Mendikbud Muhadjir : Kebijakan 5 Hari Sekolah Mulai Diterapkan Awal Tahun Ajaran BAru 2017/2018

Tuesday, December 6th 2016. | Pendidikan

forumguruindonesia.com – Mendikbud Muhadjir : Kebijakan 5 Hari Sekolah Mulai Diterapkan Awal Tahun Ajaran BAru 2017/2018. Muhadjir Effendy selaku ( Mendikbud ) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah memantapkan regulasi (five day school) 5 hari sekolah dalam satu minggu, kebijakan tersebut akan dilaksanakan mulai tahun ajaran 2017/2018 yang akan datang. Kebijakan lima hari sekolah tersebut diungkapkan oleh Mendikbud Muhadjir kepada kawan wartawan ketika tengah mengisi beberapa acara kunjungan kerja saat di Kuningan, 10 November 2016 lalu.

Mendikbud Muhadjir : Kebijakan 5 Hari Sekolah Mulai Diterapkan Awal Tahun Ajaran BAru 2017/2018

Regulasi lima hari sekolah menurut Mendikbud Muhadjir, adalah sebagai bagian dari (P3K) Program Penguatan Pendidikan Karakter. “Untuk program P3K itu, mulai tahun ajaran 2017/2018 akan ada perubahan-perubahan pengorganisasian pembelajaran. Antara lain guru wajib berada di sekolah 8 jam, tidak boleh kurang. Hari sekolahnya lima hari seminggu. Sabtu dan Minggu akan kami liburkan untuk hari keluarga dan hari wisata keluarga,” tandasnya.

Selanjutnya bagi bapak dan ibu guru yang telah memperoleh (TPG) Tunjangan Profesi Guru untuk memenuhi jumlah jam mengajar mereka dengan tatap muka sebanyak 24 jam dalam satu minggu tidak diperbolehkan lagi untuk mencari jam tambahan di luar sekolahnya. Karena seharusnya sudah cukup diisi di sekolah masing-masing tempat mengajar.

Dua puluh empat jam tatap muka kalau tidak berkecukupan dilaksanakan di sekolahnya, nanti ada peraturan menteri, bisa diganti kegiatan lain yang ada di sekolahnya, tidak di sekolah lain,” ungkapnya.

Selanjutnya ungkap Mendikbud Muhadjir, secepatnya kemendikbud juga akan mengeluarkan regulasi supaya kepala sekolah tidak ada yang mengajar lagi. “Kepala sekolah harus jadi manajer, cari uang yang banyak untuk sekolahnya, siswanya dibikin pinter, maju, cukup. Sehingga kalau ditinggal rapat kepala sekolah, murid tidak terbengkalai,” tandasnya.

Ketika Mendikbud ditanya lagi tentang pelaksanaan sistem 5 hari sekolah efektif, Mendikbud Muhadjir menekankan bahwa hal tersebut telah dipastikan akan mulai diterapkan pada saat tahun ajaran baru 2017/2018 nanti, selain itu juga peraturan pendukungnya saat ini juga telah dipersiapkan sebaik mungkin. “Sudah ada Peraturan Menterinya, sudah ada Keputusan Presidennya, nanti tinggal melaksanakan,” ungkapnya.

Ketika Mendikbud Muhadjir berada di Kabupaten Kuningan lalu tanggal 10/11/2016, Mendikbud Muhadjir telah mengisi jadwal untuk beberapa agendanya. Antara lain meninjau langsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP Negeri 1 Kramatmulya, juga menghadiri undangan untuk memberikan pengertian materi saat acara Rapat Koordinasi Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Hotel Horison Tirta Sanita, meninjau dan menyalurkan bantuan ke SD Negeri Bunigeulis, Kec. Hantara yang beberapa bulan lalu terkena musibah kebakaran.

Dalam kunjungan Mendikbud Muhadjir ke beberapa sekolah saat itu juga bersama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan Taufik Rohman, Bupati Kuningan Acep Purnama. Beberapa pejabat pemerintahan daerah Kabupaten Kuningan juga hadir dan menyertai dalam kunjungan Mendikbud tersebut .

tags: , , , ,

2 responses to “Mendikbud Muhadjir : Kebijakan 5 Hari Sekolah Mulai Diterapkan Awal Tahun Ajaran BAru 2017/2018”

  1. edipran says:

    keren ki bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*