Panduan Verifikasi Pendaftaran Siswa Baru PPDB Online

Sunday, June 11th 2017. | Pendidikan

Panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online. Semakin maju dan berkembangnya teknologi di dunia ini juga sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Banyak sekali pendidikan cyber yang bermunculan.

Salah satu yang kita rasakan saat ini adalah pendaftaran online. Atau pendaftaran sekolah melalui media internet. Baik untuk jenjang SD, SMP, SMA/K, dan perguruan tinggi.

Untuk jenjang perguruan tinggi, mungkin sudah semua memberlakukan sistem pendaftaran online. Kalau untuk jenjang SD, SMP, dan SMA masih sekolah dengan kriteria tertentu yang sudah menerapkan pendaftaran online.

Karena jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA masih banyak juga yang di daerah ataupun di pelosok daerah. Inilah yang menjadikan belum semua sekolah memberlakukan sistem pendaftaran online.

Bisa juga karena memang masyarakat sekitar belum begitu menguasai teknologi. Atau belum mengenal sama sekali, karena wilayah Indonesia ini memang luas dan beragam.

Sebelum melakukan verifikasi pendaftaran siswa baru secara online, calon siswa harus terdaftar dahulu di sekolah pertama. Pastikan juga bahwa calon siswa benar-benar diterima di sekolah pilihannya.

Karena dalam siap PPDB online saat ini diharuskan untuk memilih dua pilihan sekolah ketika mendaftar. Pilihan utama dan pilihan kedua, untuk berjaga-jaga apabila tidak masuk kuota di sekolah pertama.

Apabila jika tidak lolos atau tidak masuk pada sekolah pilihan pertama, secara otomatis akan masuk di sekolah pilihan kedua. Dan verifikasi juga harus dilakukan di sekolah pilihan kedua.

(Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah PPDB Online)

Nantinya jika sudah terlanjur mengumpulkan berkas verifikasi di sekolah pertama, maka operator sekolah pertama yang akan menyerahkan berkas verifikasi tersebut ke sekolah kedua.

Jika masih bingung juga tentang bagaimana cara verfikasi pendaftaran siswa baru online, silahkan dibaca hingga akhir. Karena di bawah ini akan saya berikan panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online.

Berikut panduan verifikasi pendaftaran ppdb online secara singkat. Berlaku untuk semua daerah, karena menggunakan satu sistem dari hasil kerjasama kemendikbud dan PT Telkom Indonesia.

Siswa menyerahkan Lembar Bukti Pendaftaran Online kepada operator sekolah yang menjadi tujuan pertama siswa untuk dilakukan proses verifikasi dan validasi pendaftaran dengan membawa berkas kelengkapan pendaftaran.

Berikut langkah-langkah verifikasi pendaftaran oleh Operator Sekolah

1. Masuk ke laman operator di https://operator.demo.siap-ppdb.com/semarangkab/ login dengan email dan password operator sekolah.

Panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online

2. Pada menu Pengajuan pilih Verifikasi Pendaftaran Gabungan.
Panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB

3. Pada halaman selanjutnya, masukkan Nomor Peserta dan Kode Verifikasi sesuai dengan hasil Cetak Bukti Pendaftaran yang diberikan oleh Siswa. Lalu klik Lanjut.
Panduan verifikasi pendaftaran siswa baru online

4. Selanjutnya pada halaman Pengecekan Ulang klik tombol Setujui Pendaftaran.
verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online

5. Langah Selanjutnya, klik Cetak Bukti Verifikasi Pendaftaran Siswa dengan meg-klik Cetak Bukti.
Panduan  PPDB online

6. Hasil Cetak Bukti Verifikasi.
 pendaftaran siswa baru PPDB online

Berikan tanda bukti verifikasi kepada siswa yang bersangkutan untuk dilakukan pengecekan pengumuman secara real-time. Melihat jurnal penerimaan sekolah, baik di internet maupun di sekolah.

Jurnal penerimaan sekolah juga akan dicetak dan di tempelkan di papan informasi sekolah. Jadi calon siswa selalu dapat melihat dan memantau nomor pendaftarannya.

Selain dapat melihat jurnal penerimaaan sekolah melalui internet. Calon siswa dapat mengikuti jurnal penerimaan sekolah melalui gadget mereka yang sudah online.

(PANDUAN MENDAFTAR SEKOLAH PPDB ONLINE LENGKAP)

Dalam siap ppdb online akan serentak dimulai besok pada tanggal 19 hingga 22 juni 2017. Secara otomatis sistem akan tertutup pada tanggal 22 juni 2017 pukul 10.00 wib (kabupaten semarang).

Oleh karena itu bagi calon siswa yang tidak masuk sekolah pertama, harus cabut berkas maksimal pukul 08.00 wib. Untuk dapat mendaftar di sekolah lain, atau mungkin sudah masuk pada sekolah pilihan kedua.

Jika calon siswa masuk pada sekolah pilihan kedua, maka verifikasi dilakukan oleh operator sekolah kedua tersebut. Berkas yang sudah ada di sekolah pilihan pertama akan dikirimkan ke sekolah pilihan kedua oleh operator.

(Pesan Kamar Hotel Online)

Lebih lengkapnya tentang Panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online, silahkan di download di sini.

Beberapa pargraf di atas tentang panduan verifikasi pendaftaran siswa baru PPDB online untuk kita semua. Ini berlaku untuk semua daerah di Indonesia. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih.

tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*