Cara Entry Nilai Rapor US USBN di Dapodik Dengan Import Excel

Tuesday, May 9th 2017. | Aplikasi Dapodik

forumguruindonesia.com – Cara Entry Nilai Rapor US USBN di Dapodik Dengan Import Excel. Ternyata pada aplikasi dapodik 2017 c kali ini sudah ditambahkan fitur menu untuk melakukan input nilai rapor dengan cepat.

Berbeda dengan aplikasi dapodik versi 2017 b yang lalu, dengan adanya beberapa tambahan fitur dan menu baru ini tentunya dapat sedikit meringankan beban pekerjaan OPS dan bapak ibu guru mapel.

Cara Entry Nilai Rapor US USBN di Dapodik Dengan Import Excel

Sayangnya menurut saya pribadi, dengan fitur dan menu baru tersebut masih juga terdapat kekurangan. Karena setelah kita unduh template nilai rapor tersebut hanya dihitung per mapel saja.

(Dapodik : Rilis dapodik 2017c terbaru)

Misalkan saja satu kelas terdapat 12 mapel dikalikan dengan jumlah total semester. Sudah berapa waktu kita akan bekerja dengan begitu ? Pastinya akan membuat pekerjaan terus bertambah berat saja.

Jadi, kita harus input nilai pada template tersebut hanya satu mapel saja. Artinya template tersebut tidak lebih baik dari cara input langsung di dapodik yang semula. Mengenai cara input nilai rapor di dapodik pada awalnya.

Akan tetapi juga mempunyai sedikit keuntungan dari pada semula. Yaitu untuk input nilai dapat dilakukan secara serentak dahulu di rumah atau di gunung hingga selesai.

Setelah input nilai per mapel perkelas tersebut selesai semua. Saatnya untuk import file excel pada aplikasi dapodik. Bapak ibu guru mapel dapat meng-import-nya sendiri atau dengan meminta bantuan operator sekolah.

(KIP : Batas sinkronisasi dan validasi data KIP)

Dan lebih jelasnya untuk entry nilai atau input nilai raport pada aplikasi dapodik juga akan saya jelaskan di bawah ini. Silahkan disimak dan dibaca tutorial atau panduan input nilai raport di dapodik dengan bijaksana.

Panduan atau cara entry nilai rapor US USBN di dapodik dengan import excel adalah sebagai berikut.

1. Login pada akun GTK masing-masing.
2. Unduh template input nilai dalam bentuk excel yang sudah disediakan. Import dan Export.
3. File template tersebut diberikan kepada seluruh guru mapel untuk mereka isi nilainya. Jangan OPS yang mengisi !
4. Setelah lengkap mereka isi, guru mapel wajib untuk meng-import atau upload nilai melalui menu Export dan Import. Klik import dan cari file excel yang sudah siap.

Dengan menyesuaikan 4 poin di atas seharusnya untuk meng-import nilai raport dari excel ke dapodik sudah dapat sukses dijalankan. Karena panduan ini admin buat juga berdasarkan pengalaman pribadi sebagai operator sekolah.

Input nilai raport dengan cara import excel juga dapat bapak ibu lakukan dengan cepat dan tepat menggunakan cara di bawah ini. Tentunya dengan bantuan operator sekolah. Sebelumnya admin ingatkan untuk tidak melupakan begitu saja akan jasa-jasa OPS.

Cara Entry Nilai Rapor US USBN di Dapodik Dengan Import Excel

Gambar di atas adalah contoh format import nilai yang akan kita import atau upload ke dapodik. Template tersebut dapat Anda unduh di dapodik seperti contoh gambar yang di atas sendiri, perhatikan tanda panah untuk mengunduhnya.

(BOS : Contoh format SK Bendahara BOS terbaru)

Cara input nilai rapor pada aplikasi dapodik melalui import excel begini bapak ibu.

1. Operator Sekolah mengunduh semua template per mapel dan perkelas (kelas 7-9).
2. Guru mapel atau wali kelas mengisi semua template nilai tersebut per mapel per kelas.
3. Minta bantuan dan serahkan kepada OPS file template nilai excel tersebut kepada OPS. Tentunya harus sudah lengkap semua.
4. OPS meng-import template nilai excel tersebut di dapodik.
5. Sinkron dilakukan oleh OPS.
6. Selesai dan sukses.

(Video : Cara installasi aplikasi dapodik)

Silahkan bapak ibu guru mapel da wali kelas memilih salah satu cara di atas untuk entry nilai raport di dapodik. Keduanya jelas membutuhkan bantuan seorang operator sekolah.

Cukup sekian dahulu informasi saya tentang cara entry nilai rapor US USBN di dapodik dengan import excel secara cepat dan tepat. Mohon untuk ikut menyebarluaskan informasi ini kepada rekan-rekan yang membutuhkan.

tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*