Indonesia !!! Penyederhanaan Tugas Administrasi Guru

Saturday, December 3rd 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Indonesia !!! Penyederhanaan Tugas Administrasi Guru. Guru berperan sangat penting demi perkembangan dan kemajuan bangsa. Sebagai pelayan public dalam tugas pokoknya adalah sebagai pendidik dan pengajar yang profesional dan loyal, tanggung jawab dan tugas seorang guru memang besar, dimulai dari memberikan dan menularkan pendidikan yang baik, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sampai banyaknya tugas administratif yang sering kali diberikan kepada guru, dan menurut kami ini adalah hal yang sangat membebani. Karena dengan banyaknya tugas administrasi tersebut seorang guru terkadang tidak dapat fokus konsentrasi dalam tugas pokoknya, yaitu memberikan pendidikan dan mengajar siswa-siswi.

Indonesia !!! Guru berperan sangat penting demi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia, tugas poko guru, tugas guru, Indonesia !!! Guru berperan sangat penting demi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia, tugas poko guru, tugas guru

Tugas Pokok Guru

Unifah Rasyidi sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum (PGRI) Persatuan Guru Republik Indonesia meminta supaya persoalan atau tugas guru yang bersifat administratif supaya dapat dikurangi atau disederhanakan. Tujuan utama hal tersebut adalah untuk konsentrasi dan ketenangan guru dalam bekerja menjalankan tugas pokoknya, karena guru adalah sebagai tulang punggung bangsa dlam memajukan generasi dan pendidikan bangsa Indonesia ini.

Dalam memberikan sambutan dalam puncak peringatan HGN kemarin di (SICC) Sentul International Convention Center, Unifah Rasyidi juga berharap, “Kami berharap, agar guru tenang bekerja, mendidik sepenuh hati, menjalankan hak dan kewajiban seimbang, maka persoalan administrasi disederhanakan sehingga guru konsern mendidik,”.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam beberapa tahun terkahir ini guru sangat disibukkan dengan beberapa tugas administrasi yang sering berganti. Tentunya ini dapat mengurangi fokus konsentarsi guru dalam mengajar dan mendidik anak bangsa. Bagaimana tidak, sekiranya terdapat 11 butir perangkat untuk pembelajaran harus dibuat dan disiapkan guru, yaitu : program semester, rencana pembelajaran, program tahunan, analisis materi pelajaran dan silabus, dan lainnya.

Dan juga pada pada awal tahun ajaran baru atau awal semester banyak sekali menyita waktu bagi guru yang harus mempersiapkan administrasi tertulis yang dibuat guru secara individu, bahkan saya lihat banyak juga yang sampai sore hari atau malam hari di sekolah untuk menyusunnya, mungkin juga banyak yang samapai begadang. Dalam pernyataannya tentang tugas administrasi bagi guru ini, Unifah Rasyidi berharap agar tugas adminnistrasi yang diberikan kepada guru dapat diminimalkan, sehingga guru lebih konsentrasi dalam mengajar dan mendidik anak bangsa.

Unifah juga mengapresiasi bagi Mendikbud dan Menag saat di hadapan Presiden JokoWi, yang dinilai sangat responsif terhadap tiap kali munculnya permasalahan yang disampaikan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Menurut Unifah, setiap adanya persoalan guru yang muncul, (PGRI)  Persatuan Guru Republik Indonesia selalu mengajak duduk bersama Kemendikbud dan Kemenag untuk mneyelesaikan permasalahan tersebut. “Respon Menag dan Mendikbud sangat baik,” pungkasnya.

Jadi bagaimana menurut bapak/ibu tentang tugas administrasi yang dibebankan kepada setiap guru saat ini ? Berikan saran dan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan share artikel ini, semoga bermanfaat.

tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*