Cara Pengajuan NUPTK Online Mudah dan Lengkap

Saturday, February 4th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Cara Pengajuan NUPTK Online Mudah dan Lengkap. Apakah NUPTK itu ? Sedikit kita akan membahas tentang makna NUPTK yang sedang booming ini. NUPTK merupakan kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yang dimaksud nomor unik di sini adalah nomor induk untuk seorang tenaga pendidik dan tenaga ependidikan lainnya, seperti tenaga administrasi di sekolah. NUPTK sudah sewajarnya diperuntukkan bagi semua PTK, baik itu yang sudah PNS ataupun yang belum PNS.

Cara Pengajuan NUPTK Online Mudah dan Lengkap, Cara Mendapatkan NUPTK, Syarat Mendapatkan NUPTK, NUPTK Terbaru, NUPTK 2017, Syarat Mendapatkan NUPTK Terbaru

Karena NUPTK berfungsi sebagai nomor identitas unik dan resmi guna kepentingan identifikasi masing-masing PTK dalam semua kegiatan di sekolah maupun dinas pendidikan lainnya demi terciptanya pendidikan Indonesia yang maju dan berkarakter, serta menciptakan profesionalisme bagi PTK itu sendiri.

Silahkan mampir juga di tutorial cara install dapodik 2017 dengan prefill dan tanpa prefill, KENE.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) terdiri atas 16 angka yang sifatnya tetap, artinya bahwa nomor NUPTK seorang PTK tidak dapat berubah walaupun PTK tersebut sudah pindah tempat kerja atau mengajar, baik terjadi riwayat dan status kepegawaian PTK serta jika terdapat berubahnya data lain, nomor NUPTK tetap tidak akan berubah. Artinya semua sudah tersistem satu data masing-masing PTK, inilah yang namanya nomor unik.

Jadi, apa manfaat kita memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) ? Untuk itu simak dan bacalah baik-baik informasi tentang cara pengajuan NUPTK online mudah dan lengkap serta manfaat NUPTK di bawah ini.

Manfaat memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk tenaga pendidik antara lain :

  1. Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah alam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.
  2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.

Nah, sekarang yang menjadi persoalan bagi tenaga pendidik yang belum memiliki NUPTK tentunya mereka juga ingin memiliki NUPTK dengan proses yang benar. Jadi bagaimana kita dapat meiliki NUPTK ?

Cara memiliki NUPTK secara umum yaitu PTK dapat mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dengan mengisi kuisioner untuk pengajuan NUPTK. Dalam mengisi kuesioner untuk pengajuan NUPTK, kita harus mengisi dan menjawab kuesioner dengan lengkap, benar, dan rasional menurut situasi dan kondisi yang ada.

Dan di bawah ini juga saya sertakan beberapa syarat untuk mengajukan dan mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Silahkan disimpan atau di share ke teman lainnya.

  1. Tenaga Kependidikan dan Pendidik WNI.
  2. Tenaga Kependidikan dan Pendidik yang mempunyai sekolah induk yang jelas (jenjang pendidikan dasar dan menengah).
  3. Tenaga Kependidikan dan Pendidik pada pendidikan formal ataupun non-formal (di bawah binaan KemenPaN ataupun KemenAg di jenjang pendidikan dasar dan menengah).
  4. Tenaga Kependidikan dan Pendidik tersebut masih aktif bertugas sesuai dengan kewajiban dan tanggungjawabnya.
  5. Usia tenaga kependidikan dan tenaga kependidikan maksimal 60 tahun.
  6. Tenaga Kependidikan dan Pendidik yang masa kerjanya minimal 2 thn terus menerus dengan bukti SK tugas dari Kepala Sekolah/Instansi lainnya bagi PTK non-PNS.

Jika Anda memerlukan tutorial cara pengajuan NUPTK online mudah dan lengkap dalam bentuk file .pdf, Anda juga dapat mengunduhnya pada url yang sudah saya sediakan, unduh KENE.

Sekiranya dengan sedikit saya tulis artikel tentang cara pengajuan NUPTK online mudah dan lengkap malam ini akan menjadikan pegangan bagi bapak ibu pendidik yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan NUPTK. Selamat berjuang dan semoga berhasil mendapatkan NUPTK secepatnya, sesuai prosedur dan proses. Dan juga jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada. Jangan suka menggunakan jalan pintas. Terimakasih dan salam sukses pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*