Batas Waktu Pemutakhiran KIP Melalui Dapodik 2017 Terbaru

Wednesday, May 3rd 2017. | Pendidikan

Batas Waktu Pemutakhiran KIP Melalui Dapodik 2017 Terbaru. Edaran resmi mengenai batas waktu untuk melakukan pemutakhiran data KIP melalui dapodik 2017 telah terbit. Harap untuk segera melakukan validasi data peserta didik penerima KIP.

Batas Waktu Pemutakhiran KIP Melalui Dapodik 2017 Terbaru

Kartu Indonesia Pintar ini merupakan salah satu program Indonesia pintar (PIP). Bantuan KIP ini terutama ditujukan pada anak usia sekolah antara 6 – 21 tahun.

Dan penerima dana bantuan tunai KIP harus tepat sasaran. Peserta didik yang harus menerima dan mendapatkan dana bantuan tuai melalui KIP antara lain keluarga miskin, pemegang KKS, pemegang PKH, keluarga rentan miskin, penyandang disabilitas, yatim piatu, korban bencana alam.

(Info PNS : Cara cek jumlah dana pensiun dan THT PNS)

Tujuan utama KIP sebenarnya adalah untuk membantu peserta didik dapat menuntaskan pendidikannya. Baik mulai jenjang sekolah SD hingga SMA/K/MA. Pendidikan non formal dan formal, semua berhak mendapatkan KIP sesuai ketentuan yang berlaku.

Pemerintah terus berusaha untuk menyalurkan bantuan dana tunai dalam bentuk KIP. Dan juga harus dilakukan validasi peserta didik penerima KIP melalui aplikasi dapodik.

Sebenarnya peserta didik yang harus segera melaporkan kepada pihak sekolah atau lembaga pendidikan ketika mengetahui mendapatkan dana bantuan KIP. Untuk selanjutnya didata dan divalidasi oleh sekolah melalui dapodik.

Perlu diketahui bersama bahwa penghitungan data peserta didik penerima KIP pada website http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/kipinfo hingga hari ini.

Oleh sebab itu perlunya operator sekolah untuk segera validasi data penerima KIP dan disinkronkan ke server pusat. Mengingat batas waktu pemutakhiran KIP melalui dapodik 2017 terbaru yang semakin dekat ini.

Informasi resmi yang admin dapat bahwa semua stakeholder diharapkan dapat bekerjasama untuk mempercepat pemutakhiran data KIP tersebut. Dan segera untuk disinkronkan melalui aplikasi dapodik 2017 terbaru.

(Dapodik News : Cara input nilai raport US USBN di dapodik)

Sekolah juga berkewajiban untuk selalu mengingatkan kepada seluruh peserta didiknya yang mendapatkan KIP untuk segera melaporkan kepada sekolah. Agar dapat segera diproses validasinya.

Karena biasanya peserta didik akan mendapatkan usulan pertama kali dana bantuan KIP dari sekolah dasar (SD). Dan akan diteruskan ke tingkat SMP hingga SMA.

Karena memang batas waktu pemutakhiran data KIP belum resmi ditentukan hingga berita ini saya publish (03/05/2017), untuk sementara dianjurkan seluruh sekolah untuk melakukan validasi dan pemutakhiran data KIP terlebih dahulu.

(Info PTK : Cek Info PTK)

Jangan lupa bapak ibu pelanggan setia blog informasi dunia pendidikan Indonesia www.forumguruindonesia.com, agar dapat selalu berbagi informasi ini kepada teman-teman lainnya.

Sehingga informasi dalam blog ini dapat bermanfaat bagi banyak rekan-rekan yang membutuhkan. Mohon dukungannya agar blog ini tetap dapat memberikan informasi terkait pendidikan Indonesia.

Mari kita majukan dunia pendidikan Indonesia yang mempunyai karakter asli Indonesia. Tidak kalah pentingnya adalah mohon diingat informasi tentang batas waktu pemutakhiran KIP melalui dapodik 2017 terbaru ini.

Yang terpenting adalah inti dari informasi dalam artikel ini. Yaitu dianjurkan semua sekolah untuk segera melakukan validasi pemutakhiran data KIP. Dan segera sinkronkan melalui aplikasi dapodik.

Pihak sekolah dan operator segera untuk melakukan pendataan usulan peserta didik yang menerima dana bantuan tunai KIP. Jangan bosan untuk selalu mengingatkan kepada peserta didik penerima usulan KIP.

Demikian sedikit berita resmi tentang batas waktu pemutakhiran KIP melalui dapodik 2017 terbaru yang dapat admin sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu juga rekan-rekan operator semuanya, admin ucapkan banyak terima kasih.

tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*