Cara Mencegah Kanker Payudara Itu Mudah

Friday, September 1st 2017. | Kesehatan

Cara mencegah kanker payudara itu mudah. Mungkin banyak di antara Anda semua belum mengetahui cara menghindari kanker payudara, dan silahkan di baca hingga selesai untuk itu.

Kanker Payudara adalah ?

Payudara tersusun dari lemak, jaringan ikat dan kelenjar, serta otot yang elastis. Setiap payudara memiliki antara 10 hingga 20 bagian yang dikenal sebagai lobus.

Yang pada tiap bagiannya dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, yaitu lobulus. Lobulus mengandung kelenjar susu yang memproduksi laktasi. Melalui saluran air susu mencapai puting susu.

Lobulus dan saluran air susu terdapat pada bagian stroma, jaringan adiposa dimana pembuluh darah dan limfatik juga berada, yang menuju ke kelenjar getah bening.

Cara Mencegah Kanker Payudara Itu Mudah

Simpul ini yang bertanggung jawab untuk perlindungan terhadap bakteri, sel tumor dan zat berbahaya lainnya.

Kanker payudara dapat muncul ketika sel-sel epitel glandular bereproduksi secara tidak terkendali dan cepat. Sel-sel tersebut yang menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker.

Sel-sel kanker tersebut dapat melakukan perjalanan melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Dalam perjalanan sel-sel kanker tersebut dapat menjangkau bagian lain dari tubuh dimana mereka menempel dan membentuk metastase.

Pentingnya kita semua untuk dapat mengetahui cara mencegah kanker payudara itu mudah dan secara permanen.

Kanker payudara bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun, lebih dari 99 persen diagnosa terjadi pada wanita.

Penyebab kanker payudara

Seperti halnya penyebab pada jenis kanker lainnya, contohnya adalah osteosarcoma atau dalam bahasa kita adalah kanker otak. Bahwa penyebab kanker payudara secara pasti memang belum diketahui hingga saat ini saya tulis.

Akan tetapi, sebagian besar dokter ahli penyakit kanker juga sudah menyimpulkan dan mengidentifikasi beberapa faktor yang menjadi predisposisi tentang kanker payudara.

Yang secara umum dapat kita ketahui dengan mudah, hingga sejak dini kita akan dapat mengerti tentang cara mencegah kanker payudara itu mudah dan sederhana. Yaitu :

  1. Umur

    Umur menjadi faktor utama akan resiko terkena kanker payudara. Seiring bertambahnya usia, cenderung mudah terserang kanker payudara.

  2. Genetika

    Wanita dengan riwayat keluarga terkena kanker payudara lebih berisiko. Hal ini meningkat jika relatif yang terkenan dulu adalah ibu, saudara perempuan atau anak perempuannya.

  3. Faktor reproduksi

    Agen yang meningkatkan eksposur estrogen dan endogen, seperti siklus awal periode menstruasi pertama, menopause terlambat atau penggunaan terapi penggantian hormon setelah menopause dapat meningkatkan risiko kanker payudara.Tidak melahirkan juga terkait dengan kanker ini.

  4. Kepadatan payudara

    Jika tinggi kepadatannya, itu juga terkait faktor penyebab kanker payudara ini.

  5. Radiasi pengion

    Paparan radiasi jenis ini, terutama saat pubertas, dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara.

  6. Obesitas

    Kegemukan pada tubuh yang tidak terkontrol.

  7. Konsumsi alkohol

    Mengonsumsi alkohol secara terus menerus dan cara hidup yang tidak sehat.
  8. Kanker payudara sebelumnya

    Pasien yang memiliki kanker payudara invasif berisiko tinggi terkena kanker payudara kontralateral yang berkelanjutan. Apabila tidak diobati dengan baik dan benar.

Ketahui juga gejala kanker payudara

Manifestasi yang paling sering membantu untuk mendeteksi kanker adalah munculnya benjolan atau daging tumbuh pada area sekitar payudara. Dan pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Gejala lain yang sering terjadi adalah perubahan warna dan tekstur kulit payudara serta pencabutan puting susu.

Karena cara mencegah kanker payudara itu mudah apabila kita mengetahuinya.

Pemeriksaan diri dan mammogram adalah alat yang paling berguna untuk menemukan benjolan yang mencurigakan di area payudara. Secara umum, teknik mamografi memudahkan pendeteksian benjolan kecil yang sulit diprediksi dengan palpasi pada dada.

Jenis tes ini harus diulang setiap tahun dari usia 50, atau dari usia 45 tahun jika seseorang memiliki riwayat keluarga kanker payudara stadium 1.

Kenali jenis-jenis kanker payudara dan cara membedakannya

Tidak semua benjolan yang muncul pada payudara merupakan gejala kanker. Sebenarnya, sembilan dari sepuluh benjolan itu jinak.

Benjolan non-kanker ini mungkin berupa fibrosis atau tumor jinak berupa jaringan ikat dan kelenjar, atau kista atau kantung berisi cairan.

Tumor payudara jinak (fibroadenoma) tidak mengancam jiwa dan seringkali memiliki perawatan yang mudah. Dan mudah dalam proses penyembuhannya.

Berikut beberapa jenis kanker payudara yang lebih spesifik dan dapat kita kenali, yaitu :

  1. Karsinoma Duktal

    Karsinoma duktal terletak di saluran payudara atau saluran air susu menuju puting. Apabila tidak segera diobati, dapat menyebakan metastase.Inilah yang dapat menyebabkan berkembangnya sel-sel kanker payudara. Untuk itu sangatlah penting juga untuk mendeteksi kehadirannya sejak dini dan tepat waktu.

    Sehingga perkembangan sel-sel kanker dapat di cegah. Pemeriksaaan ini hanya bisa dilakukan melalui tes khusus, seperti mamografi, karena karsinoma in situ biasanya tidak menimbulkan gejala apapun.

    Karsinoma invasif adalah kanker payudara yang paling umum dan menyumbang sekitar 80 persen dari semua kanker payudara.

  2. Karsinoma lobular atau lobular

    Karsinoma lobular, juga dikenal sebagai neoplasma lobular invasif, mengikuti proses filtrasi yang sama dengan karsinoma duktal invasif ke jaringan adiposa, tapi dari lobulus.

  3. Koloid (Mucinos)

    Ini merupakan salah satu jenis kanker payudara yang langka sekali, jarang ditemui. Dimana sel kanker dapat menghasilkan lendir.Selain itu juga dapat menyebabkan tumor meduler, tumor infiltrasi, akan tetapi dengan prognosis yang lebih aik daripada kanker invasif lainnya.

  4. Kanker Payudara Peradangan

    Ini merupakan jenis kanker payudara yang cukup agresif dan tumbuhnya cepat. Disebut kanker payudara peradangan karena sel kanker dapat menghalangi pembuluh limfatik dan menempel di kulit.Penampilannya adalah tebal dan cekung, hampir mirip dengan kulit jeruk.

  5. Kanker Paget

    Kanker paget menyebar melalui kulit puting, sehingga kulit puting dan sekitarnya memiliki penampilan bersisik dan kemerahan, terkadang kehilangan darah. Kanker Paget dapat dikaitkan dengan infiltrasi karsinoma.

Diagnosa kanker payudara sejak dini

Proses diagnosa kanker payudara dimulai saat ada kecurigaan pemeriksaan fisik atau mammogram rutin. Sejak saat itu spesialis kanker dapat melakukan serangkaian tes yang mengkonfirmasi kanker payudara.

Kanker payudara dapat di diagnosa dengan menggunakan beberapa alat dan cara, yaitu :

  1. Mammogram

    Gambar rontgen yang mendeteksi daerah abnormal payudara. Tes ini tidak 100% dapat diandalkan dan mungkin menawarkan gambar mencurigakan yang pada akhirnya tidak bersifat ganas atau tidak mendeteksi tumor ganas.

  2. Ultrasound

    Memungkinkan untuk membedakan lesi kistik (diisi dengan cairan) dari lesi padat. Teknik ini biasanya untuk melengkapi mammogram.

  3. Resonansi Magnetik Nuklir (NMR)

    Ini adalah eksplorasi radiologis yang menggunakan aksi medan elektromagnetik untuk mendapatkan gambar. MRI digunakan sebagai tes pelengkap untuk kedua di atas atau untuk menganalisis otak atau sumsum tulang belakang.

Jika setelah melakukan tes ini, dan kecurigaan berlanjut, langkah selanjutnya yang akan diberikan spesialis adalah konfirmasi kanker dengan melakukan biopsi.

Keterangan lebih lanjut tentang apa dan bagaimana itu biopsi, silahkan langsung saja Anda buka dan baca di sini.

Jangan lupa untuk membaca tips kesehatan lainnya tentang Cara Mengobati Sakit Gigi Di Malam Hari Dan Harus Berbuat Apa.

Sekian dulu informasi pengetahuan tentang Cara Mencegah Kanker Payudara Itu Mudah jika Anda mau membacanya. Salam sukses dunia pendidikan Indonesia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*