Cara Impor Nilai Raport Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Thursday, May 11th 2017. | Aplikasi Dapodik

Cara impor nilai raport pada aplikasi dapodik terbaru dengan cepat dan tepat. Baru saja rilis atau upgrade aplikasi dapodik 2017b dan sekarang sudah upgrade kembali aplikasi dapodik 2017c dengan menu atau fitur terbarunya. Yaitu export dan impor nilai raport dalam bentuk file excel.

Cara Impor Nilai Raport Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Dan memang dalam posting sebelumnya sudah saya bahas sedikit tentang aplikasi dapodik 2017 c ini. Baik tentang cara impor nilai rapor excel pada dapodik dan beberapa fitur tambahan yang terbaru tersebut. Dan bapak ibu dapat untuk membacanya pada alamat di bawah ini.

(Dapodik terbaru : Cara impor nilai rapor US USBN pada dapodik 2017 c)

Menambahkan informasi tentang cara impor nilai rapor ke dapodik, akan saya bahas juga dalam artikel kali ini. Silahkan disimak dan dibaca informasi dibawah dengan bijaksana. Sebarkan juga kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

Tahap pertama adalah bapak ibu guru mapel (mata pelajaran) atau bertindak sebagai wali kelas harus login aplikasi dapodik. Minta username dan password yang sudah dibuatkan oleh operator sekolah (OPS). Silahkan login terlebih dahulu.

Cara Impor Nilai Raport Pada Aplikasi Dapodik TerbaruSetelah bapak ibu mengetikkan username dan password dengan benar, silahkan klik tombol warna biru “Masuk“. Langsung saja pilih menu “Nilai” pada deretan menu samping kiri. Perhatikan contoh gambar di bawah ini.

Cara Impor Nilai Raport Pada Aplikasi Dapodik

Keterangan pada gambar di atas adalah sebagai berikut :

  1. Klik menu “Nilai” dan pilih rapor.
  2. Pilihan semester secara default adalah semester ganjil 2016/2017.
  3. Pilih rombel atau kelas Anda mengajar.
  4. Double klik pada mapel, maka akan muncul list daftar siswa pada kolom nilai rapor sebelah kanan.
  5. Silahkan unduh terlebih dahulu format excel nya yang akan digunakan impor nilai nantinya.

Pada format excel yang telah diunduh, silahkan bapak ibu isi dengan nilai yang sudah ada untuk seluruh peserta didik per mapel dan perkelas.

Cara Entry Nilai Rapor US USBN di Dapodik Dengan Import Excel

Silahkan juga bapak ibu untuk sedikit banyak kembali membaca tentang aplikasi dapodik 2017c. Juga sudah tersedia buku panduan bagaimana bekerja dengan dapodik 2017 c. Lebih lengkapnya, silahkan bapak ibu membuka dan membacanya di bawah ini.

(Dapodik : Aplikasi dapodik 2017 c dan panduannya)

Melanjutkan cara impor nilai raport pada aplikasi dapodik terbaru di atas, setelah bapak ibu selesai input nilai rapor pada format excel yang sudah Anda unduh dengan benar. Langkah selanjutnya adalah impor nilai ke dapodik.

Cara Impor Nilai Rapor Pada Aplikasi Dapodik

Keterangan gambar di atas :

  1. Klik menu “Export dan Import” untuk segera upload nilainya.
  2. Pilih Import dari excel, maka akan muncul jendela kecil seperti nampak no 3 dan no 4.
  3. Pilih file excel nilai raport yang sudah Anda isi dengan benar.
  4. Klik “Import
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses import nilai raport selesai, silahkan refresh browser Anda untuk melihat hasil import nilai raport yang sudah Anda lakukan. Cek kembali sudah benar atau belum.

Pada gambar di bawah adalah contoh import nilai raport pada aplikasi dapodik yang sudah sukses. Untuk sementara memang contoh untuk import nilai raport pada aplikasi dapodik khusus KTSP dahulu.

(Tutorial : Panduan singkat input nilai raport pada aplikasi dapodik terbaru)

Insyaallah akan saya bahas juga pada kesempatan berikutnya tentang cara import nilai raport untuk K13. Umumnya melalui tahapan yang sama, cuma kolom nilainya saja yang berbeda.

Apabila bapak ibu masih terdapat pertanyaan seputar input nilai raport pada aplikasi dapodik, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah, dengan senang hati saya akan berusaha membantu sebisanya.

Demikianlah tambahan informasi tentang cara impor nilai raport pada aplikasi dapodik terbaru yang dapat saya berikan kepada bapak ibu semua. Terimakasih dan salam sukses dunia pendidikan Indonesia yang berkarakter (Kembalikan mapel PMP !!!).

tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*