Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah PPDB Online

Sunday, June 11th 2017. | Pendidikan

Panduan aktifasi operator dan admin pendaftaran sekolah PPDB online. Dalam sistem pendaftaran siswa baru online, yang sangat berperan adalah admin dan operator sekolah. Juga tim kepanitiaan PPDB online.

Admin dan operator pendaftaran siswa baru online biasanya akan ditunjuk oleh kepala sekolah dan dinas setempat. Dalam contoh kali ini adalah saya sendiri sebagai operator PPDB online.

Dalam satu kepanitiaan pendaftaran siswa baru online ada admin dan operator PPDB online. Masing-masing mempunyai tugas dan kewajiban yang berbeda sesuai SK admin dan SK operator PPDB online dari dinas.

Operator PPDB online dapat melakukan verifikasi berkas calon siswa yang mendaftar. Mencetak kartu verifikasi dari calon siswa baru yang mendaftar online. Dan beberapa fungsi lainnya sesuai SK operator dari dinas.

Sedangkan admin PPDB online umumnya memantau database calon siswa baru yang mendaftar online. Dan melakukan edit data jika terjadi kekeliruan. Juga koordinasi dengan panitia serta operator PPDB online.

Dalam kenyataanya sekolah dengan kuota minimal 200 siswa baru yang diterima, minimal 4 operator. Untuk admin cukup 1 orang saja, kepala TU atau yang ditunjuk oleh dinas.

Karena dalam sistem PPDB online, semuanya sudah langsung dapat dipantau oleh dinas. Jadi memang lebih baik jika operator dan admin PPDB online ditunjuk oleh dinas setempat.

Disarankan juga yang ditunjuk sebagai operator dan admin PPDB online lebih baik adalah yang mengenal IT. Yaitu orang yang dapat menggunakan internet dan mampu mengoperasikan komputer.

(PANDUAN MENDAFTAR SEKOLAH PPDB ONLINE LENGKAP)

Dan sebab itu saya akan memberikan pada bapak ibu cara atau panduan aktifasi operator dan admin pendaftaran sekolah PPDB online. Tentunya sebelumnya harus mendaftar dahulu sebagai admin atau operator PPDB online.

Setelah admin institusi sekolah mendaftarkan operator atau admin baru, paastikan untuk segera aktifasi akun juga. Pastikan juga email sudah terdaftar di siapku.com.

Selengkapnya tentang cara panduan aktifasi operator atau admin sekolah dalam PPDB online. Silahkan dibaca dan disimak dengan ihklas.

1. Langkah pertama, login pada https://paspor.siap-online.com/cas/login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebagai admin/operator sekolah tersebut.
Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah PPDB Online

2. Selanjutnya, pada halaman Dasbor Layanan pilih PPDB.

Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah PPDB

3. Masukkan kode aktivasi yang terdapat pada lembar Surat Pemberitahuan Aktivasi Layanan yang telah diberikan kepada operator. Lalu klik Kirim.
Panduan Aktifasi Operator dan Admin Pendaftaran Sekolah online

4. Setelah melakukan aktivasi Akun, maka akan muncul halaman Kelola Akun Admin/Operator layanan PPDB Online seperti pada gambar berikut ini. Dengan demikian, akun operator sudah aktif dan bisa digunakan.
Panduan Aktifasi Operator Pendaftaran Sekolah PPDB Online

Dengan empat langkah di atas operator dan admin PPDB online sudah dapat aktifasi akunnya. Karena jika belum melakukan aktifasi akun operator dan admin sekolah, tidak akan dapat digunakan.

Untuk itu ketika selesai mendaftar sebagai operator atau admin PPDB online segeralah melakukan aktifasi akun Anda. Agar dapat melakukan pekerjaan selanjutnya terkait prosedur pendaftaran siswa baru online.

Dihimbau juga agar operator dan panitia PPDB online dapat menyediakan tempat dan alat dalam PPDB online. Untuk jaga-jaga bagi mereka yang belum mempunyai media untuk mendaftar.

Karena seperti di daerah pinggiran atau pelosok yang sudah melaksanakan pendaftaran siswa baru online, tidak semuanya mampu dan mempunyai untuk mendaftar.

(Promo 2 Tiket Pesawat Gratis Di Air Asia)

Bagi operator dan admin sekolah dalam PPDB online tentunya sudah siap akan prosedur dan sistemnya. Bentuklah kerjasama tim PPDB online yang sudah pasti siap bekerja.

Pastikan juga bahwa tim panitia PPDB online juga sehat dan fit semua ketika melaksanakan PPDB online. Selamat bekerja dan mengabdi menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.

Silahkan bapak ibu dan rekan operator dapat download Panduan Aktifasi Operator dan Admin Sekolah PPDB Online di sini.

Demikian informasi dari saya tentang panduan aktifasi operator dan admin pendaftaran sekolah PPDB online. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses dan majulah pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*