Download Juknis PPDB Online 2018 SMA SMK di Jateng

Thursday, May 31st 2018. | Pendidikan

forumguruindonesia.com. Download Juknis PPDB Online 2018 SMA SMK di Jateng. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online pada Tahun Pelajaran 2018/2019 akan diterapkan pada seluruh satuan pendidikan SMA Negeri dan SMK Negeri di Provinsi Jawa Tengah.

LATARBELAKANGDAN TUJUAN  “MEMERATAKAN LAYANAN DAN MUTU PENDIDIKAN”

1. Program Indonesia Pintar (PIP)
2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
3. Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dan Keterampilan
4. Reformasi Sekolah & Penguatan Sistem Evaluasi

Salah satunya melalui Pengaturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sumber aturan dan juknis PPDB 2018 ini adalah Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Jadwal PPDB online 2018/2019 SMA dan SMK di Jateng adalah sebagai berikut :

1. Pendaftaran Online Mandiri : tanggal 1-6 Juli 2018
2. Pendaftaran online melalui satuan pendidikan : 2-6 Juli 2018
3. Verifikasi berkas : 2-6 Juli 2018
4. Batas Akhir pencabutan berkas pendaftaran : 6 Juli 2018 pukul 10.00 WIB
5. Analisis dan penyusunan peringkat : 9-10 Juli 2018
6. Pengumuman penerimaan : 11 Juli 2018 sampai pukul 23.55 WIB
7. Daftar Ulang : 12-13 Juli 2018
8. Hari pertama masuk sekolah : 16 Juli 2018

PPDB Online SMA SMK tahun ini menggunakan sistem Zonasi, yaitu berdasarkan daerah atau domisili calon peserta didik baru.

Tujuan dari sistem zonasi ini adalah sebagai upaya untuk menjamin PPDB dapat berjalan secara Objektif, Akuntabel, Transparan, dan Tidak diskriminasi.

Nanti kita akan menggunakan sistem zonasi atau sekolah pakai zona. Maka tidak boleh ada siswa di dalam zona itu yang tidak diterima, apapun alasannya. Apalagi pakai tes,” kata Mendikbud, Muhajir Efendi.

Pahami terkait dengan sistem zonasi PPDB berikut ini.

Zona 1 : wilayah kecamatan di tempat/lokasi satuan pendidikan berada dan/atau kecamatan lain yang berbatasan langsung dengan satuan pendidikan yang bersangkutan baik di dalam maupun di luar kabupaten/ kota/provinsi yang ditetapkan oleh Kepala Dinas.

Zona 2 : wilayah di luar Zona 1 (satu) dan berada dalam satu kabupaten/kota dengan satuan pendidikan yang bersangkutan.

Luar Zona : wilayah di luar ketentuan Zona 1 (satu) dan Zona 2 (dua) di dalam satu wilayah provinsi dan/atau luar provinsi Jawa Tengah.

Silahkan di Download Juknis PPDB Online 2018 SMA SMK di Jateng ini di sini. Juknis tersbeut merupakan resmi dari dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah.

Jadi, silahkan diunduh juknis PPDb Online 2018 tersebut, karena memang sudah resmi dan lengkap.

Tambahan nilai prestasi bagi calon peserta didik dalam PPDB Online 2018

1. Tambahan nilai prestasi hanya diambil dari salah satu prestasi tertinggi dari nilai kejuaraan yang diperoleh, bukan merupakan penjumlahan dari seluruh nilai prestasi yang dimiliki.

2. Prestasi diakui apabila diperoleh dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, terhitung dari waktu pendaftaran peserta didik.

3. Kategori prestasi dikelompokkan menjadi :

a. Prestasi di bidang sains (ilmu pengetahuan)/Akademik
b. Prestasi di bidang teknologi tepat guna
c. Prestasi di bidang seni dan budaya
d. Prestasi di bidang olahraga
e. Prestasi keteladanan
f. Prestasi Bela Negara, Nasionalisme, dan Kepramukaan.

4. Prestasi tingkat kabupaten/kota diselenggarakan oleh Instansi di Tingkat Kota/Kabupaten yang ditetapkan sebagai agenda Pemerintah Kota/ Kabupaten.

5. Prestasi tingkat Nasional diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang ditetapkan sebagai agenda nasional.

6. Prestasi dari tingkat Internasional yang diakui oleh Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang ditetapkan sebagai agenda internasional.

7. Prestasi sebagaimana tersebut angka 5 dicapai dalam kapasitas mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara di tingkat Nasional.

8. Prestasi sebagaimana tersebut angka 6 dicapai dalam kapasitasnya mewakili Pemerintah Republik Indonesia pada kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara di tingkat Internasional.

9. Prestasi sebagaimana kategori tersebut di atas dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan.

10.Pengesahan/legalisasi dengan ketentuan :

a. Prestasi akademik tingkat kabupaten/kota pengesahan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat;

b. Prestasi akademik tingkat provinsi dan/atau internasional disahkan oleh BP2MK Wilayah setempat dan/atau Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah;

c. Prestasi non akademik di bidang olahraga tingkat kabupaten/kota, pengesahan dilakukan oleh Induk Organisasi Olahraga yang bersangkutan di tingkat kabupaten/kota serta Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi keolahragaan di Kabupaten/Kota setempat;

d. Prestasi non akademik di bidang olahraga tingkat provinsi, pengesahan dilakukan oleh Induk Organisasi Olahraga yang bersangkutan di tingkat provinsi serta Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi keolahragaan di Provinsi Jawa Tengah;

e. Prestasi non akademik di bidang seni tingkat kabupaten/kota, pengesahan dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi kesenian dan/atau kebudayaan di Kabupaten/ Kota setempat;

f. Prestasi non akademik di bidang seni tingkat provinsi, pengesahan dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi kesenian dan/atau kebudayaan di Provinsi Jawa Tengah

Download Juknis PPDB Online 2018 SMA SMK di Jateng

Layanan Pengaduan Unit Pengaduan Masyarakat

1. Tim penanganan pengaduan melibatkan pemangku kepentingan pendidikan

2. Tim penanganan pengaduan membentuk sekretariat Unit Pengaduan Masyarakat (UPM)

3. Sekretariat UPM berada di :

• Satuan Pendidikan,
• Sekretariat MKKS SMAatau SMK Kab/Kota,
• Kantor BP2MK,
• Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Ruang ICT).

4. Pengaduan masyarakat dapat berupa keluhan, kritik dan saran dalam penyelenggaraan PPDB

5. Tindaklanjut atas pengaduan masyarakat secara teknis diselesaikan oleh Tim penanganan pengaduan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan diselesaikan sebagaimana mestinya.

6. Tim penanganan pengaduan melaporkan hasil penanganan pengaduan secara berjenjang kepada Kepala Dinas.

Sanksi

Apabila peserta didik memberikan data palsu/tidak benar, termasuk didalamnya memperoleh SKTM atau surat keterangan tidak mampu/miskin yang diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan perolehannya, maka akan dikenakan sanksi pengeluaran oleh satuan pendidikan, meskipun yang bersangkutan diterima dalam proses seleksi.

Tersebutlah informasi terkait Download Juknis PPDB Online 2018 SMA SMK di Jateng yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Dan sepertinya untuk daerah lain juga hampir bersamaan dalam pembukaan PPDB Online 2018 ini. Kembali saya bagikan INI juknis ppdb online 2018 SMA SMK di Jawa Tengah.

Baca juga :

  1. Download Kalender Pendidikan 2017/2018 Lengkap
  2. Panduan Pendaftaran PPDB Online 2018/2019 – Masuk SD SMP SMA/K Sederajat
  3. Juknis PPDB 2018 Kemendikbud – Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru
  4. Cara Pendaftaran Sekolah PPDB Online 2018/2019
tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*