7 Gebrakan Anies Baswedan Semasa Menjadi Mendikbud Dalam Dunia Pendidikan

Monday, January 16th 2017. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – 7 Gebrakan Anies Baswedan Semasa Menjadi Mendikbud Dalam Dunia Pendidikan. Masyarakat Indonesia tentunya masih ingat dengan jelas, ketika Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengumumkan setiap nama-nama para menterinya yang tergabung dalam Kabinet Kerja. Ya, salah satu nama yang dijadikannya dan diangkatnya menjadi menteri adalah Anies Baswedan. Presiden Jokowi memanggilnya setelah mengetahui sepak terjang Anies Baswedan dalam dunia pendidikan yang mencolok.

7 Gebrakan Anies Baswedan Semasa Menjadi Mendikbud Dalam Dunia Pendidikan, Anies Baswedan, Sertifikasi Guru, Kurikulum 2013, Uji Kompetensi Guru, UKG 2017

Selanjutnya Anies Baswedan sah menjadi menteri di dalam kabinet kerja. Ia diberi kepercayaan dan tanggungjawab sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mulai 27 Oktober 2014. Walaupun dalam beberapa tahun kemudian Anies Baswedan dicopot kedudukannya sebagai mendikbud.

Walaupun kursi kepemimpinannya dalam kabinet kerja sebagai Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI harus tamat di karena kanĀ  beberapa perubahanan posisi kabinet kerja 27 Juli 2016 lalu, akan tetapi tidak berarti bahwa Anies Baswedan tidak mempunyai gebrakan dalam dunia pendidikan di Republik Indonesia ini.

Dan untuk mengetahui apa saja 7 gebrakan Anies Baswedan semasa menjadi Mendikbud dalam dunia pendidikan tersebut, mari kita simak dan baca baik-baik artikel berikut yang saya dapat dari beberapa sumber nasional.

Silahkan bapak ibu juga membaca artikel tentang pengertian pendidikan anak usia dini dan arti pentingnya pendidikan usia dini bagi anak-anak kita. Silahkan bapak ibu semua lihat dan baca di SINI.

Saat awal Anies Baswedan menjalankan tugasnya sebagai mendikbud, Anies Baswedan menunda terlebih dahulu untuk pelaksanaan kurikulum 2013, sebabnya adalah implementasi kurikulum 2013 dilihat belum begitu siap. Terlebih setelah diketahui dengan begitu banyaknya muncul keluhan dari siswa, guru dan orangtua siswa baik yang pro maupun yang kontra. Walaupun begitu, gebrakan penundaan kurikulum 2013 ini pernah di tolak oleh DPR ketika diajukan oleh mendikbud Anies Baswedan.

Gebrakan Anies Baswedan yang kedua yaitu merubah dasar ujian nasional bukan lagi menjadi dasar kelulusan bagi siswa jenjang akhir, akan tetapi ujian nasional hanya sebagai dasar untuk pemetaan pemerataan tingkat dan kualitas pendidikan di seluruh daerah Indonesia. Gebrakan yang ketiga yaitu adanya program (UKG) Uji Kompetensi Guru serta sertifikasi bagi bapak ibu guru.

Berikutnya dengan gebrakan yang keempat adalah dibentuknya direktorat keayahbundahan guna mempererat dan menguatkan peran aktif orangtua dalam mendidik anak-anak mereka. Gebrakan yang kelima adalah gebrakan meniadakan (MOS) Masa Orientasi Sekolah yang biasa dilakukan siswa atau OSIS.

Gebrakan keenam adalah mengangkat dirjend kebudayaan yang berasal dari non-PNS dengan cara lelang terbuka. Gebrakan ketujuhnya yaitu mengangkat bekas jaksa KPK, ibu Catharina Girsang, menjadi staf ahli untuk bidang regulasi pendidikan dan kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk itu janganlah suka untuk melupakan sejarah ya kawan semua. Itu adalah 7 gebrakan Anies Baswedan semasa menjadi Mendikbud dalam dunia pendidikan Indonesia. Adapun sampai saat ini masih ada beberapa yang dapat dinikmati oleh bapak ibu guru semua. Bukan kampanye, hanya apa yang kita rasakan saat ini juga hasil dari salah satu gebrakan Anies Baswedan ketika masih menjadi Mendikbud. Terimakasih dan salam sukses guru Indonesia.

tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*