Pendaftaran dan Penerimaan Taruna Sekolah Ikatan Dinas Lulus Langsung Kerja

Friday, March 3rd 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Pendaftaran dan Penerimaan Taruna Sekolah Ikatan Dinas Lulus Langsung Kerja. Pemerintah Indonesia untuk tahun 2017 ini sudah membuka pendaftaran dan penerimaan cloon murid untuk sekolah kedinasan. Tentunya adalah mereka yang termasuk ke dalam putra-putri terbaik yang sudah lulus SMA/K dan sederajat guna mengikuti tes dan seleksi calon taruna/i yang untuk sudah di buka di 8 sekolah kedinasan milik pemerintah Indonesia. Untuk waktu pendaftaran ke-8 sekolah kedinasan tersebut akan dibuka terlebih dahulu melalui jalur online secara serentak pada laman www.panselnas.id, besok tanggal 9 hingga 31 Maret 2017.

Pendaftaran dan Penerimaan Taruna Sekolah Ikatan Dinas Lulus Langsung Kerja, Sekolah Ikatan Dinas, Sekolah Kedinasan, Sekolah Kedinasan Indonesia, Sekolah D

Setiawan Wangsaatmadja selaku Deputi bidang SDM Aparatur KeMenPANRB mengatakan jika tahun 2017 ini total jumlah taruna/i yang akan diterima mencapai 8.348 orang. Jadi, kesempatan untuk menjadi taruna/i juga semakin lebar. Silahkan putra-putri terbaik bapak ibu untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan calon taruna/i sekolah ikatan dinas ini. Sekolah ikatan dinas ini nantinya setelah lulus juga langsung kerja dan menjadi abdi masyarakat.

Silahakan baca juga informasi menarik di bawah ini :

Sekolah ikatan dinas atau sekolah kedinasan di Indonesia
Sekolah kedinasan lulus lansung kerja
Informasi dana BOS
Informasi terbaik tenang Dapodik

Jumlah kuota total penerimaan taruna/i sekolah ikatan dinas untuk tahun 2017 ini memang bertambah. Itu karena memang beberapa sekolah ikatan dinas juga sudah mengajukan untuk menambah kuotanya ke pemerintah dan disetujui. Walaupun tidak semua sekolahikatan dinas menambah kuota penerimaan calon mahasiswa/taruna/i masing-masing. Hanya sekolah kedinasan tertentu saja yang menambah kuota taruna/i nya.

Untuk itu bagi yang ingin mendaftar di sekolah kedinasan milik pemerintah, supaya mulai saat ini dan sekarang juga sudah benar-benar mempersiapkan dirinya agar cermat dan juga menyiapkan syarat-syarat yang nantinya memang dibutuhkan untuk mendaftar ke sekolah ikatan dinas. Salah satu syaratnya adalah harus sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah tercantum pada KTP elektronik dan NIK tercantum pada Kartu Keluarga(KK). Dan tegas jika tidak sama diantara NIK di KTP dengan NIK di KK, langsung akan ditolak.

Ingat !!! pendaftar hanya dapat mendaftar di satu sekolah ikatan dinas saja. Tidak boleh double, jika diketahui akan langsung dicoret atau dikeluarkan atau ditolak. Karena berkas persyaratan semuanya harus asli dan valid. Karena pendaftaran dan penerimaan taruna sekolah ikatan dinas lulus langsung kerja untuk tahun ini akan sangat ketat peraturannya. Bahkan saingan calon taruna/i juga akan semakin ketat pula.

Seperti yang sudah berlangsung tahun 2016 lalu, setelah selesai pendaftaran melalui online di website www.panselnas.id, seleksi sekolah ikatan dinas selanjutnya akan dilakukan dengan cara bertahap di kementerian/lembaga kedinasan masing-masing. Terkadang alur seleksi satu sekolah ikatan dinas dengan sekolah kedinasan lainnya ada yang berbeda, ada sebelum atau sesudah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Tes (CAT).

Dan tentunya saat ini untuk penerimaan pendaftaran calon taruna/i sekolah ikatan dinas ada sedikit hal yang berbeda dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, karena mulai tahun 2017 ini pemerintah akan memungut biaya Rp 50.000 setiap peserta yang akan melaksanankan seleksi tes SKD dengan CAT. Yang memang sudah disesuaikan oleh PP No. 63/2016 mengenai jenis dan tarif PNBP yang suah berlaku di BKN.

Selain hal di atas, juga ada beberapa Sekolah Ikatan Dinas yang diperbolehkan untuk memungut biaya pendaftaran kepada calon mahasiswanya, yaitu STTD (Kemenhub), PKN STAN (Kemenkeu), STIS (BPS) dan STMKG (BMKG). Dan untuk teknisnya sudah diserahkan kepada masing-masing sekolah kedinasan tersebut.

Dan peserta yang nantinya dinyatakan lulus adalah peserta yang secara keseluruhan dapat melalui tahapan seleksi atau tes yang diberikan dengan nilai terbaik secara rangking. Dan untuk pengangkatan menjadi CPNS/PNS nantinya akan dilakukan setelah mahasiswa sudah dinyatakan lulus pendidikan dan memiliki ijazah dari sekolah kedinasan masing-masing yang akan diposisikan untuk menduduki pada jabatan tertentu dari usulan kementerian/lembaga sekolah masing-masing dan juga pemerintah daerah yang sudah melakukan seleksi putra/i daerahnya bagi lulusan STTD. Dan semua itu tentunya juga menyesuaikan formasi yang ada dari Menteri PANRB.

Sebaiknya masyarakat umum agar selalu berhati-hati terhadap kemungkinan adanya penipuan yang terkait dengan proses penerimaan calon siswa/taruna pada 8 sekolah ikatan dinas tersebut. Hindari calo dan yakinlah dengan kemampuan sendiri. Dampingi putra bapak ibu selama pendaftaran dan seleksi. Itu cuma saran saja, untuk prakteknya saya sendiri juga tidak tahu, karena kita masih hidup di Indonesia.

Cukup sekian informasi atau berita tentang pendaftaran dan penerimaan taruna sekolah ikatan dinas lulus langsung kerja untuk saat ini. Dan jika nantinya ada informasi mengenai hal yang sama dan update juga akan saya posting kembali di website resmi informasi dunia pendidikan Indonesia www.forumguruindonesia.com ini. Terimakasih dan salam sukses pendidikan Indonesia yang semakin berkarakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*