Panduan Menambahkan Operator dan Admin Baru SIAPKU PPDB Online

Sunday, June 11th 2017. | Pendidikan

Panduan menambahkan operator dan admin baru SIAPKU PPDB online. Dalam siapku.com ppdb online saat ini memang perlunya operator dan admin ppdb online. Selaku pengelola dan pemantau data calon siswa yang mendaftarkan diri.

Seorang admin dalam siapku.com ppdb online bertugas memantau dan membantu pendataan calon siswa baru. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat.

Dan operator bisa di tambahkan lebih dari 2 orang. Silahkan menambahkan operator ppdb online sesuai dengan kondisi sekolah dan calon siswa. Jika yang mendaftar banyak, lebih baik operator juga lebih dari dua.

Antara admin dan operator harus saling kerjasama dalam siapku.com ppdb online ini. Supaya terjadi keselarasan data calon siswa yang mendaftar.

Awalnya seorang admin pendaftaran sekolah ppdb online hanya bertugas memantau saja. Namun, melihat kondisi dan situasi yang bereda akhirnya kepala dinas juga mengharuskan admin untuk andil dalam ppdb online.

Contoh yang akan saya pakai di sini adalah sekolah tempat saya mengabdi. Dengan kuota penerimaan calon siswa baru onkline hanya 200 anak. Untuk admin ppdb online masih satu orang.

Sedangkan operator ppdb online ditugaskan empat orang. Jadi masing-masing operator mendata dan mengelola 50 calon siswa baru dalam siapku ppdb online.

Entah bagaimana nanti pembagiannya, yang penting dengan pembagian seperti itu tidak akan memberatkan pekerjaan. Bayangkan saja jika operator hanya dipegang oleh satu orang saja.

(Panduan Pendataan Prestasi Siswa Dalam PPDB Online)

Masing-masing tugas dan fungsi antara operator ppdb online dan admin ppdb online sudah tertera di atas. Mungkin juga dapat ditambahkan tugas dan tanggung jawab sesuai keadaan masing-masing sekolah.

Khusus kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial cara menambahkan operator ataupun admin baru. Berikut adalah cara atau panduan menambahkan operator dan admin baru SIAPKU PPDB online.

Panduan menambahkan operator dan admin baru siapku.com ppdb online. Admin dan operator sekolah dapat ditambahkan dengan masuk ke laman www.siapku.com dengan menggunakan email dan password akun institusi masing-masing.

1. Login pada https://paspor.siap-online.com/cas/login  masukkan email dan password institusi lalu klik Masuk.
Panduan menambahkan operator dan admin baru siapku PPDB online

2. Akan muncul laman baru, geser kursor kebawah. Terdapat menu Layanan Nilai Tambah, lalu klik PPDB.
cara menambahkan operator dan admin baru siapku PPDB online

3. Muncul laman Admin Institusi Sekolah, lalu pilih Menu Operator – Klik pada sub menu Tambah Operator.
Panduan menambahkan operator dan admin baru PPDB online_2

4. Lalu Masukkan Email yang akan didaftarkan sebagai Admin atau Operator Sekolah masing-masing. Pastikan email yang dimasukkan sesuai dan benar. Lalu klik Lanjut.
 menambahkan operator dan admin baru PPDB online_3

5. Isikan Nama Lengkap dan pilih Jenis Operator yang akan ditambahkan serta pilih Lokasi Tugas sesuai dengan sekolah masing-masing. Lalu klik Lanjut.
Panduan menambahkan operator dan admin baru PPDB online_4

6. Pada laman selanjutnya klik Simpan.
Panduan menambahkan operator dan admin baru PPDB online_5

7. Lalu pada laman selanjutnya klik Cetak Surat.
Panduan menambahkan operator dan admin baru PPDB online_6

8. Selanjutnya akan muncul lembar siap print out berisi kode aktivasi yang akan digunakan untuk proses aktivasi operator/admin.
Panduan menambahkan operator dan admin baru PPDB online_7

9. Serahkan hasil Cetak Surat Pemberitahuan kepada operator/admin baru yang bersangkutan.

Seorang operator ppdb online siapku.com juga nantinya akan mengelola data verifikasi dari siswa. Biasanya bukti verifikasi akan diberikan kepada siswa kembali setelah distempel sekolah.

(Panduan Verifikasi Pendaftaran Siswa Baru PPDB Online)

Tentunya jika calon siswa dinyatakan diterima disekolah pilihan yang pertama. Jika tidak diterima disekolah pilihan pertama, verifikasi dilakukan oleh operator sekolah pilihan kedua.

Berkas-berkas calon siswa yang sudah terlanjur dikumpulkan di sekolah pertama akan dikirimkan ke sekolah yang kedua. Tugas ini menjadi tanggung jawab operator dan admin sekolah ppdb online.

Untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA/K alur verifikasi ppdb online juga sama. Cara menambahkan admin dan operator baru di siapku.com ppdb online juga sama.

Jadi, panduan cara menambahkan admin dan operator ppdb online ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan. Karena masih dalam satu sistem dari Telkom yang sudah terintegrasi dengan kemendikbud.

(PANDUAN MENDAFTAR SEKOLAH PPDB ONLINE LENGKAP)

Bagi bapak ibu admin sekolah ppdb online yang membutuhkan file pdf panduan menambahkan operator baru dan admin baru ppdb online ini silahkan download di sini.

Demikian sedikit informasi dari saya tentang panduan menambahkan operator dan admin baru SIAPKU PPDB online. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi Anda yang bertugas sebagai panitia PPDB online.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*