Juknis PPDB 2018 Kemendikbud – Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Wednesday, May 23rd 2018. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Juknis PPDB 2018 Kemendikbud – Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Download Juknis PPDB 2018/2019, bahkan juga dapat mengunduh juknis PPDB online.

Pemerintah sudah mengeluarkan Juknis untuk PPDB TK SD SMP SMA/SMK Sederajat. Melalui Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru.

Permendikbud nomor 14 ini terbit sebagai ganti dari Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. Karena permendikbud nomor 17 sepertinya sudah tidak cocok dengan kemajuan layanan dunia pendidikan Indonesia.

Menurut Petunjuk Teknis PPDB TK SD SMP SMA/SMK Sederajat Tahun 2018. PPDB tahun 2018/2019 memiliki tujuan menjamin diterimanya peserta didik baru.

Selain itu, proses PPDB Online 2018 juga harus berjalan objektif, akuntabel, transparan, adil, dan nondiskriminatif. Demi terciptanya akses layanan pendidikan yang maju.

Tapi, Nondiskriminatif juga dapat fleksible. Karena memang masih ada sekolah yang khusus mendidik peserta didik dari situasi dan kondisi tertentu.

Cara Pendaftaran Sekolah PPDB Online 2018/2019

Jadwal, Waktu, dan Mekanisme PPDB tahun pelajaran 2018/2019 sudah diatur dalam pasal 3 dan 4. Yaitu dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018, Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK SD SMP SMA/SMK Sederajat.

Isi yang tertuang dalam Pasal 3 antara lain dinyatakan :

1) Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melaksanakan PPDB dimulai pada bulan Mei setiap tahun.

2) Proses pelaksanaan PPDB dimulai dari tahap pengumuman secara terbuka penerimaan calon peserta didik baru pada Sekolah yang bersangkutan sampai dengan tahap penetapan peserta didik setelah proses daftar ulang.

3) Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB paling sedikit terkait :

a. persyaratan;
b. proses seleksi;
c. daya tampung berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai rombongan belajar;
d. biaya pungutan khusus untuk SMA/SMK/bentuk lain yang sederajat bagi daerah yang belum menerapkan wajib belajar 12 (dua belas) tahun; dan
e. hasil penerimaan peserta didik baru melalui papan pengumuman Sekolah maupun media lainnya.

Berikutnya tertulis bahwa PPDB dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring), atau luar jaringan (luring).

Tapi didalam pelaksanaan proses PPDB, sebuah sekolah ternyata hanya dapat menggunakan salah satu dari mekanisme di atas.

Tapi proses Pelaksanaan PPDB disarankan untuk menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring). Bila tidak dapat seperti daring, maka pelaksanaannya menggunakan mekanisme luar jaringan (luring).

Pada Juknis PPDB TK SD SMP SMA/SMK Sederajat (Kemendikbud) Tahun 2018/2019 yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK SD SMP SMA SMK dan Sederajat, dinyatakan bahwa Persyaratan Penerimaan Siswa Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan calon peserta didik baru pada TK atau bentuk lain yang sederajat adalah :

a. berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan (dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.)

b. berusia 5 (lima) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun untuk kelompok B.

2) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat, berusia :

a. 7 (tujuh) tahun; dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.

b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Khusus SD, Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Juknis PPDB 2018 Kemendikbud - Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Untuk lebih jelasnya terkait Juknis PPDB 2018 Kemendikbud – Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, silahkan diunduh di SINI, dalam bentuk file .pdf.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat admin bagikan, semoga juknis ppdb tersebut dapat berguna bagi kita semua. Karena setelah lebaran tahun 2018 ini, pastinya sudah memasuki musim pendaftaran sekolah.

Download Juknis PPDB 2018 Kemendikbud – Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada link di atas.

Terimakasih.

Jangan lupa untuk membaca info top lainnya tentangĀ 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini

tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*