Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini

Sunday, May 13th 2018. | PNS

forumguruindonesia.com – Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini. Bagi bapak ibu yang sudah PNS, ikut saja peraturan yang berlaku, meskipun masih banyak menimbulkan kerancuan. Lebih jelasnya, silahkan di baca hingga akhir.

Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini

KemenPANRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) membuat 7 larangan untuk dalam pilkada 2018. Namun dalam hal ini adalah untuk para pegawai negeri sipil (PNS/ASN) di selama masa Pilkada.

Ke-7 larangan tersebut terdapat didalam surat edaran terkait sifat netralitas politik bagi PNS/ASN. Antara lain dalam Pilkada Tahun 2018, Pemilihan Legislatif 2019 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Edaran tersebut sudah diteruskan kepada semua instansi pemerintahan. Baik pemerintah di kota (Pemkot) maupun pemerintahan desa.

Semua pastinya telah mendapatkan edaran bertandatangan oleh MePANRB Asman Abnur tersebut.

Tercatat ada 7 larangan untuk ASN/PNS didalam surat/edaran tersebut. Ke-7 larangan itu tertulis jelas dalam poin 1 hingga 7.

Berikut Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini jika mengacu pada edaran KemenPANRB tersebut :

  1. PNS dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait rencana pengusulan dirinya ataupun orang lain sebagai bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.
  2. PNS dilarang memasang spanduk/baliho yang mempromosikan dirinya ataupun orang lain sebagai bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.
  3. PNS dilarang mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.
  4. PNS dilarang menghadiri deklarasi bakal calon/bakal pasangan calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dengan atau tanpa menggunakan atribut bakal pasangan calon/atribut partai politik.
  5. PNS dilarang mengunggah, menanggapi (seperti like, komentar, dan sejenisnya) atau menyebarluaskan gambar/foto bakal calon/bakal pasangan calon Kepala Daerah, visi misi bakal calon/bakal pasangan calon Kepala Daerah, maupun keterkaitan lain dengan bakal calon/bakal pasangan calon Kepala Daerah melalui media online maupun media sosial.
  6. PNS dilarang melakukan foto bersama dengan bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dengan mengikuti simbol tangan/gerakan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan.
  7. PNS dilarang menjadi pembicara/narasumber pada kegiatan pertemuan partai politik.

    Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini

    Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini

Di lingkungan ASN/PNS, poin 6 dapat diartikan bahwa PNS/ASN tidak boleh berswafoto bersama pasangan calon. Namun poin 6 ini ternyata juga mengakibatkan kebingungan.

Bagaimana kalau kejadiannya berbeda yang diluar kuasa kita. Misalkan saja ketemu calon kepala daerah dalam acara mantenan, gaprukan (ketemuan) terus salaman, terus umpama makan semeja dan saling berbincang, kan tidak mungkin makan semeja sama orang dikenal diam-diaman. Terus ada yang memotret, tetapi bukan kita yang motret.
Apakah itu salah atau tidak ?

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang pejabat(Bpk Wasto) di kota Malang, Jawa Timur.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Panwaslu dapat menginventarisasi hal-hal apa saja, yang tidak boleh dilakukan oleh PNS, karena dikhawatirkan menimbulkan persoalan.

Silahkan Anda sekarang untuk klik tombol subscribe di bawah, agar dapat selalu mengetahui update info guru terkini.

Sekian dahulu informasi terkait Ingat ! Inilah 7 Larangan Bagi PNS di Pilkada Serentak Tahun Ini yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan barokah.

Terimakasih.

tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*