Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Sangat Penting ?

Sunday, January 15th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Mengapa pendidikan anak usia dini sangat penting ? Pendidikan usia dini bagi anak memang sangat penting untuk membentuk ahklak dan karakter bagi pribadi masing-masing anak. Selain itu juga dapat untuk memberikan jalan keluar untuk menunjukkan bakat yang dimiliki oleh setiap anak. Dengan pendidikan anak usia dini dapat menyalurkan bakat dan kemampuan dari anak.

Mengapa pendidikan anak usia dini sangat penting ? Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Islam, pentingnya pendidikan anak usia dini dalam membangun masa depan bangsa, makalah pentingnya pendidikan anak usia dini, pentingnya paud menurut para ahli, pendidikan anak usia dini adalah, pentingnya pendidikan anak usia dini pdf, pengertian pendidikan anak usia dini, kurikulum pendidikan anak usia dini, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, pentingnya pendidikan anak usia dini, pengertian pendidikan anak usia dini, pendidikan anak usia dini dalam islam, makalah pendidikan anak usia dini, pendidikan anak usia 2 tahun, pendidikan anak usia dini menurut para ahli, definisi anak usia dini menurut para ahli

Dalam proses pendidikan anak usia dini, anak-anak dapat membuat kontak dan bersosialisasi dengan rekan-rekan mereka dan memperoleh keterampilan sosial pertama. Selain juga dapat membantu orang tua mendapatkan kesempatan untuk meniti ke karir mereka, khususnya bagi orang tua karir yang setiap harinya menitipkan anak di penitipan yang dilengkapi dengan playgroup atau tempat bermain dan belajar bagi si anak.

Mengapa pendidikan anak usia dini sangat penting ? Salah satunya adalah pendidikan dengan bermain sangat disukai oleh anak yang dapat dilaksanakan hingga usia enam tahun atau masuk sekolah dasar. Saat ini di Indonesia, pentingnya pendidikan anak usia dini juga sudah menjadi sorotan. Pendidikan anak usia dini ini nantinya diharapkan dapat menetapkan landasan bagi pendidikan berikutnya dan perkembangan anak yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau menampilkan kompetensi yang dimiliki dalam karir pendidikan hingga nantinya dapat meraih sukses baik di sekolah maupun dunia kerja.

Baca juga artikel dan video tentang pendidikan anak usia dini yang sudah saya sertakan dalam artikel sebelumnya, silahkan bapak ibu klik di SINI.

Beberapa ahli pendidikan anak usia dini berpendapat bahwa Indonesia memiliki konsep yang luar biasa dalam hal menggabungkan pendidikan dan perawatan, tetapi bahwa dalam banyak kasus ini tidak diterapkan dengan benar. Di Indonesia, pendidikan anak usia dini umumnya dapat berlangsung terutama dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Perawatan di playgroup
  2. Perawatan di TK
  3. Penawaran prasekolah
  4. Perawatan anak di sekolah

Dari beberapa poin di atas, umumnya dapat kita temukan di bidang pusat penitipan anak yang mempunyai fasilitas dalam merawat dan mendidik dengan bermain untuk balita. Indonesia juga mampu menghadirkan penilaian yang positif, lebih dari 80% anak-anak Indonesia sudah dapat merasakan pendidikan di TK.

Area Penting Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam rangka menjalankan dan melaksanakan pendidikan anak usia dini, kombinasi perawatan, dan pendidikan yang berlangsung. Berdasarkan temuan empiris dari empat bidang yang sangat penting bagi perkembangan anak dan yang sangat menentukan kualitas bagi individu anak, terdapat empat poin utama yang harus diberikan perhatian khusus, yaitu :

  1. Bahasa dan komunikasi
  2. Hubungan emosional dan sosial
  3. Gerakan dan
  4. Bermain, desain dan percobaan

Melalui beberapa poin di atas, anak-anak akan dapat belajar tentang dunia di lingkungan mereka, belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan, membangun hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar mereka dan menumbuhkan pengetahuan keterampilan mereka dan mendapatkan kesadaran tubuh mereka sendiri dan orientasi dalam ruang. Dan yang tidak kalah penting bahwa anak-anak selalu dipromosikan sesuai dengan usia dan perkembangan mereka. Itulah sedikit coretan tentang mengapa pendidikan anak usia dini sangat penting ? Yang dapat saya berikan kepada Anda. Untuk makalah tentang pendidikan anak usia dini akan kami coba bahas di lain kesempatan. Terimakasih dan salam sukses pendidikan Indonesia.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*