Cara Tarik PD Dari SD Ke SMP Di Dapodik Dengan Mudah

Saturday, August 12th 2017. | Aplikasi Dapodik

Cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah dan cepat. Awal tahun pelajaran 2017/2018 ini sepertinya operator sekolah akan lebih menguras tenaga dan pikiran.

Ini merupakan cara tarik online peserta didik di dapodik 2018 yang baru dirilis. Tarik peserta didik online ini dari database server pusat, yaitu di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

Belum selesai input peserta didik baru saja sudah rilis aplikasi taerbaru dari pemerintah. Yaitu aplikasi absen GTK, yang merupakan aplikasi untuk memantau absensi para guru dan pewawai administrasi lainnya.

Apa saja tugas operator sekolah di tahun pelajaran 2017/108 ini ? Banyak seklai tentunya, ada Input dan mengelola data Dapodik, aplikasi Penjamian Mutu Pendidikan (PMP), aplikasi SIAGA, Absensi GTK (terbaru), dan bendahara BOS (saya sendiri).

Serta tugas administrasi lainnya yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Akan tetapi sayangnya pemerintah memejamkan semua mata mereka dan berpangku tangan untuk kesejahteraan operator. Entah sampai kapan nasib operator sekolah dikesampingkan terus ?

Kembali ke pokok bahasan tentang cara tarik peserta didik online di dapodik dengan cepat. Yang penting adalah koneksi internet Anda untuk merasakan cepat tidaknya proses tarik pd dapodikdasmen.

Apabila proses tarik peserta didik Anda menggunakan internet yang cepat dan stabil, pastinya akan membuat pekerjaan juga dapat selesai dengan cepat.

Walaupun begitu, bukan berarti tarik peserta didik di dapodik dengan internet yang lambat tidak bisa dilakukan. Ya, tarik pd di dapodik dapat kita lakukan dengan koneksi internet yang lambat.

Itu artinya ketika kita melakukan tarik pd online dapodik dengan koneksi yang lambat, maka semakin susah dan lama perkerjaan kita akan selesai.

Proses cara tarik peserta didik online dapodik sebenarnya cukup mudah dilakukan. Karena sudah jelas penggunaannya serta data peserta didik dari sejak sekolah sebelumnya.

Bahkan dalam proses tarik PD online ini juga dapat sekalian diikuti cara memasukkan siswa pindahan di dapodik. Akan tetapi sebaiknya ada komunikasi dahulu antara operator sekolah asal dengan operator sekolah baru.

Tarik peserta didik di aplikasi dapodik ini khususnya untuk operator SMP dan SMA/K. Untuk operator TK dan SD biasanya masih input secara manual.

Untuk para operator aplikasi dapodik jenjang pendidikan SMP dan SMA yang akan input data peserta didik baru, terutama kelas 7 dan 10.

Mungkin juga ada operator dapodik Sekolah Dasar yang akan tarik peserta didik dari TK ataupun Paud.

Sebagai admin dari blog informasi pendidikan www.forumguruindonesia.com, sebagai OPS, sebagai Bendahara BOS, dan sebagai lain-lainnya.

Karena panduan cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah ini seharusnya sudah lengkap dengan gambarnya.

Saya menganjurkan kepada rekan-rekan OPS untuk memanfaatkan fasilitas tarik PD secara online melalui web Dapodikdasmen http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops.

Hal ini dapat meminimalisir kesalahan operator sekolah dalam hal pengetikan data peserta didik baru. Dan tentunya untuk mempercepat pekerjaan operator sekolah.

Meskipun admin atau operator sekolah belum membukannya untuk tarik peserta didik online, silahkan langsung saja untuk melakukan tarik PD online secara mandiri.

Tidak perlu kita menunggu peserta didik untuk diluluskan oleh masing-masing operator sekolah awal.

Karena sudah dibuka secara massal oleh admin dapodik pemerintah pusat. Silahkan langsung saja melakukan tarik PD inline ini.

Panduan lengkap cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah ini adalah untuk jenjang SMP dan SMA/K. Walaupun dalam panduan ini saya gunakan contoh gambar di SMP.

Karena admin blog ini juga kacung di SMP N 1 Pringapus Kab. Semarang sebagai OPS. Merangkap sebagai bendahara BOS, dan melakukan tugas administrasi lainnya.

Sebelum Anda melakukan proses tarik pd online, harap dipersiapkan terlebih dahulu data-data peserta didik baru yang akan di tarik online. Seperti Ijasah SD, KK, dan Akte dari peserta didik.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan data pribadi bagi peserta didik yang diusulkan menerima BSM ataupun PIP. Karena umumnya awal memasuki tahun pelajaran baru banyak siswa yang mendapatkannya.

Persiapkan juga absensi setiap kelas atau rombel yang ada, sehingga nantinya dalam proses tarik pd online dapat langsung masuk ke dalam rombel ataupun perkelas.

Sehingga peserta didik dapat secara kolektif masuk ke dalam rombel yang ada. Untuk rombel kelas 1 SD, kelas VII, dan kelas X.

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai operator dan bendahara BOS hingga saat ini, saya bagikan panduan cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah dengan mempersiapkan daftar asal sekolahnya.

Sekarang saatnya tutorial atau panduan cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah akan admin bagikan. Bisa juga tarik PD dari SMP ke SMA bagi operator SMA.

Cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah atau mutasi secara online di Dapodik 2018, berikut panduan lengkap dengan gambarnya.

  1. Langsung saja Anda buka laman resmi web dapodikdasmen melalui alamat http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops atau Anda dapat klik di sini.

    Cara Tarik PD Dari SD Ke SMP Di Dapodik Dengan Mudah

    Silahkan login menggunakan username dan password dapodik Anda. Tanpa kode Registrasi. Untuk login, silahkan klik tanda panah merah dalam lingkaran merah tersebut.

  2. Sesudah masuk halaman profile satuan pendidikan Anda, silahkan klik menu “TARIK PESERTA DIDIK“. Untuk mutasi peserta didik, silahkan diisikan data-data yang diminta pada kolom yang ada.

    Cara Tarik Peserta Didik Di Dapodik 2018 Secara Online

    Jenis: Pilih siswa baru (jika siswa baru)
    Propinsi: Misal Jawa Tengah
    Kabupaten: Kabupaten Semarang
    Kecamatan: Pringapus
    Sekolah: SDN Wonoyoso

    Di atas merupakan contoh jika tarik pd dari SD, silahkan sesuaikan dengan sekolah di wilayah asal sekolah peserta didik Anda.

  3. Selanjutnya adalah ketikkan nama peserta didik pada kolom nama siswa.

    Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik

  4. Klik menu “Cari Peserta Didik“. Lalu Anda klik menu “Pilih“.
    Harap dilakukan untuk langkah-langkah di atas sampai seluruh siswa untuk satu kelas atau satu rombel terpenuhi.

    Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik

  5. Setelah satu rombel terpenuhi, silahkan klik “Konfirmasi Proses Mutasi” seperti contoh gambar di atas.

    Setelah langkah-langkah cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah di atas selesai, Selanjutnya adalah buka halaman baru di browser Anda.

  6. Silahkan buka aplikasi dapodik pada komputer anda seperti biasanya. Silahkan melakukan sinkronisasi dahulu. Menurut informasi yang beredar, minimal peserta didik yang dimutasi akan masuk dalam sistem dapodik kita 2 x 24 jam.

  7. Setelah selesai sinkronisasi, lalu buka menu Peserta didik, silahkan melakukan refresh halaman.

  8. Cek kembali apakah seluruh peserta didik yang tadi Anda proses tarik pd sudah masuk atau belum.

    Jangan lupa untuk membaca informasi trending berikut ini tentang panduan installasi aplikasi dapodik 2018 lengkap dengan gambar dan videonya.

  9. Guna mempermudah pengecekkan, silahkan masuk ke dalam menu rombel, lalu klik dan cek setiap rombelnya “Anggota rombel” masing-masing kelas/rombel.

    Dan lihat juga apakah jumlah peserta didik yang ditarik sudah cocok atau belum. Apabila sudah sesuai semua, silahkan keseluruhannya dipindahkan menjadi anggota rombel.

    Demikian informasi tentang cara tarik PD dari SD ke SMP di Dapodik dengan mudah yang dapat admin bagikan. Lakukanlah cara tarik data PD dapodik 2018 secara online hanya di di web dapodikdasmen. Terima kasih dan salam sukses.

tags: , , ,

One response to “Cara Tarik PD Dari SD Ke SMP Di Dapodik Dengan Mudah”

  1. […] Tips tarik peserta didik di aplikasi dapodik […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*