Cara Mudah Edit Data GTK Tanpa Melalui Verval GTK

Wednesday, April 19th 2017. | INFO GTK/PTK

forumguruindonesia.com – Cara Mudah Edit Data GTK Tanpa Melalui Verval GTK. Kebetulan beberapa saat lalu memang saya sebagai operator diminta untuk verval GTK atau edit data GTK pada 2 orang PTK.

Kedua PTK tersebut langsung mengumpulkan beberapa persyaratan yang akan diupload melalui http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Verval. Dan sayapun juga langsung menerimanya.

Karena persyaratan untuk verval GTK tersebut sudah sesuai anjuran dari BKD dan dinas.

Setelah beberapa saat kedua PTK tersebut pergi dari meja kerja saya, langsung saja saya melakukan untuk edit data GTK atau edit data PTK tadi.

Kesalahan terjadi pada penulisan nama oleh operator yang lama. Karena saat ini ternyaa jika nama tidak sesuai, maka tunjangan profesi guru atau dana sertifikasi tidak akan cair.

Memang karena terjadi kesalahan nama tersebut maka TPG TW1 2017 ini untuk mereka terjadi penundaan pencairan. Nama harus ditulis lengkap, tidak boleh di singkat.

Dan cara mudah edit data GTK tanpa melalui verval GTK adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu dapodik helper yang terbaru.

Seperti contoh gambar berikut untuk cara mudah edit data GTK melalui dapodik helper terbaru. Silahkan cari file installer dapodik helper yang terbaru terlebih dahulu. Install pada komputer Anda.

Cara Mudah Edit Data GTK Tanpa Melalui Verval GTK, Verval GTK, Verval PTK, Cek NUPTK, Cara Verval GTK/PTK, Verval Info GTK, Edit Data GTK, Edit GTK, Cek GTK

Caranya adalah login terlebih dahulu pada akun aplikasi dapodik Anda. Setelah itu buka aplikasi dapodik helper dan klik seperti tanda panah kuning di atas.

Cara nama PTK / GTK, klik kanan dan ubah. Maka semua data yang diblok pada dapodik akan terbuka dan dapat diedit. Edit data GTK bapak ibu dengan hati-hati dan teliti. Tidak usah tergesa-gesa.

Cek kembali data bapak ibu sebelum disimpan.

Selanjutnya refresh aplikasi dapodik dan lihat perubahan yang terjadi. Bila belum berubah, coba ulangi langkah dari awal. Karena aplikasi dapodik helper hanya bersifat membantu untuk edit data GTK bapak ibu.

Setelah valid data GTK tersebut, langsung saja untuk melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik agar data yang mengalami perubahan tadi segera terinput pada info GTK pusat.

Dan berharap diiringi doa agar TPG bapak ibu dapat segera cair tanpa halangan apapun. Karena data pada info GTK harus sesuai dan cocok dengan data pribadi, SK, BKD, Dinas dan BKN.

Untuk melihat perubahan pada cek info GTK, disarankan untuk cek info GTK dua hingga lima hari kedepan. Jika belum mengalami perubahan harus melalui edit data GTK dengan cara manual atau ulangi lagi dari awal.

Jangan lupa untuk membaca informasi tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Biro Kepegawaian Untuk SK Inpassing Guru di KENE. Karena berita tentang inpassing guru juga penting bagi mereka yang inpassing.

Demikian informasi tentang cara mudah edit data GTK tanpa melalui verval GTK yang baru saja saya alami sendiri. Dan sinkronisasi juga sukses. Semoga bermanfaat dan salam sukses dunia pendidikan Indonesia.

tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*