Cara dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Yang Benar

Monday, November 28th 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com РCara dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Yang Benar. Tujuan utama para pendidik di setiap instansi pendidikan dan sistem pendidikan lainnya mendapatkan atau mempunyai NUPTK adalah sebagai nomor identifikasi resmi atau untuk identitas unik bagi pendidik yang bersangkutan dengan salah satu fungsinya yaitu identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program pendidikan dan kegiatan yang terkait dengan pendidikan serta dapat juga  untuk meningkatkan kualitas guru dan pekerja pendidikan setiap instansi.

Berikut adalah gambar dari mekanisme untuk mendapatkan NUPTK dan pe-nonaktifan NUPTK :

NUPTK

NUPTK

Untuk mendapatkan NUPTK ini termasuk mekanisme yang disebutkan di atas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dalam rangka koordinasi Kemenag dan Kemendikbud. Perbedaan, NUPTK di bawah koordinasi Kemendikbud menggunakan data aplikasi pendidikan dasar (Dapodik) yang biasanya dikelola oleh masing-masing operator sekolah, sedangkan NUPTK di bawah koordinasi Kemenag masih manual data.

Mengingat pentingnya seorang pendidik atau tenaga kependidikan itu mempunyai sebuah NUPTK, Direktorat Jenderal guru dan staf Pendidikan mengeluarkan surat edaran dalam tatacara untuk mendapatkan NUPTK. Penerbitan NUPTK ini terutama bagi mereka bapak/ibu guru dan Tenaga Kependidikan (GTK / PTK) di unit resmi dan unit pendidikan non-formal. Dalam surat edaran yang rilis atau beredar mulai sejak 28 Desember 2015, dijelaskan bahwa syarat dan kondisi dari versi NUPTK, juga dijelaskan tentang gangguan NUPTK.

nuptkBeberapa hal yang disajikan dalam hal terkait surat / kondisi yang diperlukan untuk penerbitan atau menyediakan NUPTK untuk guru dan staf pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di TK, SD, SMP, SMA, pendidikan kejuruan, pendidikan khusus.

2. Guru dan tenaga pendidikan di satuan pendidikan non-formal (KB / TPA / SPS, CLC / Digger, kategori, dan UPT

3. Guru PNS / CPNS, mengelilingi pengawas dan guru dari sistem saraf bukan pegawai negeri.

4. Guru dan tenaga Kependidikan di unit PNS pendidikan / CPNS pegawai negeri non-formal.

5. S-1 / D4 dari LPTK / perguruan tinggi yang program terakreditasi studi atau LPTK / PTS terakreditasi Kopertis lokal untuk guru dan pekerja di bidang pendidikan, ditunjuk setelah Januari 2006.

6. guru dan guru yang aktif dalam pendidikan dasar dan menengah staf, anak usia dini dapodik-Dikmas kondisi berikut :

(a) tidak NUPTK melalui GTK veval oleh calon guru PDSPK b dan menerima pekerja pendidikan NUPTK scanning selesai membutuhkan persyaratan (beban) dokumen melalui aplikasi GTK verval : – guru dan pekerja di bidang pendidikan sistem saraf perifer, SK CPNS / PNS + SK pengabaian dari Kementerian Pendidikan – guru dan pekerja di bidang pendidikan adalah sipil: (a) di sekolah-sekolah umum: SK pengangkatan wali / Walikota / Gubernur b di sekolah swasta: set SK GTY untuk jangka waktu 2 tahun. Dihitung terus menerus sampai bulan Januari 2016 (Keputusan tidak berlaku surut).

7. Guru aktif tidak hanya di dapodik (MA Mora) – sepanjang jalan oleh Disdik pemain melalui penerapan GTK verval – Namun, NUPTK melalui GTIC verval oleh PDSPK – Calon guru penerima NUPTK untuk melengkapi persyaratan oleh scanning (download) persyaratan mendokumentasikan melalui verval aplikasi GTK : a. Guru perifer sistem saraf, SK CPNS / PNS + SK membebaskan Disdik b. guru PNS adalah : – di sekolah umum : SK pengangkatan wali / Walikota / Gubernur – di sekolah swasta : SI <GTY ditetapkan untuk jangka waktu dua tahun dihitung terus menerus sampai bulan Januari 2016 (Keputusan tidak berlaku surut).

8. pemeriksaan dokumen persyaratan Disdik Cap / kuota, DG GTK kebijakan yang tepat di tempat

Cara dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Yang Benar tersebut di atas semoga dapat membantu kita semua untuk mendapatkan NUPTK segera dan secepatnya. Cara mendapatkan NUPTK dengan cepat.

tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*