Dapodik Itu Memang Asik : Susah Senang Sebagai Operator Dapodik

Monday, February 6th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Dapodik Itu Memang Asik : Susah Senang Sebagai Operator Dapodik. Baru satu semester lebh sedikit ini saya dipercaya oleh kepala sekolah tempat saya bekerja dan mengabdi untuk memegang dan mendata sekolah, GTK, dan peserta didik secara online. Dalam bahasa kerennya adalah saya bekerja di SMP N 1 Pringapus, Kab. Semarang ini sebagai Operator Sekolah (OPS). Karena beberapa tahun yang lalu Operator Sekolah masih dipegang oleh seorang tenaga guru atau pendidik. Kalau saat ini tugas sebagai operator sudah diserahkan penuh kepada tenaga administrasi sekolah.

Dapodik Itu Memang Asik : Susah Senang Sebagai Operator Dapodik, Tanggungjawab Operator Sekolah, Operator Dapodik Sekolah, Tunjangan Operator Sekolah

Selama beberapa bulan ini tentunya saya sudah sedikit banyak mengetahui tahu apa itu dapodik dan bagaimana cara kerja serta cara menggunakan aplikasi dapodik itu. Di dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang susah senangnya menjadi operator dapodik di sekolah. Mungkin juga susah senangnya menjadi seorang operator dapodik itu berbeda dengan teman-teman operator sekolah yang lain. Untuk itu perlunya kita mencoba dan berbagi ke sesama operator tentang pengalaman kita bekerja dengan dapodik itu sendiri.

Susah dan kendala menjadi operator dapodik kalau saya pribadi yaitu ada beberapa macam, antara lain :

  1. Koneksi atau sambungan internet yang belum mendukung di rumah (modem terbatas kuota). Jadi kalau sewaktu-waktu bekerja dengan dapodik dan memerlukan sambungan internet saya harus lari ke sekolah. Itupun kalau internet di sekolah dinyalakan 24 jam sehari.
  2. Forum operator dapodik di daerah saya belum begitu aktif. Susah jika ingin tanya jawab secara langsung.
  3. Sedikit susah.
  4. Seikit kendala.
  5. dst. … ahahaha

Silahkan mampir juga dengan membaca dan menyimak mengenai sukses bekerja dengan dapodik 2017, KENE. Jika memang belum sukses dalam bekerja dengan dapodik, silahkan tanya jawab di grup.

Senangnya menjadi operator sekolah juga ada beberapa macam, antara lain yaitu :

  1. Searah dan sesuai dengan hobi saya, internet dan komputer adalah istri kedua saya.
  2. Sambil menyelam minum madu. Selain mengerjakan tugas utama sebagai operator sekolah, saya juga aktif sebagai blogger dan vlogger untuk mengais rejeki $ dari google adsense.
  3. Banyak senangnya.
  4. Selalu senang saja.
  5. dst. … asik

Itulah kenapa saya menikmati tugas sebagai operator sekolah dan selalu mengerjakan apa yang harus saya kerjakan terkait dengan tuhas dan tanggungjawab sebagai seorang operator dapodik sekolah. Dengan begitu saya dapat menyimpulkan bahwa dapodik itu memang asik : susah senang sebagai operator dapodik ternyata akan lebih banyak manfaat dan senangnya bagi saya. Itu menurut saya pribadi walaupun belum didukung penuh oleh jaringan internet. Jadi, bagaimana kawan-kawan operator dapodik ? Apakah juga mengalami hal seperti saya ? ATau mungkin juga berpendapat lain sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing tentunya.

Nah, jika memang kawan-kawan operator mempunyai keluh kesah tentang tugas sebagai operator sekolah, boleh juga share pengalaman Anda dengan menulis pada kolom komentar di bawah. Atau juga kawan-kawan juga dapat mengirimkan tulisan Anda untuk nantinya saya terbitkan di website resmi informasi dunia pendidikan Indonesia ini dengan mencantumkan detail data Anda.

Saya berharap dengan adanya coretan ini kawan-kawan operator sekolah di lain tempat juga dapat menceritakan pengalaman pribadinya tentang dapodik itu memang asik : susah senang sebagai operator dapodik menurut masing-masing pengalamannya. Atau kawan-kawan juga bercerita dan menulis di grup facebook fanpages yang telah saya sediakan, KENE. Silahkan bergabung dan berbagi ilmu demi kemajuan sistem pendataan sekolah di Indonesia. Terimakasih dan salam sukses dunia pendidikan Indonesia yang berkarakteristik.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*