Cara Input Nilai Rapor US dan USBN Berdasarkan Edaran Kemdikbud

Saturday, April 29th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Cara Input Nilai Rapor US dan USBN Berdasarkan Edaran Kemdikbud. Baru saja telah terbit edaran resmi berkaitan dengan cara input nilai rapor US dan USBN pada sistem dapodik. Silahkan disimak tentang hal-hal yang berkitan dengan informasi tersebut dibawah ini.

Bahwa sudah dipersiapkan sistem dapodik yang mendukung input nilai ujian nasional. Dengan pendaftaran peserta ujian nasional juga input nilai hasil ujian nasional. Yang pasti tugas operator sekolah semakin berat saja kedepannya.

Entry Nilai Raport US Dan USBN Pada Aplikasi Dapodik, Cara Input Nilai Rapor US dan USBN Berdasarkan Edaran Kemdikbud, Cara input Nilai Raport di Dapodik

Untuk menunjang terhubungnya sistem tersebut sistem dapodik juga sudah terkaitatau terhubungdengan sistem BIO UN. Sistem dapodik mendaftarkan dan mendata calon peserta ujian nasional yang kemudian akan masuk dan terdata pada sistem BIO UN.

(Top News : Panduan Input Nilai Rapor US USBN Pada Aplikasi Dapodik Untuk Guru Mapel)

Dari beberapa sistem yang saling terhubung tersebut, maka pada sistem dapodik 2017b saat ini juga sudah terdapat penambahan fitur menu nilai rapor dan nilai US/USBN. Untuk input niai hasil belajar peserta didik, rapor dan ujian.

Dan hasil dari beberapa menu terbaru pada aplikasi dapodik 2017b tersebut diterbitkannya surat edaran No 08/D/KR/2017 tentang pengisian nilai akhir Rapor, US dan USBN di sistem aplikasi Dapodik. Dihimbau juga untuk input nilai rapor semester 1 hingga semester 6.

Juga nilai hasil ujian sekolah serta ujian sekolah berstandar nasional. Setelah selesai input perkelas diharapkan untuk melakukan sinkron dapodik segera secara bertahap. Mengurangi resiko overload server dapdodik pusat.

(Dapodik 2017 : Rilis Dapodik Terbaru)

Diatur juga bahwa dalam pengisian input nilai rapor, US/USBN pada aplikasi dapodik tersebut juga harus sesuai dengan ketentuan yang sudah diterbitkan tersebut. Dan mengenai beberapa ketentuan dalam cara input nilai rapor US dan USBN berdasarkan edaran Kemdikbud pada dapodik adalah sebagai berikut.

a. Input nilai rapor semester 1 hingga semester 6, serta nilai US/USBN.
b. Kolom input nilai adalah KKM, Nilai, dan Predikat.
c. Input nilai hanya dilakukan oleh guru kelas dan guru mapel dengan akun GTK masing-masing.
d. Input nilai rapor oleh satuan pendidikan SD, SLB, SMP, SMA/K pada aplikasi dapodik 2017b.
e. Input nilai rapor SMA melalui E-rapor SMA dan SMK melalui E-rapor SMK.
f. Panduan input nilai rapor dapat disimak melalui informasi di sini dan di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
g. Batas waktu input nilai rapor adalah 31 Mei 2017.

Intinya adalah input niai rapor US dan USBN di aplikasi dapodik dilakukan oleh masing-masing wali kelas dan guru mapel. Operator hanya membantu membuatkan akun GTK masing-masing. Sehingga bapak ibu guru dapat secara mandiri untuk input nilai rapor US/USBN tersebut.

(UKG News : Jadwal Ulang UTN)

Bagi bapak ibu guru yang masih kesulitan untuk melakukan input nilai rapor pada aplikasi dapodik, silahkan ikuti panduan di atas. Silahkan buka dan baca panduan cara input nilai rapor US/USBN di aplikasi dapodik pada alamat yang sudah saya sertakan di atas. Unduh panduannya dalam bentuk file pdf tersebut.

Untuk diingat bahwa batas akhir input nilai rapor adalah 31 Mei 2017. Akan tetapi biasanya akan terjadi kemunduran deadline dari yang sudah ditentukan tersebut. Karena ini adalah masih Indonesia, belum di negara lain yang pas dan pasti.

Silahkan bapak ibu juga dapat membaca edaran resmi dari kemendikbud selengkapnya tentang peraturan entry nilai raport pada aplikasi dapodik di sini. Perhatikan baik-baik poin akhir.

Sekiranya demikian dulu untuk informasi Cara Input Nilai Rapor US dan USBN Berdasarkan Edaran Kemdikbud yang dapat admin berikan ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dalam input atau entry nilai rapor US/USBN seterusnya. Mohon bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*