Jadwal Puasa Ramadhan 2017

Wednesday, May 17th 2017. | Pendidikan

Jadwal puasa ramadhan 2017 ini telah resmi di rilis oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini yang berkepentingan dan berkewajiban untuk menentukan jadwal puasa ramadhan dan jadwal imsyak adalah departemen agama. Mengenai hal itu mari kita baca beberapa hal yang berhubungan dengan puasa ramadhan 2017 ini.

Jadwal Puasa Ramadhan 2017

Berdasarkan keputusan dan hasil sidang isbat Muhammadiyah dengan NU akhirnya mencapai keputusan yang sama. Karena ditemukan perhitungan hisab yang sama. Tentunya dengan kebersamaan ini antara Muhammadiyah dan NU akan melakukan hari kemerdekan idul fitri bersama pula

Seperti kita ketahui bahwa kalau saja antara NU dan Muhammadiyah masih terjadi perbedaan dalam menentukan hasil hisab dan menentukan jadwal puasa. Maka yang paling terasa adalah rakyat menengah ke bawah. Ekonomi dan sosial pasti bergejolak kembali.

(Edaran Usulan Kenaikan Pangkat dan Usulan Jabatan Fungsional Guru)

Dalam menentukan awal puasa bulan Ramadhan, di negara kita ini digunakan 2 cara perhitungan. Yaitu yang pertama adalah metode hisab hakiki wujudul hilal dan yang kedua adalah metode hisab hakiki wujudul hilal. Biasanya metode yang pertama sering digunakan oleh ormas dan muhammadiyah.

Sedangkan metode rukyatul hilal biasa digunakan oleh warga NU, pemerintah, dan NU. Metode perhitungan dan derajatnyalah yang membedakan antara kedua metode tersebut.

Kedua metode untuk menentukan jadwal awal puasa ramadhan tersebut memang benar semuanya. Jadi, jangan saling menyalahkan dan saling membenarkan. Apalagi merendahkan yang lain, jangan ya bapak ibu.

Dan berikut adalah jadwal puasa ramadhan 2017 NU dan Muhammadiyah jatuh pada hari sabtu tanggal 27 mei 2017. Ini artinya 1 ramadhan 1438 H jatuh pada hari sabtu 27 mei 2017 tersebut berdasarkan keputusan bersama.

  1. Awal puasa Muhammadiyah : Sabtu, 27 Mei 2017
  2. Jadwal puasa NU : Sabtu, 27 Mei 2017
  3. Puasa Kemenag RI / Pemerintah (Sidang Isbat) : Sabtu, 27 Mei 2017

Pada puasa ramadhan tahun lalu untuk memulai awal puasa kita harus menunggu dan standby di depan televisi menunggu hasil sidang isbat. Akan tetapi nampaknya tahun 2017 ini tidak akan seperti itu. Karena sudah ditemukan hasil yang sama pada perhitungan dengan metode yang berbeda.

(Kalau Ingin Kaya Jangan Jadi PNS)

1 Ramadhan 1438 Hijriah sepertinya tetap akan jatuh pada hari sabtu tanggal 27 mei 2017 ini. Sepertinya ini akan menjadi bulan suci ramadhan yang ramai dengan hari raya bersama pula.

Sedikit kita membahas tentang imsak atau imsakiyah, yaitu batasan kita berhenti makan dan minum sahur untuk memulai berpuasa di pagi hari. Imsak atau imsakiyah diambil dari bahasa arab, amsaka yumsiku imsak.

Imsakiyah mempunyai arti menahan. Jadi waktu imsakiyah adalah waktu dimana orang yang berpuasa akan berhenti dan menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasanya.

Sebenarnya ketika waktu sudah imsak, akan tetapi belum subuh, masih diperbolehkan makan dan minum. Arti lain dari imsakiyah yaitu kehati-hatian dan peringatan.

Berdasarkan istilahnya, puasa yaitu menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari bersamaan niat dan syarat tertentu. Sedangkan menurut bahasa, puasa adalah menahan.

(Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Format Excel Terbaru)

Puasa wajib (Ramadhan, Nazar, dan puasa kifarat). Tujuan utama dari puasa yaitu membuat orang lebih beriman dan bertaqwa. Hikam puasa, agar yang berpuasa itu juga merasakan penderitaan orang lain (orang miskin berkekurangan), menumbuhkan jiwa lebih sosial (menyantuni orang yang membutuhkan).

Ketahui juga syarat wajib puasa, yaitu :

  1. Islam
  2. Baligh (Cukup umur)
  3. Berakal (Tidak gila)
  4. Kuat berpuasa (lanjut usia dan orang sakit tidak wajib berpuasa)

Sedangkan syarat sah puasa yaitu :

  1. Islam
  2. Mumayyiz (dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk)
  3. Suci dari haid dan nifas (wajib mengkodho, selama hari tidak puasa)

Rukun puasa yaitu :

  1. Niat (diucapkan pada malam dan pagi harinya)
  2. Dapat menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

(Kalender Pendidikan 2017/2018 Lengkap Hari Libur)

Penting untuk diketahui juga beberapa hal yang dapat membatalkan puasa adalah :

  1. Sengaja makan dan minum
  2. Muntah di sengaja
  3. Berhubungan suami istri di siang hari (cara menggantinya adalah dengan membayar kifarat, yaitu berpuasa selama dua bulan berturut-turut)
  4. Haid/nifas
  5. Gila

Selain beberapa ketentuan berpuasa di atas, seseorang yang sedang menjalankan puasa ramadhan juga dapat atau diperbolehkan berbuka puasa lebih awal. Khususnya adalah untuk orang-orang berikut ini.

  1. Sakit parah
  2. Bepergian jarak jauh
  3. Orang yang lemah dan tua dengan sakit menahun
  4. Wanita hamil dan ibu menyusui (Takut jika terjadi apa-apa dengan dirinya serta anak yang sedang dikandungnya)

Untuk itu admin sertakan juga file excel jadwal puasa ramadhan 2017 yang dilengkapi dengan jadwal imsakiyah juga untuk beberapa kota di Indonesia. Silahkan bapak ibu unduh filenya di alamat berikut.

Unduh jadwal puasa ramadhan dan imsakiyah 2017

Silahkan bapak ibu ketik kota atau edit sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Demikian bapak ibu tentang informasi jadwal puasa ramadhan 2017 yang dapat admin berikan. Mohon juga untuk dapat berbagi informasi ini kepada rekan-rekan kita  sebangsa dan setanah air Indonesia. Sukseskan pendidikan Indonesia yang berkarakter. Terimakasih.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*