Cara Pembuatan SIM Baru Dan SIM Perpanjangan Untuk Anak SMA

Wednesday, March 1st 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Cara Pembuatan SIM Baru Dan SIM Perpanjangan Untuk Anak SMA. SIM merupakan kepanjangan dari Surat Ijin Mengemudi. Umumnya umur anak-anak untuk jenjang SMA/K sudah memenuhi salah satu syarat untuk dapat membuat SIM. Begitu juga dalam pembuatan KTP, karena pembuatan KTP saat ini juga semakin mudah dan cepat. KTP juga kita perlukan sebagai syarat untuk membuat SIM, baik SIM baru maupun SIM perpanjangan. Dan sebagai pengingat saja, bahwa saat ini untuk SIM mati atau SIM telat satu detik saja, maka tidak dapat diperpanjang masa berlakunya, harus membuat SIM baru lagi.

Cara Pembuatan SIM Baru Dan SIM Perpanjangan Untuk Anak SMA, SIM A, SIM C, SIM B, Syarat Membuat SIM C, Cara Membuat SIM C, Biaya Pembuatan SIM C dan SIM A

Syarat untuk memiliki SIM atau cara pembuatan SIM baru dan SIM perpanjangan untuk anak SMA juga sama dengan warga lain umumnya. Tidak ada yang dibeda-bedakan untuk membuat SIM, baik SIM C, SIM A, SIM B, dan lainnya. Jika memang anak-anak sudah berani dan bisa serta mampu untuk mengendarai sepeda motor atau kendaraan lainnya, kenapa tidak untuk membuat SIM. Karena SIM juga berfungsi untuk kelengkapan selama perjalanan Anda jika nantinya terjadi sesuatu di jalan, entah itu operasi lalulintas atau yang lainnya.

Kebetulan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri dalam mengurus dan membuat SIM C baik dengan jasa perantara atau calo SIM ataupun mengurus sendiri. Walaupun sebenarnya saya juga mempunyai dua orang sahabat yang berprofesi sebagai calo SIM di polres. Dan berikut adalah beberapa tahapan atau cara pembuatan SIM baru dan SIM perpanjangan untuk anak SMA yang memang sama dengan masyarakat umum.

Pertama :

Tes kesehatan Anda. Biasanya dari polres bagian pembuatan pengurusan SIM akan memberitahukan atau merujuk untuk melakukan medical check up terlebih dahulu di sebuah klinik tertentu. Kalau tempat saya biayanya untuk medical checkup pembuatan SIM sebesar Rp.30.000,- tanpa kuitansi ataupun nota. Di sini kita diukur berat badan, tinggi badan, tensi darah, detak jantung, dan mata.

Kedua :

Setelah medical checkup kita akan mendaftarkan dengan mengambil formulir pendaftaran di loket 1. Setelah mengisinya dengan kelengkapan data pribadi kita, kembali kita kumpulkan di loket ke-2. Sambil menunggu panggilan di loket ke-2 kita harus membayar biaya pembuatan SIM di BRI yang telah disediakan.

Ketiga :

Setelah membayar di BRI, langsung saja kita menunggu untuk panggilan foto. Kalau proses pembuatan SIM perpanjangan biasanya setelah foto akan langsung jadi. Akan tetapi kalau SIM baru, kita akan melalui tes drive di lapangan atau jalan. Baik menggunakan motor untuk SIM C dan menggunakan mobil untuk SIM A dan lainnya.

Dan untuk pembuatan SIM baru biasanya tidak langsung jadi. Kita akan memerlukan beberapa hari untuk mengambilnya. Biaya untuk perpanjangan SIM C tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Dan biaya untuk pembuatan SIM C baru ditotal denga parkirnya kita akan mengeluarkan biaya sekitar 122 ribu rupiah.

Silahkan baca juga informasi mengenai format atau contoh lembar jawab komputer terbaru untuk ujian atau latihan ujian (tryout) di KENE.

Dan kebetulan SIM C saya waktu itu telat satu bulan, karena saat ini untuk SIM yang telat perpanjangan biayanya sama dengan biaya pembuatan SIM C baru. Alias SIM telat tidak dapat diperpanjang, HARUS membuat yang baru !!! Dan secara tidak sengaja di loket 2 ada sosok yang saya kenal (adik tema saya), tanpa ini itu langsung saja dia minta SIM C lama saya yang sudah telat juga 2 buah fotocopy KTP. Dan selanjutnya saya antri ikut foto, salam tempel 300 ribu rupiah dengan adiknya teman saya tersebut(Dilema). Memang kepengurusannya lebih cepat dari pada mengurus sendiri. Asik.

Demikian informasi tentang bagaimana cara pembuatan SIM baru dan SIM perpanjangan untuk anak SMA yang memang sama persis dengan masyarakat umum. Sebaiknya jika anak sudah mampu mengendarai sepeda motor atau kendaraan lainnya, ada baiknya untuk membuat SIM. Selalu ingatkan untuk tertib berlalulintas, jauhilah petugas hukum yang anti hukum. Jangan bermasalah dengan mereka. Di mata masyarakat, mereka tetap….Terimakasih dan salam sukses pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*