Panduan Pendataan Prestasi Siswa Dalam PPDB Online

Sunday, June 11th 2017. | Pendidikan

Panduan pendataan prestasi siswa dalam PPDB online. Pastinya setiap calon siswa baru itu banyak sekali yang berbeda-beda nilainya. Ada yang murni dan ada yang memiliki tambahan poin.

Jika calon siswa hanya memberikan hasil nilai murni Ujian Nasional saja, maka tidak perlu dilakukan pendataan prestasi siswa. Apabila terdapat siswa berprestasi lainnya, itu akan mendapatkan tambahan poin.

Misalkan saja calon siswa tersebut memiliki piagam atau sertifikat kejuaraan yang berbobot. Atau mungkin juga seorang anak PNS, TNI, Polri, dan pejabat. Tentunya akan memiliki poin tersendiri.

Fungsi daripada poin itu adalah untuk ditambahkan pada nilai hasil Ujian Nasional ketika mendaftar sekolah. Baik mendaftar sekolah secara manula ataupun melalui siap ppdb online.

Apabila calon siswa memiliki piagam internasional yang valid, langsung saja diterima. Itu merupakan instruksi dari dinas pendidikan setempat.

Untuk piangam setingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, dan nasional silahkan ditambahkan dengan poin yang sudah ditentukan.

Didalam siap ppdb online, pendataan prestasi siswa ini juga sudah terintegrasi dengan poin. Operator tinggal memasukkan jenis piagamnya saja, maka nilai akan otomatis ditambahkan.

Untuk diingat kembali bahwa jadwal ppdb 2017/2018 adalah 19 juni sampai 22 juni 2017. Pendaftaran online akan ditutup otomatis pukul 10 pagi tanggal 22 juni 2017.

(Panduan Verifikasi Pendaftaran Siswa Baru PPDB Online)

Walaupun ini saya contohkan untuk ppdb online smp, akan tetapi secara garis besar sama dengan pendaftaran SD dan SMA/k. Karena memang sudah dibuat demikian oleh pihak Telkom dan Kemendikbud RI.

Kembali lagi pada pokok bahasan tentang panduan pendataan prestasi siswa dalam siap ppdb online. Bahwa calon siswa yang memiliki piagam / sertifikat / prestasi juara akan ditambahkan nilai poin tersendiri.

Lebih jelasnya mengenai panduan pendataan prestasi siswa dalam PPDB online ini, akan saya coba berikan secara mudah dan jelas. Silahkan dibaca dengan teliti panduan berikut.

Panduan Pendataan Prestasi Siswa

Untuk calon siswa (pendaftar) yang memiliki piagam/sertifikat prestasi/juara dapat dilakukan pendataan prestasi untuk menambah nilai dari siswa yang bersangkutan. Berikut ini langkahnya.

1. Masuk ke halaman operator sekolah di https://operator.demo.siap-ppdb.com/semarangkab/ login dengan email dan password operator sekolah.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online

2. Masuk ke menu Pendataan lalu pilih Pendataan Prestasi.
Panduan Pendataan Prestasi Siswa Dalam PPDB Online

3. Isikan Nomor Peserta yang akan dilakukan pendataan prestasi pada kolom yang telah tersedia. Lalu klik Lanjut.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online_2

4. Pada halaman selanjutnya, terdapat kolomĀ  Formulir Data Prestasi Siswa, isikan sesuai dengan prestasi siswa yang bersangkutan. Simpan dan lalu pilih Lanjut.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online_3

5. Setelah data prestasi dimasukkan otomatis akan mendapatkan nilai skor prestasi. Lalu klik Simpan.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online_4

6. Pada halaman selanjutnya, pilih Cetak Bukti.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online_5

7. Hasil Cetak Bukti Prestasi.
Panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online_6

Apabila ditemukan nilai poin yang tidak sesuai, operator dapat membatalkannya. Begitupun juga dengan calon siswa. Calon siswa dapat komplain langsung ke sekolah (operator/ admin ppdb online).

(Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah PPDB Online)

Karena yang berhak edit data pada siap ppdb online adalah hanya operator dan admin sekolah. Calon siswa sepertinya belum dapat edit data yang sudah masuk dalam database siap ppdb online.

Untuk itu disarankan agar calon siswa selalu melihat jurnal pendaftaran secara real time. Agar nantinya jika terdapat kekeliruan input data dapat segera terselesaikan masalahnya.

Karena mengenai tambahan poin walaupun hanya 1 poin saja misalnya, itu merupakan vital bagi calon siswa yang mendaftar. Apalagi jika calon siswa memiliki poin lebih dari 2.

Inilah fungsinya pendataan prestasi calon siswa dalam siap ppdb online. Selalu lakukan kroscek dengan operator atau admin sekolah ketika ditemukan kekeliruan data pendaftaran.

(PANDUAN MENDAFTAR SEKOLAH PPDB ONLINE LENGKAP)

Calon siswa juga harus secepatnya melaporkan kepada sekolah ketika ada kekeliruan data pribadinya. Operator segera merespon dengan merubah sesuai berkas yang diterima.

Silahkan download panduan pendataan prestasi siswa di PPDB online dalam bentuk file pdf di sini.

Demikianlah informasi tentang panduan pendataan prestasi siswa dalam PPDB online yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Terimakasih dan salam sukses.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*