Perlindungan Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam PerMenDikBud RI No 10 Tahun 2017

Friday, March 24th 2017. | Guru, TENDIK

forumguruindonesia.com – Perlindungan Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam PerMenDikBud RI No 10 Tahun 2017. Saat ini seorang guru entah itu laki-laki atau perempuan adalah tonggak berdiri dan majunya sebuah bangsa. Coba bayangkan jika di Indonesia ini tidak ada guru seorangpun yang dapat dan mau berbagi ilmunya untuk generasi penerus bangsa Indonesia ini. Mau jadi apa dan seperti apa kehidupan manusia di Indonesia yang akan mendatang. TIDAK dapat kita berpaling bahwa seorang presiden juga hasil didikan dari guru, TNI/POLRI, juga tidak lepas dari didikan guru, direktur perusahaan dan karyawannya pastinya juga pernah merasakan didikan guru.

Perlindungan Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam PerMenDikBud RI No 10 Tahun 2017, Payung Hukum Pendidik, Payung Hukum Guru, Perlindungan Hukum Guru

Dan lain sebagainya, walaupun terkadang didikan guru juga menghasilkan preman, penjahat, koruptor, pengemis, dan gelandangan. Akan tetapi itu juga kembali kepada setiap individunya, mau kehidupan kedepannya yang bagaimana tinggal setiap manusia yang menentukan sendiri selain takdir dari Illahi.

Jadi, intinya adalah memang sudah sepantasnya jika seorang guru itu saat ini mendapatkan perhatian yang lebih oleh negara dalam tugasnya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bertanah air Indonesia, serta dalam mendidik putra-putri penerus bangsa Indonesia. Menuju bangsa yang cerdas dan maju berani bersaing dengan dunia internasional.

Selain bagi bapak ibu guru yang dilindungi oleh permendikbud no 10 tahun 2017 tersebut, yang tetuang dalam perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam PerMenDikBud RI no 10 tahun 2017 adalah bapak ibu tenaga administrasi atau tenaga kependidikan lainnya. Kedudukan dan haknya untuk dilindungi menurut permendikbud no 10 tahun 2017 tersebut juga sama dengan bapak ibu guru.

Yang menarik lainnya adlaah tentang syarat pendaftaran PLPG 2017. Juga daftar peserta PLPG 2017 terbaru yang dapat Anda lihat di KENE. Dan untuk lebih lengkapnya mengenai informasi serta isi permendikbud no 10 tahun 2017 tersebut juga dapat bapak ibu ambil di KENE dalam bentuk .pdf.

Ini adalah dasar dan pedoman untuk bapak ibu guru dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan perlindungan hukum ketika bapak ibu guru dan tendik lainnya bermasalah dengan hukum atau aparat hukum, berhubungan dengan pelaksanaan dan kewajiban tugas dalam mendidik dan mengajar murid. Dengan kata lain, saat ini bapak ibu guru dan tendik lainnya sudah mempunyai payung hukum yang kuat.

Dengan banyaknya pengalaman atau kejadian yang selalu menyudutkan seorang pendidik atau seorang guru dalam mendidik dan mengajar muridnya yang berakhir dengan hukuman krungan atau masuk bui, maka terbitlah permendikbud no 10 tahun 2017 tersebut untuk memperkuat dan melindungi guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan kewajibannya ketika ada yang suatu saat berurusan dengan polisi atau hukum.

Sedikit isi dari permendikbud no 10 tahun 2017 tersebut tidak lupa kami sertakan di bawah ini. Silahkan disimak dan dibaca dengan bijaksana. Sebarkan atau share kepada rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan se-tanah air agar mereka megetahui juga bahwa sekarang bapak ibu guru dan tenaga kependidikan juga dilindungi payng hukum ketika bertugas dan menjalankan fungsinya sebagai seorang pendidik dan tendik.

“bahwa dalam rangka mendukung fungsi dan peran strategis pendidik dan tenaga kependidikan, perlu dilakukan upaya perlindungan sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 40 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Pasal 40 ayat (1) dan Pasal 42 Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru; b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Perlindungan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan”.

Tetap ikuti dan kembali ke www.forumguruindonesia.com untuk informasi berikutnya yang lebih menarik untuk kita ketahui. Portal berita dan informasi dunia pendidikan Indonesia. Dengan visi dan misi adalah untuk memajukan kehidupan serta mencerdaskan penerus bangsa.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat tentang perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam PerMenDikBud RI no 10 tahun 2017 yang tentunya berguna sekali untuk diketahui oleh bapak ibu guru dan tenaga kependidikan lainnya. Sekali lagi, mohon infokan juga tentang artikel ini kepada rekan-rekan kita di sana. Karena guru saat ini sepertinya juga masih ditodong senjata dan tombak dihadapan mereka langsung ketika mereka memberikan ilmu kepada anak didik di sekolah. Dilema pendidikan di Indonesia yang tidak akan maju, bahkan hal seperti ini yang membuat anak didik di sekolah semakin melonjak tidak ada hormat samasekali kepada guru. Walaupun ada, itupun 2 anak didik dari 1000 anak didik. Salam sukses dunia pendidikan Indonesia yang makin berkarakter.

tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*