Cara Install Dapodik 2018 Terbaru

Wednesday, August 9th 2017. | Pendidikan

Cara install dapodik 2018 terbaru dengan mudah dan cepat. Aplikasi dapodik versi 2018 sudah resmi di rilis tanggal 4 Agustus 2017 kemarin. Maka dari itu, sebagai operator juga harus segera upgrade aplikasi dapodik ke versi yang terbaru.

Sebelum memasuki tahun pelajaran 2017/2018, aplikasi dapodik masih menggunakan aplikasi dapodik versi 2017c. Dan uniknya, bahwa yang berkembang dan tersebar luas untuk menggantikan aplikasi dapodik 2017c adalah dapodik 2017d.

Namun kenyataannya, aplikasi yang sudah rilis awal bulan agustus tersebut tidak bernama dapodik 2017d seperti kabar yang sudah tersebar luar itu. Aplikasi dapodik yang rilis 4 Agustus tersebut bernama aplikasi dapodik versi 2018.

Salah satu yang harus kita ketahui sebagai operator dapodik sekolah (OPS) yaitu dalam dapodik 2018 ini tidak ada versi updater-nya. Jadi, harus download aplikasi dapodik versi 2018 yang baru.

Untuk meng-install dapodik terbaru tersebut ada satu syarat yang tidak dapat dan tidak boleh ditinggalkan. Adalah sebelum melakukan instal dapodik versi 2018, HARUS uninstall terlebih dahulu aplikasi dapodik versi sebelumnya, yang ada dalam komputer.

Cara Install Dapodik 2018 Terbaru

Apabila dalam komputer yang baru dan belum pernah di install aplikasi dapodik, langsung saja install dapodik 2018 terbaru tersebut.

Lain halnya dengan komputer yang sudah ter-install dapodik versi sebelumnya. Harus uninstall dan lakukan bersih-bersih registri dalam drive (C:/) komputer. Atau lakukan unisntall aplikasi dapodik melalui control panel.

Jangan lupa juga untuk meng-install local server pada komputer baru sebelum install dapodik 2018. Jika memang belum ter-install local server-nya. Local server dapat Anda pilih antara Apache dan Xampp. Silahkan install salah satu saja.

Coba diperhatikan terlebih dahulu alur dan tatacara menggunakan dapodik 2018 dengan gambar di bawah ini.

dapodik 2018

Dengan melihat dan membaca alur penggunaan aplikasi dapodik 2018 seperti gambar di atas, terlihat jelas bahwa dapodik 2018 ini memiliki ciri khas sendiri.

Anda pasti juga sudah mengetahui apa ciri khas daripada aplikasi dapodik versi 2018 terbaru ini. Dan untuk lebih jelasnya, saya juga akan memberikan tutorial instalasi dapodik versi 2018 langkah demi langkah.

Silahkan disimak dan dibaca dengan seksama panduan cara install Dapodik 2018 terbaru ini. Dalam panduan install dapodik ini juga akan saya sertakan dengan panduan gambarnya.

  1. Persiapan sebelum installasi dapodik 2018 terbaruKode registrasi, email, dan password admin atau operator. Jika Anda lupa atau tidak tahu kode registrasi dapodiknya, silahkan baca Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik. Baik registrasi online maupun offline setelah berhasil install dapodik, kode registrasi, email, dan passwordnya pasti akan berguna.
  2. Download dapodik versi 2018 yang terbaruAplikasi dapodik yang ada saat ini sudah versi 2018, dapodik versi 2018. Untuk download aplikasi dapodik yang terbaru, silahkan langsung saja menuju ke http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
  3. Generate prefill dapodikGenerate prefill merupakan sebuah file yang berisi data-data dalam dapodik kita yang sudah kita sinkronkan dahulu.Untuk melakukan generate prefill dapodik, Anda dapat melihat panduannya download generate data prefill di sini.Untuk mendapatkan database prefill, silahkan login menggunakan gmail, password, dan kode registrasi.
  4. Persiapkan kode registrasi dapodikSudah saya bahas mengenai kode registrasi dapodik dalam beberapa artikel sebelumnya. Bahkan sudah saya upload panduan mendapatkan kode registrasi dapodik di sini.

Setelah ke-4 poin di atas sudah terpenuhi semua, selanjutnya adalah langkah eksekusi untuk install aplikasi dapodik terbaru. Dan panduan cara install Dapodik 2018 terbaru ini dengan mudah dan cepat tanpa ribet.

  1. Dimulai dari file installer dapodik yang sudah Anda download. Silahkan double klik pada file installer dapodik 2018 terbaru.Dapodik 2018Apabila setelah Anda open file installer dapodik 2018 tersebut muncul security warning, silahkan klik “Yes” atau lanjutkan.
  2. Maka akan muncul jendela baru yang menandai bahwa proses install dapodik akan segera di mulai. Klik tombol “Next” untuk segera eksekusi instal dapodik 2018 tadi.Cara Install Dapodik
  3. Anda sudah klik next pada contoh gambar di atas ? Maka akan muncul halaman persetujuan dengan syarat tertentu. silahkan di blok pada pilihan setuju, dan perhatikan gambar berikut ini. Setelah itu, silahkan klik tombol “Lanjut >Install Dapodik 2018
  4. Setelah melalui proses pada nomor 3 di atas, atau setelah Anda klik Lanjut > maka akan muncul jendela baru juga untuk memilih letak drive dimana kita akan install dapodik tersebut.Dapodik 2018
  5. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, tidak usah merubah letak installasi dapodiknya, biarkan secara default saja. Setelah menentukan letak installasi aplikasi dapodik, maka akan muncul halaman baru lagi untuk menamai nama shorcut untuk aplikasi dapodiknya.Cara Install
  6. Anda dapat merubah nama atau membiarkannya saja agar terus berjalan proses installasi aplikasi dapodiknya. Dan muncul juga peringatan untuk melakukan install aplikasi atau tidak jadi.Jika Anda memilih “Pasang“, maka proses installasi dapodik juga akan langsung berjalan.Cara Install Dapodik 2018 Terbaru
  7. Dan setelah Anda klik tombol Pasang, maka installasi dapodik akan berjalan hingga selesai. Gambar berikut adalah contoh ketika proses install dapodik sedang berjalan.Cara Install Dapodik 2018 Terbaru
  8. Apabila ingin membatalkan installasi dapodik 2018, seperti pada contoh gambar di atas silahkan klik tombol Batal. Maka proses installasi dapodik akan segera terhenti dan batal.Dan bila proses install dapodik 2018 sudah selesai, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.installasi dapodik 2018

Setelah proses installasi aplikasi dapodik selesai, biasanya akan terbuka sendiri secara otomatis aplikasi dapodik yang sudah di install tersebut di browser.  Atau memang Anda memilih untuk membukanya di kemudian waktu.

Jangan lupa juga, bahwa sebelum install dapodik terbaru, install juga salah satu saja local server. Contohnya adalah apache server.

Jika rekan-rekan semua juga ingin lebih tahu lagi tentang panduan cara install Dapodik 2018 terbaru dalam bentuk video youtube, silahkan tonton video panduan install dapodik berikut ini.

Lebih jauh lagi mengenai preffil dapodik 2018 terbaru, kode registrasi dapodik, cara install dapodik, silahkan di baca pada youtube channel saya tersebut.

Selain itu, rekan-rekan bapak ibu guru dan OPS juga dapat membaca tentang aplikasi dapodik lainnya dalam website informasi keguruan www.forumguruindonesia.com ini.

Setiap Anda membaca sebuah artikel dalam web pendidikan ini, pastinya terdapat beberapa artikel terkait di bawah artikel ini. Silahkan dipilih sendiri untuk menambah pengetahuan kita semua.

Mohon kritik dan sarannya yang baik dan sopan serta bijaksana melalui kolom komentar di bawah. Insyaalloh akan saya jawab sebisanya.

Panduan atau cara install Dapodik 2018 terbaru ini juga dapat Anda download dalam bentuk file pdf-nya. Silahkan Anda download panduan install aplikasi dapodik 2018 di sini.

Dapodik versi 2018 ini juga bersamaan untuk dikerjakan dengan aplikasi PMP. Tentunya ini akan menjadikan operator sekolah itu sibuk hingga mabuk serta muntah-muntah.

Bagaimana tidak, batas sinkronisasi dapodk 2018 hanya tinggal menunggu waktu saja. Sedangkan batas waktu sinkronisasi PMP adalah 1 September 2017.

Tapi jangan khawatir, sepertinya adat istiadat asli Indonesia pasti akan terulang kembali, yaitu jam karet. Batas sinkronisasi dapodik 2018 dan PMP 2017 ini pasti akan diundur kembali.

Kiranya sekian dahulu tutorial ataupun panduan tentang installasi aplikasi dapodik terbaru 2018 ini kepada rekan-rekan semua. Salam sukses satu data pendidikan di Indonesia ini. Terimakasih.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*