Edaran Resmi Mendikbud No. 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan USBN 2017

Wednesday, January 11th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Edaran Resmi Mendikbud No. 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan USBN 2017. Dengan semakin dekatnya waktu Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional, Kemendikbud telah mengeluarkan surat edaran resmi mengenai tatacara dan sistem pelaksanaan Ujian Nasional atau Ujian Sekolah Berbasis Nasional tahun 2017 ini.  Bulan Januari awal tahun 2017 ini semua jenjang sekolah tentunya juga sudah mempersiapkan anak didik mereka untuk persiapan Ujian Nasional yang semakin dekat.

Edaran Resmi Mendikbud No. 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan USBN 2017, Ujian Nasional 2017, USBN, UN 2017, Kisi-Kisi Ujian Nasional 2017,

Setiap sekolah pasti juga mempunyai tips tips sendiri demi untuk mensukseskan pelaksanaan ujian nasional tahun 2017 ini nanti. Khususnya untuk setiap sekolah dengan kelas tingkat akhir, biasanya setiap sekolah memberikan jam tambahan belajar atau les kepada setiap murid mereka secara gratis setiap hari di akhir jam pelajaran wajib sekolah. Walaupun cuma 1 sampai 2 jam tambahan akhir, ini juga demi perjuangan sekolah dan anak didik supaya sukses dalam ujian nasional nanti.

Tidak terkecuali juga di SMP N 1 Pringapus tempat saya bermain ini. Mulai awal Januari 2017 ini juga sudah dimulai dengan tambahan jam selama 1,5 jam pelajaran setiap hari di akhir pelajaran wajib. Ini juga tindak lanjut dengan diterbitkannya edaran resmi mendikbud no. 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan ujian nasional dan usbn 2017 yang sebentar lagi akan segera di mulai. Biasanya ujian nasional sekolah akan di laksanakan sekitar bulan mei setiap tahunnya. Akan tetapi untuk lebih jelasnya, admin web www.forumguruindonesia.com juga sudah menyediakan jadwal ujian nasional dan jadwal usbn tersebut.

Inilah jadwal ujian nasional tahun 2017, klik di sini.

Dan dibawah ini adalah beberapa kalimat dari edaran resmi mendikbud no. 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan ujian nasional dan usbn 2017 tersebut. Silahkan dibaca dan disimak baik-baik.

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

SURAT EDARAN NOMOR:   1   TAHUN 2017

TENTANG PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TAHUN AJARAN 2016/2017

Yth.
1.   Gubernur
2.   BupatilWalikota
Seluruh Indonesia

Menindaklanjuti kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2016/2017,   dengan ini kami menegaskan  kembali bahwa pelaksanaan  Ujian Nasional Tahun ajaran 2016/2017 akan diprioritaskan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehubungan dengan rencana ini kami mohon bantuan dan kerjasama Saudara untuk hal-hal sebagai berikut:

1. Mewajibkan dan menetapkan setiap sekolah (kecuali SLB) yang sudah memiliki komputer dengan  kapasitas  lebih dari  20  (dua puluh)  unit komputer  dan  satu unit server  untuk melaksanakan UNBK.
2.  Sebagai langkah optimalisasi seluruh komputer yang ada, mohon bantuan Saudara menginstruksikan  kepada  Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi dan seluruh Kepala  Dinas Pendidikan di  Kabupaten/Kota  untuk menetapkan  Sekolah  yang belum dapat melaksanakan UNBK disekolahnya sendiri, agar siswanya mengikuti UN di tempat pelaksanaan UNBK yang berada dalam radius maksimal 5 (lima) kilometer. Kemdikbud telah  menyiapkan  aplikasi  pada  laman  http://spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/   yang dapat  digunakan  untuk  melakukan  proses  pemanfaatan   bersama  fasilitas  komputer sekolah ini.
3.   Untuk memungkinkan  pemanfaatan bersama komputer yang dimiliki sekolah, madrasah
maupun   pendidikan   kesetaraan,   Kementerian   Pendidikan   dan   Kebudayaan   telah menetapkan jadwal pelaksanaan UN yang berbeda untuk setiap jenjang.
4. Pemerintah Daerah (sesuai dengan kewenangannya) diharapkan dapat membantu pemenuhan  atau pengadaan  kelengkapan  komputer  bagi sekolah-sekolah  yang  belum memiliki komputer, terutama sekolah yang berlokasi jauh dari sekolah pelaksana UNBK (dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan listrik).

Kami sangat  berharap  seluruh  Dinas  Pendidikan  Provinsi  dan/atau  Kabupaten/Kota  dapat menyampaikan kesiapan pelaksanaan UNBK di wilayahnya  kepada kami paling lambat tariggal
25 Januari 2017 melalui laman http.//spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/.

Atas bantuan dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Tembusan:
1.   Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan;
2.   Menteri Dalam Negeri;
3.   Menteri Agama;
4.   Para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;
5.   Para Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
6.   Para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama;
7.   Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota;
8.   Para Pimpinan Unit Utama Kemendikbud.

Karena sudah sedikit ada gambaran mengenai edaran resmi mendikbud no. 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan ujian nasional dan usbn 2017, kita berharap juga demi suksesnya ujian nasional 2017 nanti. Mari kita sukseskan ujian nasional tahun 2017 dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

Dan untuk edaran resmi pelaksanaan ujian nasional tahun 2017  dari mendikbud dalam bentuk .pdf dapat Anda unduh di sini.

Sekian dan Terimakasih. Salam Sukses Pendidikan Indonesia

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*