Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install

Friday, August 4th 2017. | Aplikasi Dapodik

Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install yang mudah dan cepat. Akhirnya pada hari jumat tanggal 4 Agustus 2017 ini aplikasi dapodik versi 2018 sudah resmi dirilis. Ini merupakan tindak lanjut yang tadinya menurut kabar rilis 1 Agustus.

Admin dari blog keguruan ini juga tidak dapat lari dari janji untuk memberikan panduan install dapodik 2018 ini. Bahkan sudah lengkap juga kami sertakan panduan install dapodik 2018 dalam bentuk file pdf yang dapat Anda download di bawah.

Tidak banyak yang ingin admin ungkapkan tentang aplikasi dapodik 2018 ini. Semoga dengan rilisnya dapodik versi 2018 ini pekerjaan para rekan OPS dapat lebih mudah dan ringan.

Selebihnya, berikut panduan installasi dapodik 2018 dan silahkan Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install nya tersebut di bawah.

Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install

Panduan download installer dapodik 2018 ataupun panduan download patch updater dapodik 2018 ini cocok sekali untuk OPS baru. Akan tetapi cocok juga untuk mereka OPS yang sudah lama. Karena terdapat banyaknya perubahan dan perbaikan dalam aplikasi dapodik 2018 ini.

INFORMASI UMUM APLIKASI DAPODIK VERSI 2018

  • PENDAHULUAN

Sistem pendataan Dapodik pada  tahun  pelajaran 2017/2018 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi  terbaru   yang  diberi nama versi 2018. Pembaruan pada versi 2018 hadir dengan tampilan warna pada  menu login dan registrasi yang lebih segar.

Secara sistem, pembaruan versi 2018 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodik versi 2018 dikemas dalam  bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Pembaruan yang paling menonjol adalah di relasional entitas  data substansi pendidikan,  dimana  dikembangkan menu  baru  yaitu,  menu  Jadwal  dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang  lainnya ada  pada  menu  sekolah, peserta didik, dan sarana.

Deskripsi pembaruan akan  dijelaskan  di bab  pembaruan aplikasi versi 2018. Menu Jadwal dan  Ekstrakurikuler akan dijelaskan pada bab terpisah,  agar pengguna mendapatkan penjelasan yang detail.

  • DIAGRAM ALUR PENGGUNAAN  APLIKASI DAPODIK 2018

Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018  memiliki karakteristik tersendiri. Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan  serta  mendorong terkumpulnya  data    dengan  kualitas   baik,   maka    telah    disusun   alur penggunaan Aplikasi Dapodik, seperti  yang  tampak  pada  halaman ini.

INSTALASI APLIKASI DAPODIK 2018

  • PERSIAPAN INSTALLASI DAPODIK 2018 DENGAN MUDAH DAN CEPAT
  1. Kode Registrasi dan  Akun Petugas Pendataan

    Sebelum  memulai  proses  instalasi  aplikasi  Dapodik Versi 2018,  petugas pendataan  harus  memastikan telah  memiliki kode  registrasi  dan   akun Petugas  Pendataan yang akan digunakan  dalam  proses instalasi.
  2. Unduh Aplikasi  DapodikAplikasi Dapodik V. 2018 saat  ini tersedia dalam  bentuk  file installer yang merupakan hasil perbaikan  dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk  mengunduh Aplikasi  Dapodik  Versi  2018,   lakukan langkah-langkah sebagai  berikut :=> Klik menu  “Unduh” dan  klik Installer Dapodik Versi  2018  seperti  di bawah  ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.
    => Jalankan  peramban web  (Google Chrome atau  Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh  di address bar.
  3. Generate Prefill Aplikasi DapodikGenerate prefill adalah  tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari  server  agar  dapat  diregistrasikan di aplikasi  Dapodik secara  offline (dalam   bentuk   file .prf).  Generate  prefill  merupakan database  hasil sinkronisasi terakhir sekolah.Untuk  meningkatkan keamanan  dari  segi  pengguna,  saat   ini  proses generate prefill dapat  dilakukan setelah pengguna berhasil  login menggunakan username, password, dan  kode registrasi Dapodik sekolah yang aktif.Sebelum masuk  ke dalam  pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum  generate ulang prefill.

Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill :

  1. Generate  prefill adalah   tahapan  untuk  mengambil database awal sekolah  dari  server  agar  dapat  diregistrasikan di  aplikasi  Dapodik secara offline.
  2. Generate  prefill  merupakan database  hasil   sinkronisasi  ter akhir sekolah.
  3. Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di  aplikasi  Dapodik, Jika  lupa username/password silakan  hubungi   admin  dinas  kabupaten/kota  (KK-DATADIK)  untuk  dilakukan  reset ulang.
  4. Untuk  sekolah   baru,   hubungi   admin  dinas   kabupaten/kota  (KK- DATADIK) untuk mengaktivasikan username  dan password.
  5. Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat unduh prefill.
  6. Registrasi awal masuk ke dalam  aplikasi dapat  dilakukan tanpa  harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
  7. Dinas  kabupaten/kota  (KK-DATADIK)  dapat   membantu melakukan generate prefill sekolah  di wilayahnya masing-masing untuk membantu  sekolah-sekolah dengan  keterbatasan  infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun  di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  8. Jangan lakukan  registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus “sinkronisasi-generate prefill ulang ” . (untuk mencegah duplikasi data).
  9. Kode registrasi,  username  dan  password dapat  di-reset  oleh admin dinas  kabupaten/kota  (KK-DATADIK) jika  diperlukan  (terjadi pergantian petugas pendataan). Selengkapnya, untuk memulai  proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut :
    • Jalankan  peramban web  (Google Chrome atau  Mozilla Firefox), lalu ketikkan  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
    • Pilih menu  Data Prefill.
    • Milih jenjang  yang sesuai.
    • Masukkan username,  password, dan kode registrasi.
  10. Username dan  password yang  digunakan  untuk  mengunduh prefill adalah  yang  terdaftar terakhir  dan tersimpan di  server  Pusat.  Jika terdapat  ketidaksesuaian data   ketika  melakukan proses  generate prefill, lakukan  konfirmasi dengan operator  Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).
  11. Dinas kabupaten/kota dapat  membantu melakukan generate ulang prefill sekolah  di wilayahnya  masing-masing untuk  membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan  infrastruktur (internet, SD, komputer, listrik,  dll) dengan  menggunakan  akun   khusus   dinas kabupaten/kota di laman  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  12. Setelah   berhasil   memasukkan  username,   password,   dan   kode registrasi,  klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai.
  13. Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela seperti  pada gambar.
  14. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
  • PENGATURAN WAKTU PADA KOMPUTER

Langkah berikutnya adalah  melakukan pengaturan waktu pada  komputer. Hal ini  penting   dilakukan  untuk  memastikan proses  sinkronisasi  data berjalan  lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik waktu  yang  terdapat di taskbar (pojok kanan  bawah), lalu klik “Date and time settings”.
  2. Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan dengan waktu saat ini.
  3. Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih adalah zona waktu yang sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat)  pilih zona waktu  (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).
  • Program Pengamanan dinonaktifkan

Agar  proses  instalasi   aplikasi  Dapodik  dapat   berjalan   dengan  lancar, beberapa program  pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya :

  1. Deep Freeze : harus dinonaktifkan.
  2. Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec,  Antivirus harus dinonaktifkan  atau  dihapus.

Antivirus yang  disarankan adalah Windows  Defender atau   Microsoft Essentials. Antivirus  ini  dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.

Windows Firewall dinonaktifkan  jika ingin menggunakan entri  data dengan menggunakan jaringan. Cara menonaktifkannya adalah :

Menyiapkan Kode  Registrasi Aplikasi Dapodik

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN.

Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Jika belum memiliki akun di  http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka petugas pendataan di sekolah harus  segera  melakukan registrasi  dengan melampirkan surat  tugasnya sebagai  Petugas  Pendataan Dapodik.

Setelah  mengambil kode  registrasi sekolah  dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan dan  tercatat dengan baik  serta  tidak  membagi/memberitahukan kode registrasi  ini pada  pihak  yang  tidak berkepentingan, jadi kode  registrasi sifatnya RAHASIA.

Untuk sekolah  baru dan  belum  memiliki Kode regist rasi, maka  prosedur untuk memperoleh Kode registrasi Aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut :

  • Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
  • Petugas  pendataan melakukan registrasi  atau  mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Operator (file dalam  bentuk  *.pdf).
  • Petugas pendataan dapat  mengecek status  approve atau  persetujuan dari admin di PDSP-K.
  • Jika  statusnya telah   di-generate,  maka   petugas pendataan  dapat melihat      dan      mengambil     Kode      registrasi      pada      laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas.

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI DAPODIK 2018

Setelah semua  tahapan persiapan instalasi  dilakukan, maka  langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dengan menjalankan file full installer yang  telah  diunduh.  Panduan  ini menggunakan aplikasi  dapodik  V.2018.

Proses instalasi dengan status  normal akan  berlangsung cukup lama yaitu sekitar 15 menit . Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai  berikut :

  1. Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat  disarankan untuk menutup program  lainnya.
  2. Klik ganda  file installer, jika muncul security warning,  pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.
  3. Selanjutnya  akan  ditampilkan  tampilan  jendela  aplikasi  Dapodik, pilih “Lanjut”.
  4. Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.
  5. Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan  mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  6. Pilih folder Start Menu. Secara default,  sistem  akan  otomatis  mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  7. Masuk ke jendela  persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai  proses instalasi aplikasi.
  8. Proses instalasi aplikasi Dapodik sedang  berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.
  9. Untuk mengakhiri  proses pemasangan aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.
  10. Setelah  proses  instalasi  maka  akan  muncul ikon  aplikasi  Dapodik di halaman desktop.  Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.

DESKRIPSI PERUBAHAN PADA APLIKASI DAPODIK 2018

  • DAFTAR PERUBAHAN

Berikut  adalah   daftar   perubahan pada   Aplikasi  Dapodikdasmen  Versi  2018 :

  1. [Pembaruan] Penambahan menu  Jadwal pembelajaran.
  2. [Pembaruan] Penambahan kolom anak ke-berapa pada Peserta Didik.
  3. [Pembaruan] Isian  secara  otomatis  untuk sarana   yang  berada  dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori.
  4. [Pembaruan] Penambahan tombol  pada  blockgrant  untuk  pemetaan dengan prasarana.
  5. [Pembaruan] Penambahan tombol  pada  blockgrant  untuk  pemetaan dengan sarana.
  6. [Pembaruan]  Penambahan tombol  pada  prasarana untuk  pemetaan dengan blockgrant.
  7. [Pembaruan] Penambahan tombol pada sarana untuk pemetaan dengan blockgrant.
  8. [Pembaruan] Penambahan sheet  baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah.
  9. [Pembaruan]  Penambahan referensi  Pengurus Komite Sekolah pada jenis satuan tugas di Kepanitiaan Sekolah.
  10. [Pembaruan] Penambahan  referensi   Kepala  Sekolah  menjadi   tugas utama.
  11. [Pembaruan] Penambahan referensi  UKG untuk data  rincian Nilai/Test pada PTK.
  12. [Pembaruan] Penambahan referensi  jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu  Rombongan Belajar.
  13. [Pembaruan] Penambahan tabulasi  rincian Ekstrakurikuler pada  menu Sekolah.
  14. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada  menu  Peserta Didik, jika yatim dan atau piatu maka baris data akan berwarna.
  15. [Pembaruan] Perubahan tampilan  pada halaman registrasi  dan login.
  16. [Pembaruan] Pemisahan menu  antara  rombongan belajar reguler dan ekstrakurikuler.
  17. [Pembaruan] Penambahan pemicu  untuk  mengaktifkan kolom nama peserta didik pada  saat  terdeteksi nama tidak wajar ketika melakukan validasi.
  18. [Pembaruan] Penambahan validasi jika terdeteksi guru yang  mengajar ganda pada jadwal.
  19. [Pembaruan] Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum  dipetakan ke dalam  jadwal.
  20. [Pembaruan] Penambahan validasi panjang  dan lebar pada prasarana.
  21. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk jumlah sarana.
  22. [Pembaruan] Penambahan validasi peserta didik yang belum mempunyai NISN.
  23. [Pembaruan] Penambahan dan perbaikan  panduan, peraturan dan formulir pada Pusat Unduhan.
  24. [Perbaikan] Perubahan deskripsi waktu penyelenggaraan sekolah.
  25. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika akan sinkronisasi.
  26. [Perbaikan] Perbaikan tanda baca ,(koma) dapat  menjadi kata pada nama Peserta Didik dan GTK.
  27. [Perbaikan] Perbaikan urutan label Jenis PTK pada form PTK.
  28. [Pembaruan] Pengisian  data   pada   no  rekening  bagi  peserta didik pemegang KIP oleh pusat.
  29. [Pembaruan] Pengisian data validasi yang ditemukan di pusat.

DESKRIPSI PERUBAHAN PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018

1) [Pembaruan] Penambahan menu  Jadwal pembelajaran.

Plotting / Penempatan urutan  waktu  sesuai  dengan alokasi  jumlah  jam mengajarar pada pembelajaran.

Jadwal pembelajaran pada aplikasi Dapodik mencakup pemetaan jumlah  jam  mengajar guru di  pembelajaran sesuai dengan hari dan urutan jam pembelajaran tersebut diselenggarakan. Menu jadwal akan dibahas  khusus pada bab selanjutnya.

2) [Pembaruan] Penambahan kolom anak ke-berapa pada Peserta Didik.

Kolom pengisian  anak  ke-berapa pada  peserta didik berdasarkan urutan p ad a kar t u ke l u ar g a

3) [Pembaruan] Isian  secara   otomatis   untuk  sarana   yang   berada   dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori.

Permendikbud 24 tahun 2007 tentang sarana yang seharusnya dimiliki pada Ruang  kelas/teori,  pada   saat   akan  mengisi  data   sarana   pada   ruang teori/kelas muncul notifikasi seperti  gambar  dibawah  ini :

Sarana  yang  seharusnya tersedia pada  aplikasi  dapodik  ditandai  dengan warna merah  pada tabel  sarana. Untuk mengisi  data sarana  tersebut lakukan langkah sebagai  berikut :

  1. Pilih simpan, maka semua sarana  yang berwarna merah akan tersimpan.
  2. Isi data jumlah dan kelaikan sarana
  3. Apabila terdapat sarana yang belum dimiliki, hapus data sarana  tersebut , maka sarana  tersebut akan kembali ditandai merah. Hal ini menunjukkan bahwa  sarana  tersebut seharusnya tersedia namun  belum dimiliki oleh sekolah.

4) [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana.

Pada   aplikasi  dapodik   versi  2018   operator   sekolah   dapat   melakukan mapping penggunaan dana  blokcgrant untuk Prasarana, jika isian mapping dilakukan pada menu isian blockgrant operator tidak perlu melakukan pengisian kembali pada sarpras dihasilkan blockgrant .

Langkah pemetaan dana blockgrant untuk prasarana.

  • Isikan terlebih dahulu dana  blockgrant yang  diterima pada  ri ncian sekolah tabel  blockgrant.
  • Pilih blockgrant mana yang akan dipilih.
  • Pilih prasana mana   yang  dihasil  kan  memalui  dana   blockgrant tersebut.

5) [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan sarana.

Pada   aplikasi  dapodik   versi  2018   operator   sekolah   dapat   melakukan mapping  penggunaan dana  blokcgrant  untuk  sarana,   jika isian mapping dilakukan pada menu isian blockgrant operator tidak perlu melakukan pengisian kembali pada sarpras dihasilkan blockgrant.

Langkah pemetaan dana blockgrant untuk prasarana

  • Isikan terlebih dahulu dana  blockgrant yang  diterima pada  ri ncian sekolah tabel  blockgrant.
  • Pilih blockgrant mana yang akan dipilih.
  • Pilih menu  Sarana Dihasilkan, pilih sarana  mana   yang   dihasilkan  memalui   dana   blockgrant tersebut.

6) [Pembaruan] Penambahan tombol pada prasarana untuk pemetaan dengan blockgrant.

Pembaruan fitur tombol Dihasilkan dari blockgrant dimaksudkan agar mudah untuk melakukan pemetaan hasil prasarana dan sarana  yang dibuat melalui dana hasil blockgrant yang diisikan pada tabel  rincian sekolah.

  • Pilih terlebih dahulu prasarana mana yang dihasilkan melalui dana blockgrant.
  • Pilih tombol Dihasilkan dari blockgrant akan muncul menu bar baru untuk memilih blockgrant mana yang digunakan  untuk membangun prasana tersebut.

7) [Pembaruan] Penambahan tombol pada  sarana  untuk  pemetaan dengan blockgrant.

Pembaruan fitur tombol Dihasilkan dari blockgrant dimaksudkan agar mudah untuk melakukan pemetaan hasil prasarana dan sarana  yang dibuat melalui dana hasil blockgrant yang diisikan pada tabel  rincian sekolah.

  • Pilih terlebih dahulu  sarana   mana  yang  dihasilkan  melalui  dana blockgrant.
  • Pilih tombol Dihasilkan dari blockgrant.
  • Setelah itu akan muncul menu  bar baru untuk memilih blockgrant mana yang digunakan  untuk membangun sarana  tersebut.

8) [Pembaruan] Penambahan sheet  baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah.

Aplikasi dapodikdasmen memfasilitasi sekolah yang ingin melihat hasil input data dapodik dalam bentuk profil yang dapat diunduh pada aplikasi dapodik secara offline.

Pada aplikasi dapodik versi 2018 terdapat penambahan sheet baru yakni rekap jadwal hasil pengerjaan aplikasi dapodik.

9) [Pembaruan] Penambahan referensi  Pengurus Komite Sekolah pada  jenis satuan  tugas di Kepanitiaan Sekolah

Pada  data  rinci sekolah  jenis satuah  tugas  di Kepanitian Sekolah terdapat referensi untuk mengisi data  komite sekolah  yang  tergabung dalam kepanitiaan sekolah.

Menu Kepanitiaan Sekolah  di dalam  nya  mencakup data Komite Sekolah dan juga Data Penyelenggara Sekolah Aman.

Setelah  menambahkan komite sekolah  ke dalam  data  kepanitiaan, maka langkah berikutnya adalah menambahkan data daftar  anggota panitia yang tergabung ke dalam  komite tersebut.

10) [Pembaruan] Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi  tugas utama.

Berdasarkan   Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2017,  mulai  awal tahun   ajaran   baru   2017/2018  kepala   sekolah   memiliki  beban   kerja sepenuhnya untuk  melaksanakan tugas  manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Maka, pada aplikasi dapodik terbaru versi 2018 mengakomodir hal tersebut dengan adanya  jenis PTK Kepala Sekolah.

11) [Pembaruan] Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK.

Penambahan referensi  UKG pada  nilai test  untuk guru yang  mengikuti  Uji Kompetensi Guru. Referensi ini ditambahkan untuk  mengakomodir kelengkapan data guru dalam proses pemanfaatan data di direktorat teknis.

12) [Pembaruan] Penambahan referensi jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu Rombongan Belajar .

Pada  aplikasi versi 2018  ini menu  rombongan belajar dibagi menjadi  dua yaitu jenis rombel regular dan jenis rombel ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam  pengisian  rombel regular dan ekskul.

13) [Pembaruan] Penambahan  tabulasi   rincian  Ekstrakurikuler  pada   menu Sekolah.

Dengan terakomodirnya mata  pelajaran dan program  ekstrakurikuler pada tabel rombongan belajar, maka pengisian ini juga ditambahkan pada  menu rincian sekolah untuk mengelompokan jenis ekstrakurikuler yang terdaftar di sekolah berdasarkan rombel rekskul yang sudah ditambahkan.

14) [Pembaruan] Perubahan tampilan pada menu Peserta Didik, jika yatim dan atau piatu maka baris data akan
berwarna.

Pembaruan ini dibuat untuk memudahkan dalam mencari peserta didik yang memiliki kriteria khusus yaitu :

a. Peserta didik yang tinggal di panti asuhan
b. Peserta didik yatim piatu yang ayah  dan  atau  ibunya sudah  meninggal (diisi pada kolom pekerjaan ayah atau ibu).

Jika pengisian seperti diatas tersimpan, maka baris data  peserta didik yang memenuhi kriteria tersebut akan diberi warna biru pada tabel utama peserta didik.

15) [Pembaruan] Perubahan tampilan pada halaman registrasi  dan login

Perubahan tampilan antar  muka pada  saat login dan registrasi dapat dilihat pada  perubahan tema  warna  dan  juga adanya   slide untuk  menampilkan beberapa gambar  menarik tentang pendidikan.

16) [Pembaruan] Pemisahan  menu   antara   rombongan belajar   reguler  dan ekstrakurikuler.

Untuk memudahkan petugas pendataan  dalam   melakukan pengecekan rombongan regular dan ekstrakurikuler, maka  pada  aplikasi versi 2018 ini pengisian  tersebut dipisah.

Pada  sidebar  yang   terdapat  di  sebelah kiri aplikasi kedua menu  tersebut berada  di bawah  menu  rombongan belajar.

17) [Pembaruan] Penambahan pemicu untuk mengaktifkan kolom nama peserta didik pada saat terdeteksi nama tidak
wajar ketika melakukan validasi

Pengaktifan kolom peserta didik agar  dapat  memperbaiki data  nama  jika terdeteksi nama tidak wajar  pada  saat terdata di daftar  list validasi pusat pada peserta didik..

18) [Pembaruan] Penambahan validasi jika terdeteksi  guru yang mengajar ganda  pada jadwal.

Validasi  untuk  mendeteksi  guru  yang  mengajar   pada  jadwal  yang sama di rombongan  belajar yang berbeda pada  jadwal mengajar

19) [Pembaruan] Penambahan validasi ketika  masih  ada  pembelajaran yang belum dipetakan  ke dalam jadwal.

Akumulasi jam yang belum dipetakan dalam jadwal mengajar akan terkena validasi secara otomatis pada aplikasi dapodik. Dimaksudkan untuk mengingatkan terdapat perbedaan antara  jam yang  di input pada pembelajaran dengan data maping  jadwal mengajar.

20) [Pembaruan] Penambahan validasi panjang dan lebar pada prasarana.

Validasi ini dibuat  untuk menghindari inputan  data  prasarana yang  tidak wajar   didalam   sekolah.   Diharapkan  sekolah   bisa   mengikuti   Standar Pelayanan Minimum yang  sudah  tercantum dalam  permendikbud no.24 tahun 2007.

21) [Pembaruan] Penambahan validasi untuk jumlah sarana.

Validasi ketika sekolah yang memiliki sarana tetapi tidak menginput jumlah sarana  dan  keterang laik serta  tidak laik pada  tabel  sarana  data  periodik sarana.  Apabila memang tidak ada sarana  tersebut harap hapus dari sarana.

22) [Pembaruan] Penambahan validasi peserta didik yang belum mempunyai NISN.

Penambahan validasi ini bertujuan untuk memberi informasi dan peringatan kepada  pengguna aplikasi dapodik nama-nama peserta didik yang  belum mempunyai NISN.

23) [Pembaruan] Penambahan dan perbaikan panduan, peraturan dan formulir pada Pusat Unduhan.

Penambahan fail ini dilakukan  untuk meningkatkan kualitas  aplikasi agar pengguna lebih paham   dalam  pengisian formulir cetak.  Contohnya pada aplikasi  dapodik  versi  2018  panduan  pengisian  formulir cetak  ini  baru ditambahkan.

Contoh berikutnya pada  tabel  peserta didik ada penambahan kolom “anak ke berapa” yang  baru  ditambahkan di aplikasi dapodik  versi 2018.  Isian tersebut ditambahkan juga pada formulir peserta didik versi cetak.

24) [Pembaruan] Perubahan deskripsi waktu penyelenggaraan sekolah.

Mengingat  banyak   penafsiran yang   salah   atas   pilihan  referensi  waktu penyelenggaraan sekolah,  maka diadakan   perubahan referensi  menjadi lebih rinci, berikut adalah  referensi  waktu penyelenggaraan sekolah yang baru.

25) [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika akan sinkronisasi.

Perbaikan   ini   dilakukan   untuk   optimalisasi   aplikasi   pada   saat    akan melakukan sinkronisasi. Beberapa perbaikan  bugs  ini diantaranya: optimalisasi status  koneksi ke server  pusat  pada  saat  melakukan sinkronisasi, proses sinkronisasi, dan perbaikan  minor lain.

26) [Perbaikan] Perbaikan tanda baca  ,(koma)  dapat  menjadi kata pada  nama Peserta  Didik dan GTK.

Perbaikan  ini dilakukan  untuk  mengakomodir nama  yang  menggunakan tanda  baca  koma  (,)  khususnya  nama yang  menggunakan marga.  Tanda baca koma ini digunakan  sebagai  pemisah marga.

27) [Perbaikan] Perbaikan urutan  label Jenis PTK pada form PTK

Perubahan pada  formulir PTK untuk kolom Jenis PTK yang  dipindahkan ke atas   pada   bagian   Status   Kepegawaian PTK,   hal   ini  dilakukan   guna mengurangi kekeliruan pengisian kolom NO SK dan TMT status kepegawaian di bawah nya.

28) [Pembaruan] Pengisian data pada no rekeing bagi peserta didik pemegang KIP oleh pusat.

Isian pada no rekening bagi peserta didik yang memiliki KIP, dilakukan oleh tim pusat berdasarkan data pemegang KIP di sekolah.

29) [Pembaruan] Pengisian data validasi yang ditemukan di pusat.

Pada menu validasi pusat yang terdapat pada  aplikasi dapodik versi 2018 ini menampilkan data-data isian yang dilakukan  validasi oleh tim pusat, sehingga bagi  suspek-suspek data  yang  terindikasi  muncul pada  menu validasi pusat harap untuk dapat  ditertibkan kembali datanya.

Diagram. Alur akses menu jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 terdapat fitur baru, yaitu menu pengisian jadwal. Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada beberapa menu  lain diantaranya adalah  data  periodik sekolah, data  prasarana, data rombongan belajar dan data pembelajaran.

Sehingga pengisian menu jadwal sangat  bergantung dari  isian yang  sudah  diinputkan  dari  keempat menu yang tergambarkan pada alur di atas.

Untuk  gambaran  detail   jelasnya   tergambarkan  pada   diagram   proses pengisian  jadwal pada halaman selanjutnya.

Diagram, Proses pengisian pada menu Jadwal Aplikasi Dapodik Versi 2018

Sebelum  mengisi  jadwal,  akan  ada  cek  validasi  waktu  penyelenggaraan sekolah   yang   harus   operator   lengkapi  pada   data   rinci  sekolah.

Untuk pengisian prasarana digunakan  ketika memetakan bangunan yang dijadikan ruang  kelas,  pada  pengisian  rombongan belajar  digunakan  untuk memetakan prasarana rombel dalam  menjalani  proses  belajar  mengajar.

Pengisian  pembelajaran digunakan  untuk memetakan mata  pelajaran dan guru mata  pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar.

Aplikasi Dapodik versi 2018 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga diharapkan operator  sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.

PENGISIAN MENU JADWAL Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Sebelum operator  sekolah menggunakan fitur jadwal  dan mengisi data  di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami  dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah  sebagai  berikut:

1)  Mengisi Data Periodik Sekolah

Sebelum mengakses fitur menu Jadwal, operator  sekolah harus melengkapi data periodik sekolah. Apabila data periodik sekolah belum terisi, maka  ketika mengakses menu  jadwal  akan  muncul peringatan seperti  pada gambar  di bawah  berikut

Untuk melengkapi data periodik sekolah, silakan pergi ke formulir data rinci sekolah pada menu  Sekolah .

Lengkapi semua kolom yang tertera pada formulir data periodik sekolah. Maka nantinya  menu  jadwal akan dapat  terakses.

2)  Persiapan Data Prasarana

Pada Aplikasi Dapodik versi 2018, untuk pengisian prasarana ruang kelas harus  diperhatikan dengan seksama, untuk setiap  rombongan belajar harus memiliki prasarananya.

Pengisian  pada  menu  Jadwal tidak  memperbolehkan satu  prasarana digunakan lebih dari satu rombel apabila rombel tersebut menggunakan satu prasarana di waktu yang sama.

Periksa  kembali  pengisian   prasarana  ruang  kelas,  klik pada   menu “Sarpras”, kemudian periksa kembali prasarana ruang  kelas yang dijadikan pembelajaran di sekolah.

Catatan  khusus :

Untuk  sekolah   yang   melakukan  sistem  pembelajaran  double shift, sehingga menggunakan  satu   prasarana  yang   digunakan   oleh  dua rombongan  belajar,   maka   ada   perlakuan   khusu   nantinya    dalam pengisian  jadwal di aplikasi dapodik.

Sebagai   contoh  rombongan belajar  kelas  7a  dan   8a  menggunakan prasarana ruang kelas dengan nama  “kelas 7A/8A”.  Maka pada  menu Jadwal, pengisian  untuk rombongan belajar 8 a pada jadwal di prasarana “ kelas 7A/8A” dimulai dengan pengisian dari pembelajaran ke-10 dan seterusnya.

3)  Persiapan Data Rombongan Belajar

Setelah  data  prasarana yang  menjalani  aktifitas  pembelajaran sudah terisi dan  diperiksa,  maka  selanjutnya adalah  memeriksa data rombongan belajar setiap  tingkatan nya.

Untuk mempersiapkan data rombongan belajar silakan klik pada  menu Rombongan Belajar kemudian silakan isi dan periksa data  rombongan belajar  untuk semester ganjil tahun  ajaran  2017/2018 kemudian sesuaikan letak prasaranya dengan prasarana yang sudah ditambahkan sebelumnya.

4)  Persiapan D ata Pembelajaran

Data Pembelajaran dapat  dipersiapkan setelah kedua  tahapan sebelumnya yaitu  persiapan  data  prasarana dan  rom bongan  belajar sudah dilakukan.

Untuk mempersiapkan pembelajaran masing-masing rombongan belajar, klik pada  salah  satu  rombongan belajar, kemudian klik tombol “Pembelajaran”.

Sistem akan  menampilkan data mata  pelajaran yang sesuai  dari setiap kurikulum yang dipilih pada pengisian rombongan belajar sebelumnya. Apabila tidak keluar mata pelajaran setelah memilih rombongan belajar, maka bisa dipastikan ada kesalahan pengisian ketika memilih kurikulum.

Lengkapi  data   pembelajaran di  setiap   rombongan  belajar   dengan mengisi data PTK yang mengajar disertai dengan SK Mengajar , tanggal Sk dan jjm yang seusuai  dengan kurikulum pada setiap  mata  pelajaran yang ada di sekolah.

Data  PTK  yang  mengajar disertai  mata  pelajaran dengan jumlah  jam perminggunya dalam   Pembelajaran, akan   berdampak sangat   besar terhadap isian pada menu  Jadwal.

Mata Pelajaran memiliki jumlah jam maksimum perminggu dalam setiap pembelajaran rombongan belajar, sehingga Pembelajaran pada masing – masing rombongan belajar berlaku  perhitungannya dari senin-minggu atau sesuai  dengan hari pelaksana pembelajaran di sekolah.

5)  Pengisian Menu Jadwal

Op erator sekolah h arus memahami b ahwasanya u ntuk j adwal U pacara d an I stirahat di s ekolah t idak diinputkan d alam menu pengisian jadwal .

Untuk mengisi  jadwal, pertama klik menu  Jadwal yang  terdapat pada sidebar  di sebelah kiri aplikasi.

Apabila ketika mengakses menu Jadwal dan muncul keterangan seperti yang  tampil  pada  gambar  di  bawah  berikut,  maka  dapat  dipastikan bahwa  pengisian data  periodik sekolah belum selesai. Silakan kembali ke menu  sekolah dan mengisinya pada data rinci sekolah.

Apabila sudah berhasil dalam  mengakses menu jadwal, hal berikutnya pada  menu  jadwal  yang  harus  dipahami  oleh setiap  operator  sekolah adalah  sebagai  berikut :

1)   Cek Waktu Penyelenggaraan

Ketika masuk  ke dalam  menu  jadwal,  klik tombol  “cek waktu penyelenggaraan”, nantinya   tombol  ini  berfungsi  untuk  melakukan validasi terhadap isian data  periodik sekolah pada bagian waktu penyelenggaraan sekolah.

Setelah  mgklik tombol  tersebut, maka  apabila  validasinya  terhadap waktu  penyelenggaraan maka  akan  tampil  datanya dan  dapat melanjutkan ke pilih prasarana.

2)   Pilih Prasarana

Prasarana yang  tampil disini adalah  prasarana yang  sudah  diinputkan pada  menu  Sarpras, dan  setiap  prasarana yang terpilih nantinya  akan memunculkan data  rombongan belajar  yang  menggunakan prasarana tersebut.

3)   Jadwal Hari

Terdapat tujuh  hari  dimulai  daari  senin-minggu untuk  sekolah  yang melaksakan program  kegiatan belajar  mengajar. Nantinya setiap  hari dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya.

Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada  tabel  rombongan belajar  telah  terisi dengan benar  berikut data prasarananya.

Pada  tampilan  menu  jadwal,  pada  bagian  atas  terdapat menu  untuk memilih prasarana yang  akan  diisikan data  penjadwalan mata pelajarannya.

Pilih prasarana ruang kelas yang akan  diisikan datanya kemudian pilih jadwal hari. Lalu, klik tambah.

Akan muncul beberpa kolom dengan beberapa keterangan, diantaranya adalah  sebagai  berikut :

– Pembelajaran

Data mata pelajaran yang terdapat pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana yang sudah terpilih.

– Alokasi Jam

Ketersediaan jumlah jam tatap  muka.

– Dimulai jam  ke-

Penempatan urutan   waktu  mata   pelajaran  sesuai  dengan alokasi jadwal di sekolah setiap  harinya.

Pilih pembelajaran yang akan  dimasukkan, data mata  pelajaran yang tampil   diambil   dari   isian   pembelajaran  pada   pada   salah   satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Setelah memilih mata pelajarannya, masukkan alokasi jam, dan isi kolom dimulai jam ke.

Untuk al o kasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar dan untuk d i mulai j am ke didasarkan  pada urutan mata  pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada  hari yang  sudah terpilih.

Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajar  yang   mengalokasikan jumlah  jam  perminggu untuk  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah  2 jam.

Sebagai gambaran, bahwa  pengisian alokasi jam disini adalah  jumlah jam mata  pelajaran per minggu yang dapat  dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.

Sebagai  contoh,  jika dalam  tabel  pembelajaran  di  kelas  9A  mata pelajaran PKn diisi sebanyak 2 jam selama  satu  minggu dalam  satu rombongan belajar,   maka   pada   pengisian   jadwal  ini  bisa  dibagi menjadi  2  hari    (Senin  dan  Selasa)  dengan masing-masing 1  jam alokasi.

Penjelasan rincian pemecahannya adalah  sebagai  berikut :

  1. Mata  pelajaran Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan  jadwal Dimulai Jam Ke 1, dengan contoh sebagai  berikkut,
  2. Mata  pelajaran Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan contoh sebagai  berikkut,

Masukan semua  data  pembelajaran ke dalam  jadwal sesuai  dengan alokasi  di setiap  masing-masing sekolah,  sehingga setiap  data pembelajaran pada  masing-masing rombongan belajar  dapat terjabarkan dalam  sebuah  format penjadwalan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

PENGISIAN MATA PELAJARAN BK DAN  TIK (KUR 2 013) Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Ada catatan khusus  untuk mata  pelajaran BK  dan TIK  yang  mesti  operator sekolah perhatikan, yaitu :

  1. Untuk mata  pelajaran Bimbingan  Konseling pada semua  jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan  pada  jenis “ jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam .
  2. Untuk   mata   pelajaran   Te knologi  Informasi   dan   Komunikasi   pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “ jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.

Hal ini dikarenakan untuk  kedua  mata  pelajaran tersebut tidak  masuk  ke dalam  menu jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya  masuk ke validasi aplikasi dapodik.

PENGISIAN MATA PELAJARAN AGAMA

Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat mata pelajaran Agama lebih dari  satu,  maka   silakan  isikan  jjm  untuk   mata   pelajaran  agama  yang mayoritas  dalam  kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata  pelajaran yang minoritas  sebanyak 0 jam.

Sebagai  contoh  misalkan  dalam  satu  rombongan belajar  mata  pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mayoritas bagi peserta didik di kelas tersebut maka

–     Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
–     Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata  pelajaran yang  memiliki jam  tidak  sama  dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan  agama mayoritas  di kelas tersebut.

EKSTRAKURIKULER Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Pada aplikasi dapodikdasmen versi 2018 terdapat penambahan fitur isian yang bisa ditambahkan oleh sekolah yang melaksanan program ekstrakurikuler, hal ini dimaksudkan agar  pemakai  data  dapat  melihat  dan  menganalisis ekskulikuler baik data ditingkat sekolah,  kabupaten/kota dan provinsi.

Diagram. Proses pengisian pada menu Ekskul Aplikasi Dapodik Versi 2018

Langkah langkah dalam  mengisi  data ekskul pada aplikasi dapodik adalah :

1. Membuat rombongan belajar ekskul

Untuk  mengisi  program   ekskul  yang   ada   di  sekolah,   silakan  untuk membuat rombongan belajar jenis ekskul dengan mengklik pada  menu Ekskul.

Setelah masuk ke dalam menu Ekskul, klik tombol tambah untuk kemdian pilih jenis rombel Ekstrakurikuler.

Lengkapi data rombel ekskul dimulai dari nama rombel, pembina ekskul dan seterusnya.

Setelah  data  ekskul sudah dilengkapi, langkah  selanjutnya adalah melakukan mapping  peserta didik, adapun  caranya  sama  seperti  pada pengisian  anggota rombel pada m e n u p e m b e l aj ar an .

2. Memilih jenis ekskul pada menu sekolah

Setelah  proses  pembuatan rombel  ekskul,  maka   selanjutnya adalah memapingkan ekstrakuler tersebut tersebut kedalam jenis ekskul sekolah yang ada pada  m e n u s e ko l ah .

Pada menu sekolah kita masuk ke bagian data rincinya, disana akan  ada fitur baru yaitu Ekstrakulikuler

Klik tombol tambah, kemudian pada kolom Rombongan Belajar akan menampilkan data Nama Rombongan Belajar berdasarkan data yang sudah diinputkan sebelumnya pada poin pertama.

Setelah memilih rombongan belajar maka pada  kolom jenis ekskul akan muncul daftar jenis-jenis ekstrakurikuler, silakan pilih jenis ekskul yang manakah rombongan belajar tersebut.

Lengkapi data isian setiap kolom yang ada kemudian klik tombol simpan. Maka proses mapping jenis eksul untuk setiap rombongan belajar selesai.

PENUTUP

Buku panduan  penggunaan Aplikasi Dapodik Versi  2018 ini disusun untuk memberikan deskripsi terkait informasi umum aplikasi, panduan teknis instalasi, serta  deskripsi dari perbaikan  dan pembaruan aplikasi telah dijelaskan.

Semoga   buku   panduan    ini  dapat    membantu   petugas pendataan baik yang masih baru dan sudah berpengalaman untuk mensukseskan pendataan di tahun pelajaran  2017/2018.

Link Unduhan :

Untuk informasi yang belum  tertera  dalam  panduan  aplikasi ini , sekolah dapat  menghubungi Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah  melalui kedua email Dapodik berikut :

  1. dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.i d
  2. info.dikdasmen@kemdikbud.go.i d

Dengan menggunakan Aplikasi Dapodik Versi  2018,  mari kita sukseskan pendataan tahun pelajaran 2017/2018 ini.

Terimakasih admin ucapkan karena telah mampir dan membaca artikel tentang Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install yang sederhana ini. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan OPS semua. Terimakasih.

tags: , , ,

One response to “Download Aplikasi Dapodik Versi 2018 Beserta Panduan Install”

  1. Yardi says:

    saya mohon bantuan teman2 karena saya kesulitan dalam penggunaan dapodik helper 2018 karena saya sudah instal tapi tidak terhubung dengan Dapodik, mohon Tips dari teman teman. TRima kasih.GBL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*