Mendikbud Muhadjir Effendy Ngeyel Akan Menghapus Ujian Nasional (UN) !!

Thursday, December 8th 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Mendikbud Muhadjir Effendy Ngeyel Akan Menghapus Ujian Nasional (UN) !! Kalau memang UN resmi dihilangkan, akan jadi ini adalah awal dari pembodohan penerus bangsa Indonesia ini. (Mendikbud) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sudah ditolak usulannya oleh Presiden RI Joko Widodo tentang penghapusan Ujian Nasional (UN) dang menggantinya dengan USBN. Akan tetapi Mendikud juga masih ngotot juga untuk menghapus Ujian Nasional dengan sistem lainnya (Intinya UN ingin dihapus), yaitu dengan mengajukan 3 pilihan tentang pengganti UN, adalah yang pertama UN akan tetap dihapus dari sistem pendidikan di Indonesia, yang kedua beliau ingin menghentikan sementara Ujian Nasional sejak 2017 sampai batas waktu yang belum ditentukan, yang ketiga beliau inginnya tetap melaksanakan Ujian Nasional dengan teknis pelaksanaan diserahkan penuh kepada daerah.

Mendikbud Muhadjir Effendy Ngeyel Akan Menghapus Ujian Nasional (UN) !!

Mendikbud Muhadjir Effendy

Dari 3 poin diatas adalah intinya UN di hapus dari sistem pendidikan kita. Ini namanya pembodohan generasi penerus bangsa Indonesia. Entah apa yang ada di benak bapak Mendikbud saat ini. Bangsa Indonesia belum siap dengan sistem pendidikan seperti itu, janganlah membandingkan sistem pendidikan negara kita dengan sistem pendidikan negara yang sudah maju di luar sana. Lihat dulu apakah rakyat Indonesia sudah siap betul apa belum dengan diterapkannya sistem pendidikan seperti yang Mendikbud inginkan.

Khusus untuk pilihan ke-3, Ujian Nasional setingkat SMA dan sederajat direncanakan akan ditangani oleh pemerintah provinsi secara penuh, dan untuk tingkat SD, SMP, dan sederajat akan diserahkan kepada pemerintah kab./kota. Akan tetapi, ketiga pilihan yang diusulkan Mendikbud terhadap Presiden JokoW tersebut harus dibahas bersama dalam rapat kabinet yang terbatas nantinya, sebelum diputuskan kembali oleh Presiden Joko Widodo.

Sudah tuntas kajiannya, dan kami rencana (UN) dimoratorium. Sudah diajukan ke Presiden dan menunggu persetujuan Presiden,” ucap Mendikbud Muhadjir.

Mendikbud Muhadjir Effendy beralasan ngotot untuk moratorium Ujian Nasional dengan alasan bahwa saat ini Ujian Nasional fungsinya hanya untuk pemetaan dan tidak menjadi acuan untuk kelulusan peserta didik. Dengan salah satu alasan tersebutlah yang kemudian pihak Kemendikbud menginginkan evaluasi dan pembelajaran bagi peserta didik menjadi hak dan wewenang guru di sekolah masing-masing, kolektif ataupun pribadi.

Dengan begitu negara hanya penuh dalam pengawasan dan membuat regulasi yang pasti secara merata agar standar nasional Indonesia dapat diterapkan di setiap sekolah dengan benar. Sepertinya wacana moratorium Ujian Nasional itu telah menyesuaikan dengan peralihan kewenangan pengelolaan dan manajemen sekolah dari pusat kepada pemerintah daerah.

Jadi nanti untuk evaluasi nasional itu, SMA/SMK serahkan ke provinsi masing-masing, untuk SD dan SMP diserahkan ke kabupaten atau kota,” kata Mendikbud.

Beberapa hari yang lalu memang bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menyatakan bahwa pemerintah menolak dan tidak setuju dengan wacana atau usulan moratorium (UN) Ujian Nasional tersebut. Alasan ditolaknya moratorium UN tersebut adalah bahwa UN masih dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan juga untuk pemerataan pendidikan di Indonesia.

Usulan moratorium itu tidak disetujui tapi diminta kaji ulang. Tanpa UN bagaimana kita bisa mendorong pendidikan dan apa acuannya antar daerah,” ucap Wapres Jusuf Kalla ketika di Jakarta, hari rabu (7-12-2016) dalam menanggapi hasil sidang dan rapat paripurna tentang Ujian Nasional.

“Jadi usulan tadi tidak diterima tapi dikaji lebih dalam lagi untuk memperbaiki mutunya,” tandas Wapres.

Jadi, bagaimanakah menurut bapak ibu semua ? Apakah setuju dengan wacana tersebut ? Berikanlah tanggapan dan komentar pendapat Anda pada kolom komentar di bawah, silahkan share juga ke kawan-kawan Anda. Terimakasih.

By Admin : Wong Sendangserut City, Ngarep SMP N 1 Pringapus.

tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*