Cara Mengerjakan Kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Dengan Cepat

Wednesday, July 26th 2017. | Aplikasi Dapodik

Cara Mengerjakan Kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Dengan Cepat. Sudah saat tahun pelajaran baru ini operator juga dapat bekerja dengan baik. Terutama yaitu tentang pendataan dapodik dan pengisian aplikasi kuesioner PMP.

PMP adalah Penjaminan Mutu Pendidikan yang memang harus diisi oleh setiap sekolah. Biasanya melibatkan beberapa koresponden yang harus mengisinya. Misalkan siswa, guru, wali murid, pengawas, komite dan kepala sekolah.

Awalnya koresponden untuk pengisian PMP adalah siswa per jenjang harus 10 anak. Jadi, kalau 3 jenjang juga 30 anak sebagai koresponden. Ketika aplikasi PMP masih versi 1.

Saat ini pertengahan tahun pelajaran baru 2017/2018, sepertinya jumlah koresponden untuk pengisian aplikasi PMP telah berkurang. Yaitu akan di ambil 5 koresponden anak setiap jenjang kelasnya.

Cara Mengerjakan Kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Dengan Cepat

Selain itu yang harus mengisi adalah 2 orang komite, pengawas dan kepala sekolah. Selain itu, satu orang tua atau wali murid yang ditunjuk.

Setelah seluruh stakeholder terpenuhi dan selesai dalam mengisi kuesioner untuk PMP, selanjutnya diserahkan kepada operator sekolah untuk dilanjutkan pengisian ke dalam aplikasi PMP. Yang kemudian disinkronkan dengan server dapodik pusat.

Cara instal aplikasi PMP 2017 juga termasuk mudah dan simpel. Pertama tentunya Anda harus menghapus atau uninstal dahulu aplikasi PMP v.1 atau versi 2016 lalu. Cara mengerjakan kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dengan cepat yaitu dengan aplikasi FASTERPMP.

Setelah selesai uninstall PMP 2016, silahkan Anda download aplikasi PMP 2017 yang versi 2 atau versi terbaru. Selesai download, langsung saja install PMP 2017 tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang aplikasi PMP terbaru ini, berikut juga sudah kami sertakan panduan cara menggunakannya. Silahkan disimak panduan penggunaan aplikasi PMP di bawah ini.

Oh ya, maaf saya lupa bahwa panduan di bawah adalah panduan untuk mempercepat pengisian PMP. Yaitu dengan aplikasi yang bernama FasterPMP 2017.

Berikut merupakan panduan mudah dan cepat untuk penggunaan aplikasi FasterPMP 2017.

Sebelum dapat menggunakan aplikasi FasterPMP 2017 harus sudah dulu terinstall aplikasi PMP 2017 versi 2.0. Dan dalam sistem Windows juga harus sudah terinstall driver psqlodbc dan Net Framework 4.0

Langkah-langkah installasi FasterPMP :

1) Install driver psqlodbc (cukup dilakukan satu kali saja)
2) Install FasterPMP 2017
3) Cek Net Framework 4.0 dengan cara tekan tombol Win+R ketik %WINDIR%\Microsoft.Net\Framework
4) Lalu cek apakah ada folder v4.0.30319 ? Jika belum ada maka perlu install net framework 4.0

Langkah-langkah penggunaannya :

1) Setelah sukses membuka aplikasi PMP maka yang perlu dilakukan menyiapkan akun pengguna melalui Manajemen Pengguna (Salin Peserta Didik, Salin PTK, Tambah Pengawas dan Tambah Komite Sekolah).
2) Jika sudah lengkap seluruh responden ditambahkan pada aplikasi PMP maka tinggal buka aplikasi FasterPMP 2017, dan pilih jenis respoden serta repsondennya setelah itu tinggal klik Proses. Ulangi sampai jumlah yang diinginkan.

Download aplikasi dan petunjuk FasterPMP
Download driver Psqlodbc
Download Net Framework 4.0

Demikian beberapa uraian tentang aplikasi FasterPMP yang semoga dapat meringankan pekerjaan bapak ibu dan rekan operator semua. Salam sukses operator sekolah se Indonesia.

Terimakasih dan semoga lancar dalam input data di dapodik dan di aplikasi PMP yang terbaru tersebut.

Untuk diingat kembali bahwa panduan install aplikasi PMP 2017 sudah saya tulis di atas. Silahkan bapak ibu yang memerlukan untuk panduannya agar dapat membaca kembali petunjuk di atas.

Tentunya jangan lupa juga untuk bapak ibu pelanggan setia blog informasi keguruan ini untuk dapat membaca informasi populer lainnya di sini. Kalender pendidikan 2017/2018.

Karena memang untuk meng-install aplikasi PMP yang terbaru tersebut HARUS uninstall dahulu aplikasi PMP yang lama.

Kiranya sampai di sini dulu informasi saya tentang cara mengerjakan kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dengan cepat. Dapat juga dikatakan dengan cara mengerjakan dan mengisi kuesioner aplikasi PMP dengan cepat tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*