus membangun dunia pendidikan Indonesia sesuai dengan situasi dan kondisi “Sudah kami SK-kan menteri, mulai ajaran baru nanti tidak boleh ada lagi guru keluyuran keluar sekolah, mencari sekolah untuk mencari tambahan mengajar,” ucap Mendikbud saat berada di Yogyakarta.

Perubahan aturan sertifikasi guru resmi dari kemendikbud ini akan menjadikan bapak ibu guru harus berada di sekolah sedikitnya 7,5 jam per hari. Sehingga tidak akan di temukan lagi bapak ibu guru yang keluyuran mencari tambahan jam mengajar ke sana kemari, loncat dari sekolah satu ke sekolah yang lainnya. Seharusnya kalau memang nanti sudah berjalan dengan aturan sertifikasi yang terbaru tersebut, tidak akan kita temukan hal tersebut. Dan tentunya berlaku untuk semua bapak ibu guru yang mengajar di sekolah negeri dan swasta.

“Setiap guru yang dapat tunjangan profesi, baik negeri atau swasta, wajib berada disekolah selama 8 jam per hari. Dengan begitu, saya berharap tatap muka tidak harus di dalam kelas, bisa tatap-tatapan di luar kelas,” Ungkap Mendikbud Muhadjir Effendy.

Hal ini dilaksanakan juga bertujuan untuk menghilangkan aturan yang selama ini kaku, yaitu bapak ibu guru harus tatap muka selama 2 jam per hari. Dengan aturan baru yang mengharuskan guru berada di sekolah sedikitnya 8 jam setiap hari, maka bapak ibu guru tidak akan perlu lagi keluar sekolah menuju sekolah lain hanya untuk memenuhi jam mengajar guna mendapatkan tunjangan sertifikasi.

“Jika tidak ada mata pelajaran, guru tetap berada disekolah untuk tatap muka di luar kelas. Kebijakan ini untuk memperkuat program pendidikan karakter,” ucap Mendikbud Muhadjir Effendy.

Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengungkapkan bahwa tidak akan ada istilah full day school di Kemdikbud. Katanya sebutan tersebut hanyalah dari kalangan pers dalam memberikan pemberitaanya. Dan inti tujuan yang benar dari Kemdikbud yaitu Program Penguatan Pendidikan Karakter (P3K).

“Jadi full day school itu bukan istilah dari saya, tapi dari wartawan. Artinya, bahwa kurikulum yang sudah ada muatan karakternya, diperkuat, diperbesar porsinya dalam program penguatan karakter,” pungkasnya.

Sekian sedikit informasi mengenai perubahan aturan sertifikasi guru resmi dari kemendikbud, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk informasi lainnya, silahkan bapak ibu share artikel ini dan ajak teman-teman untuk gabung di fanpages facebook kami.

Terimakasih. Salam sukses dan majukan pendidikan Indonesia. www.forumguruindonesia.com

tags: , , , , ,

2 responses to “Perubahan Aturan Sertifikasi Guru Resmi Dari KeMendikbud”

  1. ikaindraweni says:

    Nasib guru yang belum Lulus UTN itu bagaimana? kami sadar ini aturan negara apa pasinggrade nya tidak bisa diturunkan lagi?? kami sudah mengabdi lama tapi kami harus dilibas dg PNS baru yang UKG 80. tolong kami….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*